PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN IPA KELAS III SDN PARAKANMUNCANG 02 KECAMATAN NANGGUNG KABUPATEN BOGOR

Main Article Content

Laraswati Laraswati
Teguh Prasetyo
Ricky Andriatna

Abstract

Masalah penelitian ini adalah ketuntasan hasil belajar siswa yang secara klasikal belum mencapai indikator penelitian minimal 75% dari jumlah siswa yang mencapai KKM mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan oleh sekolah sebesar 65. Penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperimen dan dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu pemberian pre-test, treatment, dan post-test. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan pemahaman IPA kelas III SDN Parakanmuncang 02 Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor melalui penerapan model pembelajaran experiential learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III sebanyak 65 siswa yang terdiri dari 37 siswa laki-laki dan 29 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes berupa pilihan ganda sebanyak 25 soal. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata indeks gain kelas eksperimen adalah 0,343 dengan kriteria sedang dan nilai rata-rata indeks gain kelas kontrol adalah 0,036 dengan kriteria rendah. Uji statistik menunjukan nilai signifikansi indeks gain sebesar 0,000. Berdasarkan nilai signifikansi tersebut dapat disimpulkan bahwa rata-rata indeks gain kelas eksperimen lebih dari rata-rata indeks gain kelas kontrol. Hal ini menyatakan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol.

Article Details

How to Cite
Laraswati, L., Prasetyo, T., & Andriatna, R. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN IPA KELAS III SDN PARAKANMUNCANG 02 KECAMATAN NANGGUNG KABUPATEN BOGOR. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(4). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/skripsiunida/article/view/1682
Section
Articles

References

Susanto, A., 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
Supardi., 2013. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta Selatan: Adikita.
Sulfina, S.D., 2015. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Experential Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minds-On Siswa. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono., 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, N., 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Siregar, E dan Hartini, N., 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Samatowa, U., 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Fathurrohman, M., 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Jannah, M.S.F.. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual Tipe Experiential Learning Model Di Kelas V Sdn 2 Telang Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Jurnal Paradigma, 8 (1): 41-46.
Jihad, A dan Haris, A., 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Majid, A., 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahmayanti, D., Rasmitadila, & Prasetyo, T. (2017). PENGGUNAAN METODE KERJA KELOMPOK DALAM INTERAKSI SOSIAL BAGI SISWA AUTISME. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 101-114.