PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP MINAT BELAJAR IPS SISWA

Main Article Content

Gilang Pangestu
Syamsudin Ali Nasution
Irwan Efendi

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapanmodel pembelajaran Picture and Picturetehadap minat belajar IPS siswa. Jenis penelitian adalah penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi yaitu siswa kelas IV MI Uswatun Hasanah tahun pelajaran 2018/2019, siswa kelas IV A (21 siswa) dan IV B (19 siswa) dijadikan sampel. Sampel ditentukan dengan teknik sampling random sampling. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan angket minat belajar. Teknik analisis data yang digunakan, ialah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji (one sample t-test) terdapat perbedaan minat belajar IPS yang signifikansi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Dilihat dari rata-rata nilai pada kedua kelompok diketahui nilai kelompok edsperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol (74,28>67,63). Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikansi antara siswa yang diterapkan model pembelajaran Pictur and Pictur dengan siswa yang diterapkan metode ceramah.

Article Details

How to Cite
Pangestu, G., Nasution, S. A., & Efendi, I. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP MINAT BELAJAR IPS SISWA. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(4). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/skripsiunida/article/view/1681
Section
Articles

References

Hasil wawancara wali kelas IV-A Ibu Marsyanah, S.Pd.I
Kurniasih Imas. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru . jakarta : kata pena
Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hendriana, H., & Soemarno, H. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Sadulloh Uyoh, dkk. 2011 Pedagogik Ilmu Mendidik. Bandung : Alfabeta
Tampubolon, Saur M. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga
Gunawan, Rudy. 2011. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta
Sapriya. 2016. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Nazir, M. (2014).Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
Zainal, A. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda.