UPAYA MEMENUHI HASIL MAKSIMAL BIADANG STUDY MATEMATIKA MEMAKAI GAYA PENGKAJIAN KOOPERATIF BERUPA STAD

Main Article Content

Eneng Marpuah
Irwan Efendi
Ratna Wahyu Wulandari

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk terpenuhinya nilai maksimal matimatika dengan cara penerapan model STAD yang menjadi corak atau menggambarkan PTK. Pelajar kelas tiga SDN Gn. Picung 08 Kabupaten Bogor tahun ajaran 2017/2018 menjadi subjek dari penelitian ini, yang berjumlah 30 orang, dengan rincian: Enam belas laki-laki dan empat belas perempuan dengan tingkat kemampuan akademik heterogen. KKM yang ditetapkan disekolah tersebut yakni 65. sedangkan substansi bangun datar pada bidang study matematika belum mencapai kriteria tersebut. PTK memakai gaya  pengkajian  kooperatif berupa stad digunakan Peneliti sebagai guna mencari solusi dan pemecahan masalah yang ada di dalam kelas,  Metode ini dilakukan dengan dua siklus yang mana siklus satu dan siklus dua ini menggunakan empat tahapan: yang pertama tahap planning atau perencanaan, tahap ke dua implementation atau pelaksanaan, tahap ke tiga observation atau pengamatan, dan refleksi. Keempat tahapan tersebut disajikan dan diimplementasikan dengan langkah-langkah pembelajaran model tipe STAD. Data aktivitas guru, data aktivitas siswa, serta perolehan hasil dalam kegiatan belajar mengajar dijadikan bentuk dan jenis pengumpulan data. diakhir siklus, dilakukan evaluasi dan dicatat dilembar obervasi. Hasil Penilitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada perolehan hasil di siklus I yaitu 56% menjadi  80% di siklus II. Ini berarti upaya memenuhi hasil maksimal biadang study matematika memakai gaya  pengkajian  kooperatif berupa stad sudah terpenuhi dan dianggap tuntas.

Article Details

How to Cite
Marpuah, E., Efendi, I., & Wulandari, R. W. (2019). UPAYA MEMENUHI HASIL MAKSIMAL BIADANG STUDY MATEMATIKA MEMAKAI GAYA PENGKAJIAN KOOPERATIF BERUPA STAD. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(4). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/skripsiunida/article/view/1680
Section
Articles

References

Arikunto, S., & dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Bahrudin, D. S., & Ason. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Student Archievement Division STAD) pada siswa kelas V SDN 02 kotabatu kecamatan tanah Pinoh. Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 2, Nomor 1.
Hamdayana, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Galia Indonesia.
Harjodipuro. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: GP Press Group.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2016). Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Kusyadi, D., & Luthfi, M. U. (2011). Pendidikan Agama Islam Untuk Smp Kelas IX. Depok: CV.Arya Duta.
Muhadi, (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Sahira Media.
Musyadah, E. (2014). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika dengan model pembelajaran STAD Pada siswa kelas V Muhammadiyah Ngadipuro Dukuh kabupaten Magelang. Magelang: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Pentashih, L. (2004). Mashap Alquran,Alqur'an dan Terjemahannya. Bandung: J.ART.
Susanto, A. (2013). Teori belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Fajar Interpratama.
Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.
Trianto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Undang-undang, N. 2. (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Wardani, I., & dan, W. K. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT.Bumi Aksa