UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS II SDN GUNUNG PICUNG KECAMATAN PAMIJAHAN

Warni Suwarni

Abstract


            Pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang baik adalah kegiatan belajar yang memberikan kesempatan kepada siswa supaya lebih aktif, kreatif dan menyenangkan dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran yang direncanakan guru. Data pra penelitian siswa kelas II SDN Gunung Picung 03  yang mendapat hasil ulangan harian pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis menyatakan bahwa  34 (69%) siswa masih di bawah KKM yang telah ditetapkan KKM yaitu 73. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka peneliti akan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis melalui model pembelajaran Picture and Picture, yang dilaksanakan di SDN Gunung Picung 03 Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor, di kelas II. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II yang berjumlah 49 siswa, sesuai dengan jumlah siswa yang ada dalam satu kelas. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan tes tertulis.

          Hasil akhir penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil tes tertulis mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis pada siklus I mendapat nilai rata-rata kelas 72, dengan prosentase siswa yang tuntas sebesar 53%, sedangkan siklus II memperoleh nilai rata-rata kelas 81 dengan prosentase siswa  88% dengan prosentase siswa yang tuntas sebesar 88%, dapat dinyatakan bahwa penelitian telah mencapai keberhasilan. Penggunan model pembelajaran Picture and Picture pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas II SDN Gunung Picung 03 Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor.  

 


Keywords


Keterampilan Menulis, Bahasa Indonesia Materi Menulis, Media Picture and Picture.

Full Text:

PDF

References


Angriani, N. Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas II SD dalam Menulis Kata dengan Menggunakan Media Gambar di SDN Wata Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali: Jurnal Kreatif Tadulakao Onile Vol. 3. No, ISSN 2354614x HLM. 115.

Aqib, Z. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Asrori, M. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.

Astuti, Y. W. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD N 1 Janbidan: Jurnal Prima Edukasia, Volume 2- Nomoe 2.

Awaludin, L. 2010. Kementrian Agama RI, Ummul Mukminin, Al- Quran dan Terjemahan untuk Wanita. Jakarta: WALI OASIS TERRACE RECIDENT.

Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Fauzan, M. 2009. Mengajar itu Meneliti. Bandung: QTB.

Hidayatullah, A. dkk, 2012. AT-THAYYIB Al-Quran Transiterasi Per-Kata dan Terjemah Pe- Kata, (Bekasi: Cipta Bagus Segara.

Huda, M. 2013. Model-Model Pembelajaran dan Pembelajaran Yogyakarata: Pustaka Pelajar.

Komalasari, K. 2011. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Refika Aditama.Lulusan, P. M. (n.d.).

Malini, N.K.S, dkk. 2013 Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Melalui Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan

Mukhsin, H.T.R.n.d. 2017. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Depok: CV Arya Duta.

Sani, I.K.n.d. 2015. Ragam Pengembangan Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jogjakarta: Kata Pena.

Setiyaningsih, Y. 2008. Peningkatan Kemampuan Menulis Argumentatif dan Keterampilan Berpikir Kritis Berbahasa Indonesia Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Berdasarkan Logika Toulmin Mahasiswa IKIP Malang: Jurnal EDUCATION Vol, II No 2 Juli ISSN.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suharsimi Arikunto, S. d. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas.

Suprijono, A. 2009. Cooverative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sya, M. F. (2015). KETERAMPILAN MENULIS ESAI NARATIF BAHASA INGGRIS MELALUI STRATEGI PEER REVIEW. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(2)

Tarigan, H.G. 2014. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H.G. 1987. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tampubolon, S. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.

Zaenudin, A. S. n.d. 1998. Al Hakim Al-Quran dan Terjemahnya. Semarang: CV. Asy Syifa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

Flag Counter