PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI SDN CITEREUP 01

Endah Nurjanah, Siti Pupu Fauziah, Annisa Mawardini

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi pada kenyataan yang ditemui di kelas V SDN Citereup 01. Masalah yang ditemui adalah Pembelajaran IPA lebih cenderung menerapkan model pembelajaran konvensional, model pembelajaran kooperatif juga jarang digunakan di Sekolah SDN Citereup 01, Nilai IPA sebagian besar peserta didik masih di bawah KKM.

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk dapat memahami  keterkaitan antara metode yang diterapkan oleh peneliti dengan pencapaian belajar IPA V SDN Citereup 01,setelah mengetahui atau memahami tujuan secara bersama dengan anggota grup yang lain  dan percobaan penelitian ini dilaksanakan di SDN Citereup 01, Kecamatan Citereup, Kabupaten Bogor. Penelitian ini penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design. Subjek siswa Kelas V SDN Citereup yaitu sebanyak 50 siswa dari dua kelas. Menggunakan teknik interview, percobaan, dan pengumpulan berkas.

Hasil akhir penelitian t-test pada ilmu pengetahuan alam  nilai signifikansi 0,095>0,05. Berlandaskan hitungan eksplorasi bisa ditarik sebuah pengertian yaitu metode pengkajian TGT  Tidak Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Citereup 01.


Keywords


Model TGT (Teams Games Tournaments) dan Hasil Belajar IPA

Full Text:

PDF

References


Al-tabany, badar.,2014. Mendesain Model Pembelajaran. Jakarta: PT Prenada Media.

Amri, Sofan., 2014. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya

Arikunto, suharsimi., 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Haryanto.,2013. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Jihad, Asep., 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Nazir Moh., 2013. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Pitriana, Lathifah, Z. K., & Makarim, Z. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR AND SHARE PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 151-169.

Prasetyo, T., & Nisa, K. (2018). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RASA KEINGINTAHUAN SISWA. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 83-93.

Purwanto, Ngalim., 2010. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rusman., 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo

Sagala, Syaiful., 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Setyosari Punaji., 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Shoimin, Aris., 2014. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: AR-RUZZ Media

Siregar, Eveline., 2015. Teori belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

Flag Counter