PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KELAS V

Main Article Content

Ina Marlina
Teguh Prasetyo
Wiworo Retnadi Riashayu

Abstract

Pengkajian ini berkegiatan dengan maksud ingin melihat adakah pengaruh  dari model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keahlian bernalar  kritis IPA murid kelas V SD Negeri Pasir Angin Kecamatan Megamendung. Pendekatan di pengkajian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode True Eksperimental. Desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. percontohan pada percobaan ini berjumlah 50 peserta didik. Tekniknya yakni observasi, tes, dan dokumentasi. Buah dari pengkajian ini menunjukan adanya selisih nilai keseluruhan regu percobaan dan regu pengawasan. Terlihat kenaikan rata-rata skor kecakapan dalam berpikir kritis di regu percobaan lebih besar bobotnya daripada regu pengawasan yaitu pada regu percobaan jumlah kenaikannya 9.08 sedangkan kelompok kontrol kenaikannya 4.92. Setelah dilakukan perhitungan dengan uji Independent Sample Test pada regu percobaan dan pengawasan diketahui thitung bernilai -0,262 dengan signfikansi 0,795.  Didapatkan ttabel dari derajat kebebasan (dk) = (n1+n2)-2=48. Pada keadaan signifikan 5% adalah 2,011. Jadi thitung < ttabel  dan nilai sig > 0.05 sehingga H0 dikabulkan dan Ha tidak dikabulkan dengan kesimpulan tidak memiliki pengaruh kecakapan dalam bernalar kritis yang disampaikan perlakuan model penelaahan kooperatif tipe jigsaw pada materi pelapukan tanah di kelas V SDN Pasir Angin 02.

Article Details

How to Cite
Marlina, I., Prasetyo, T., & Riashayu, W. R. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KELAS V. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(3). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/skripsiunida/article/view/1671
Section
Articles

References

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif Alternatif Bentuk Pembelajaran yang Menyenangkan. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Kurniasih, I. & Sani, B., 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena.
Almukarram, Ali Muhammad dan Evi Apriana, 2016, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Konsep Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 12 Banda Aceh. ISSN: 2337-9812
Asmani, J.M., 2016. Tips Efektif Cooperative Learning. Yogyakarta: DIVA Press.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Slavin, R.E. 2009. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik, Terjemahan, Nurulita Yusron. Bandung: Nusa Media.
Syaripudin, Ahmad. 2011. Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran. TA’Bid, Vol. XVI, No. 02.
Sutikno, Sobry. 2014. Metode & Model-Model Pembelajaran Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif dan Menyenangkan. Lombok: Holistica.