BUDAYA LITERASI DI SD ISLAM AL-MUSTARIH KOTA BOGOR.

Elinda Sumirat, Rusi Rusmiati Aliyyah, Helwiyah Makarim

Abstract


Literasi  sangat berperan dalam dunia Pendidikan pada zaman saat ini. Literasi ini tidak terpisahkan dari dunia pendidikan. Kemajuan suatu bangsa diterapkan ataupun ditentukan  oleh kemampuan literasi ( membaca dan menulis ). Masih jarang lembaga pendidikan yang membudayakan membaca sebelum pembelajaran dimulai. Namun di SD Islam Al-Mustarih pembiasaan literasi membaca sebelum pembelajaran sudah menjadikan budaya dan setiap kelas serempak melaksakan literasi membaca.  SD Islam Al-Mustarih ini menerapkan suatu budaya literasi membaca. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana program budaya literasi membaca buku cerita kelas II SD Islam Al-Mustarih. Penelitian ini menggunakan  metode penelitian kualitatif jenis penelitian studi kasus dengan model Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data nya dilakukan dengan observasi,wawancara dan dokumentasi mengenai tentang budaya atau kebiasaan literasi di SD Islam Al-Mustarih kota bogor. Analisis data dengan menggunakan analisis model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, mengambil kesimpulan/ verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunkanan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini memperoleh data : (1) perencanaan pembelajaran literasi yang dilakukan oleh kepala sekolah dan juga para guru dengan tujuan memberikan arahan-arahan untuk peserta didik (2) yang kedua pelaksanaan dalam pembelajaran literasi di lakukan 1 minggu 3x dan (3) evaluasi pembelajaran literasi, evaluasi yang dilakukan yaitu memberikan reward dan penilaian tersendiri.

Keywords


Budaya Literasi, Membaca Buku Cerita

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2015. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama

Al-Qur’an Surat AL-alaq ayat 1-5. 2012 Al-Hikmah, Bandung : CV Dipenogoro.

B Uno Hamzah, 2014 Perencanaan Pembelajaran, Jakarta : PT Bumi Aksara.

Bahri Syaiful dan Zain Aswan, 2010 Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta.

El Fanany Burhan. 2012 Teknik Baca Cepat Trik Efektif Membaca 2 Detik 1 Halaman Yogyakarta : Araksa

Faradina, Nindya. 2017 Pengaruh Program Gerakan LIterasi Sekolah Terhadap Minat Baca, Jurnal Hanata Widya. http://journal.student.uny.ac.id, diakses tanggal 12 Febuari 2018.

Gustini Kurnia Leili. 2016 Membangun Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini, Jurnal Prosiding Seminar Nasional Komunikasi. http://jurnal.fisip.unila.ac.id diakses tanggal 20 Febuari 2018.

Gunawan Imam. 2015 Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik, Jakarta : Bumi Aksara.

GLS Satgas, 2016 Panduan Praktis Gerakan Literasi Sekolah, Jakarta : Ditjen Dikdasmen Kemendikbud.

Gusmayanti, W., Fauziah, R. S. P., & Muhdiyati, I. (2018). PENGARUH MINAT MEMBACA CERITA PAHLAWAN PADA HASIL PENGAJARAN. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 123-134.

Hamalik Oemar, 2009 Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta : PT Bumi Aksara.

Kurniawan, Syamsul. 2016 Pendidikan Karakter. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Maryani, N., Ichsan, M., & Khairunnisa. (2017). SIGNIFIKANSI METODE GUIDE READING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM TEORI MEMBACA NYARING, DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 126-139.

Muhammad Hamid, 2016 Panduan Gerakan literasi Sekolah, Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurchaili. 2016 Menumbuhkan Budaya Literasi Melalui Buku Digital. Jurnal LIBRIA. https://jurnal.ar-raniry.ac.id, diakses tanggal 08 Febuari 2018.

Nazir, 2014 Metode Penelitian, Bogor : Ghalia Indonesia.

Nurgiantoro Burhan, 2016 Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak, Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Rahim Farida. 2009 Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.

Rosdiani Dini, 2013 Perencanaan Pembelajaran, Bandung : Alfabeta CV

Sulistyo, Andri. 2017 Evaluasi Program Budaya Membaca, Jurnal Menejemen Pendidikan. http://ejournal.uksw.edu, diakses tanggal 18 Febuari 2018.

Saeful Rahmat Pupu, Penelitian Kualitatif, Jurnal Eqiulibrum : Vol 5 No 9 2009.

Sugiyono, 2015 Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R & D, Bandung : Alfabeta,

Syamsudin, 2011 Metode Penelitian Pendidikan Bahasa, Bandung : PT Rosdakarya.

Somadayo Samsu, 2011 Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca, Yogyakarta : Graha Ilmu.

Suhendar Dadang , 2017 Materi Pendukung Literasi Baca Tulis, Jakarta : TIM GLN Kemendikbud.

Sulistyo Andri, Evaluasi Program Budaya Membaca, Jurnal Menejemen Pendidikan : volume 4 No 2017

Syah Darwyn, 2007 Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta : Gaung Persada

Sudjana Nana, 2010 Penilaian Hasil Proses belajar Mengajar, Bandung : PT . Remaja Roskadarya.

Triyanto, 2011 Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Jakarta : Kencana.

Purwanto Ngalim, 2012 Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA.

Parlina, 2016 Peran Sekolah Dalam Penanaman Budaya baca Siswa SDN Sukadamai, Bogor

Prihartin Eka, 2011 Teori Administrasi Pendidikan, Bandung : ALFABETA.

Yusuf Muri, 2015 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan, (Jakarta : Prenamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

Flag Counter