PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN ROMAWI PADA SISWA KELAS 4 SDN CIBUNIAN 02 KABUPATEN BOGOR

Udi Subarna, Rudi Hartono, Ahmad Anshori

Abstract


Yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah permasalahan bahwa siswa  sudah berasumsi negatif terhadap pelajaran  matematika, sehingga membuat siswa tersebut susah dalam memahami pelajaran  matematika. Hal ini berpengaruh terhadap nilai matematika yang secara umum nilai siswa tersebut masih berada dibawah nilai ketuntasan yang sudah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan hasil belajar pada  bidang studi  matematika dengan materi bilangan romawi dengan menggunakan pembelajaran model Snowball Throwing. Penelitian ini diselenggarakan pada tingkat kelas 4 SDN Cibunian 02 Kabupaten Bogor. Yang menjadi subjek pada penelitian ini yakni  siswa  kelas 4 SDN Cibunian 02. Peneliti ini menggunakan jenis penelitian tindakan  kelas (PTK) dan data yang didapatkan dengan menggunakan wawancara, observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes hasil belajar. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa setelah mengunakan  pembelajaran  model Snowball Throwing terdapat kemajuan  hasil belajar siswa. Hasil ini dilihat dari tes pertama nilai rata-ratanya adalah 37,00 dengan persentase ketuntasan  10%, pada siklus pertama memperoleh nilai rata-rata adalah 64,00 dengan persertase ketuntasan 60% dan dilanjut pada siklus kedua memperoleh nilai rata-rata 84,50 dengan persentase ketuntasan 90 % , hasil ini artinya terjadi peningkatan dalam perolehan hasil belajar siswa. Dari hasil PTK  ini, maka peneliti dapat memberikan sebuah kesimpulan bahwa penggunaan pembelajaran dengan model Snowball Throwing ini terdapat peningkatan yang baik dalam  hasil belajar matematika pada siswa kelas 4 SDN Cibunian 02 Kabupaten Bogor.


Keywords


Hasil belajar, Matematika, Model Snowball Throwing

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. Suhardjono, Supandi, 2005. Penelitian TindakanKelas. Jakarta:PT BumiAksara.

Asrori, M., 2006. Penelitian TindakanKelas. Bandung: CV WACANA PRIMA

Arikunto, S. Suhardjono, Supandi, 2008.Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:PT BumiAksara

Hamalik, O. (2006). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

hamdan. (2018, Febuari 27). http://www,google.com/search?q=kelebihan+model+snowball+throw ing &hamdan.httml. Retrieved Febuari 2018, from

http://www,google.com/search?q=kelebihan+model+snowball+throw ing &hamdan.httml: http://www,geogle.com/search?q=kelebihan+model+snowball+throw ing &hamdan.httml

Heruman. (2010). Model PembelajaranMatematika diSekolah Dasar. Bandung :PT Remaja Persada.

Komalasari, K.,2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep Aplikasi.Bandung: PT.Refika Aditama

Prasetyo, T., & Nisa, K. (2018). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RASA KEINGINTAHUAN SISWA. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 83-93.

Suyono, Hariyanto, 2011.Belajar dan PembelajaranTeori dan Konsep Dasar.Bandung : RemajaRosdakarya

Suprijono, A., 2009.Cooperative LearningTeori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Susanto, A., 2013.Teori Belajardan Pembelajaran diSekolah Dasar.Jakarta: PT.Fajar Interpratama Mandiri.

Huda, M. (2007). Model-Model Pembelajaran. Bandung: Pt. Rosada.

Risnawati, E., 2016. PenerapanModel Snowball Throwing UntukMemperbaiki Hasil Belajar Materi Lembaga Tinggi Negaradi Kelas IVSDN CitIIs Cigombong. Gentala Aksara Dasar, ISSN2502-5805.

Ismunamto, 2011. Ensiklopedia Matematika. Jakarta: Lentera Abadi

Hendriana, H., Soemarno, U., 2014 Penilaian Pembelajaran Matematika.Bandung:PT.Refika Aditama

Hartini, S., 2016. Penerapan ModelPembelajaran Make-a Match UntukMeningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Materi Perkalian di Kelas II SDN Ciomas 01. Gentala Aksara Dasar, ISSN:2502-5805

Supartini, I., 2016.Penerapan ModelPembelajaran Make-a Match UntukMeningkatkan Hasil BelajarMatematika Kelas II SDN Beji Timur 1 Depok. Gentala Dasar, ISSN: 2502-5805.

Nasution, A., 2016. Penerapan Model Student Teams-Achievement Divisions Untuk Memperbaiki HasilBelajar Matematika Kelas 6 SDN Cibedug 01. Gentala Aksara Dasar, ISSN:2502-5805.

Kantiti, R.I., 2016.Penerapan ModelPembelajaran Teams Games Tournamen Untuk Meningkatkan HasilBelajar Matematika Materi Pecahan. Gentala Aksara Dasar, ISSN:2502-5805.

Zaki, M., 2016. Penggunaan Model Make-aMatch UntukMemperbaiki Hasil Belajar Perkalian di Kelas II SDN Kedunghalang 03 Kecamatan Sukajaya. Gentala Aksara Dasar, ISSN: 2502-5805

Latif, A. (2007). Pendidikan Berbasisi Nilai Kemasyarakatan. Bandung: Refika Aditama.

Minari, E. S. (2012). Matematika Untuk PGSD. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. (2006). Metode Penelitian. Jakarta.

Nungki. (2008). Membantu Anak Belajar Matematika. Yogayakarta: Tugu Publisher.

Oemar. (2011).Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Purwanto. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Usman, M. U. (2007).Menjadi GuruProfesional.Bandung: PT. RemajaRosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

Flag Counter