PEMBIASAAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN

Main Article Content

Desi Ramianti
Hasan Bisri
Afridha Sesrita

Abstract

Lembaga pendidikan atau sekolah berpengaruh besar dalam proses pembentukan karakter kepribadian siswa. Pembiasaan karakter di sekolah bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satu dari cara tersebut yaitu melalui kegiatan keagamaan. Pendidikan dalam pembentukan karakter siswa termasuk ke dalam salah satu tujuan dalam pendidikan nasional. Penerapan pendidikan karakter di SD Pertiwi menggunakan metode pembiasaan. Penelitian etnografi ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai pembiasaan karakter religius siswa melalui implementasi kegiatan keagamaan di SD Pertiwi Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis  domain, analisis taksonomi, analisis komponensial dan analisis tema kultural.  Hasil penelitian menyimpulkan bahwa karakter religius (beriman dan bertaqwa, jujur dan beradab) dilaksanakan dengan pembiasaan-pembiasaan melalui kegiatan keagamaan di antaranya kegiatan Taman Pendidikan Alquran, shalat dzuhur berjamaah, shalat dhuha, Peringatan Hari Besar Islam, pesantren kilat, kuliah tujuh menit, santunan anak yatim, berqurban dan infaq shodaqoh.

Article Details

How to Cite
Ramianti, D., Bisri, H., & Sesrita, A. (2019). PEMBIASAAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/skripsiunida/article/view/1667
Section
Articles

References

Gunawan, H. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Kementrian Pendidikan Nasional, 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Peneltian dan Pusat Kurikulum.
Majid, A. & Handayani,D., 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich,M. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong, L.J., 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Samani, M. & Hariyanto,2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta.