EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PICTURE SERIES DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA

Main Article Content

Alfi Fatwa Nurani
Mega Febriani Sya
Resti Yektyastuti

Abstract

Penelitian dilaksanakan untuk menyelidiki ada atau tidaknya keefektifan penggunaan picture series dalam meningkatkan kosakata bahasa inggris kelas 1 SD ‘Ainul Hayat. Eksperimen semu adalah proses pengkajian yang digunakan dengan desain non equivalent control group design. Teknik yang dipilih untuk mengelompokkkan data adalah teknik observasi, dokumentasi dan pretest posttest yang dilakukan terhadap 46 siswa yang mencakup kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji statistik menunjukan bahwa bukti yang diaplikasikan berdistribusi normal dengan nilai signifikasi 0,705  > 0,05 dan mempunyai varians yang seimbang atau homogen dengan nilai signifikasi 0,359 > 0.05. Hitungan uji hipotesis independent sample t-test didapat angka Sig.(2-tailed) pada equal variances assumed sebesar 0,000 < 0,05. Maka Hoditolak karena (Sig) < a, dengan demikian Ha diterima akhirnya bisa dirumuskan bahwa ditemukan perbandingan hasil kemahiran perbendaharaan kata bahasa Inggris yang berarti antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan tingkat kepercayaan 95%. Keputusan yang diperoleh dalam penelitian ini penggunaan picture series efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris kelas I di SD ‘Ainul Hayat.

Article Details

How to Cite
Nurani, A. F., Sya, M. F., & Yektyastuti, R. (2019). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PICTURE SERIES DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/skripsiunida/article/view/1660
Section
Articles

References

Ratna, G.A, 2014. Pengaruh Teknik Critical Incident Berbantuan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan menulis Kelas V SD Gugus 1 Abiansemal. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 2(1).

Lastrijanah, Prasetyo, T., & Mawardini, A. (2017). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GEOBOARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 87-100.

Pitriana, Lathifah, Z. K., & Makarim, Z. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR AND SHARE PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 151-169.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: ALFABETA.

Susanto, A, 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Group. Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: ALFABETA

Yamin, M., 2017. Metode Pembelajaran Bahasa Inggris di Tingkat Dasar. Jurnal Pesona Dasar ISSN: 2337-9227. Vol 1 (5).