PERAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA

Main Article Content

Achmad Mukarom
Rasmitadila Rasmitadila
Novi Maryani

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat membaca siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis studi kasus, sebagai upaya peneliti untuk memberikan gambaran minat membaca siswa di sekolah, dalam hal ini adalah SDN RRI Nasional Sukmajaya Depok. Minat siswa dalam membaca buku di sekolah ini masih rendah, hal ini karena dipengaruhi oleh berbagai faktor baik itu faktor pendukung ataupun faktor penghambat. Faktor pendukung minat membaca itu adalah perpustakaan sekolah dan penjaga perpustakaan yang siap melayani keperluan siswa dalam hal peminjaman buku, dan juga koleksi buku bacaan yang tersedia yang cukup memadai. Faktor penghambat minat membaca siswa ada dua yaitu faktor yang datang dari dalam sekolah, yaitu minat membaca siswa itu sendiri dan waktu kunjungan yang terbatas. Sedangkan faktor dari luar sekolah yaitu motivasi yang diberikan orang tua kepada anak yang masih rendah akan pentingnya membaca. Maka dari itu, untuk meningkatkan minat membaca siswa, perpustakaan di SDN RRI Nasional Sukmajaya Depok menyelenggarakan program literasi dan lomba-lomba literasi bagi siswanya agar minat membaca siswa dapat meningkat.

Article Details

How to Cite
Mukarom, A., Rasmitadila, R., & Maryani, N. (2019). PERAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/skripsiunida/article/view/1658
Section
Articles

References

Astuti, Dwi. P. (2013). Minat Baca Penentu Kualitas Bangsa. Jurnal Ilmiah Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Aulawi, B. Moch. (2012). Optimalisasi Layanan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Pustakaloka. Vol.4 No. 1, 119.

Ahmadi, R. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif - Analisis Data. Depok: RajaGrafindo Persada.

Faizah., Utami. D, dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: DIRJENDIKDASMEN KEMENDIKBUD.

Farandina, N. (2017). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa di SDIT Muhamadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya , Vol.6 No. 8, 61-63.
Gusmayanti, W., Fauziyah, R.S., & Muhdiyati, I. (2018). Pengaruh Minat Membaca Cerita Pahlawan pada Hasil Pengajaran. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar: Vol. 5(2).123-134

Masyhuri, I. (2010). Memberdayakan Perpustakaan Sekolah. Pustakaloka Vol. 2 No.1, 24.

Permendikbud No. 25 tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti.
Rasmitadila, R. (2014). IMPLEMENTASI USULAN STRATEGI PEMBELAJARAN EFEKTIF BERDASARKAN SISTEM PEMBELAJARAN ALAMIAH OTAK (BRAIN BASED TEACHING) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS SD PADA PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013. Jurnal Sosial Humaniora, 5(1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Dibidang Pendidikan. Malang: MNC Publishing.

UU No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.