PENGARUH POLA ASUH PERMISIF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA MEKANIS

Ekayani Setyaningrum, Rasmitadila Rasmitadila, Megan Asri Humaira

Abstract


Dalam dunia pendidikan, membaca  mempunyai peran penting terkhusus dalam kegiatan proses belajar di kelas. Dengan memiliki kemampuan membaca, siswa akan lebih mudah dalam memahami materi tiap pelajaran, menambah pengetahuan dan meningkatkan hasil belajar. Keluarga merupakan tempat pertama dan utama bagi anak dalam mendapatkan pendidikan dari orang tua. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara pola asuh permisif terhadap kemampuan membaca mekanis siswa kelas III SD Negeri Bondongan Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis hubungan fungsional. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa/i kelas III SD Negeri Bondongan Kota Bogor. Teknik pengambilan sample yang digunakan yaitu nonprobability sampling dengan jenis sampling purposive. Sample yang digunakan sebanyak 30 siswa. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji korelasi Product Moment dari Pearson, dengan bantuan penghitungan menggunakan program SPSS versi 21.0.  Berdasarkan hasil yang diperoleh didapatkan nilai r hitung sebesar  -0.107 dengan p-value 0.573. Sementara nilai r tabel pada taraf signifikan 5% dengan N=30  adalah 0.361. Karena nilai r hitung yang didapat < dari r tabel (p-value > 0,05) maka hipotesis nihil (H0) yang menyatakan tidak ada pengaruh antara pola asuh permisif dengan kemampuan membaca mekanis siswa diterima.

Keywords


membaca, kemampuan membaca, pola asuh

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.

Ahmadi, A., & Jauhar, M. (2015). Dasar-dasar Psikolinguistik. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Bindas, N. T., & Barasandji, S., & Efendi. (2015). Peningkatan Keterampilan Siswa Membaca Nyaring Melalui Metode Latihan Terbimbing Pada Siswa Kelas III SDN Paranonge. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(4), 2354-614X.

Dardjowidjojo, S. (2012). Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia Edisi kedua. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Djamarah, S. B. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir. (2012). Metodelogi Penelitian Pendidikan Kuntitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hidayah, Miftakhul, Retno P Irawati, dan Zaim Elmubarok. “Pengoptimalan Keterampilan Membaca Bahasa Arab dengan Model Pembelajaran Teman Sebaya di Kelas VII H MTs Negeri Kendal Tahun 2012/2013.” Journal of Arabic Learning and Teaching 2 (2013): 17–22.

Humaira, M. A. (2015). Legenda Batu Hiu: Analisis Struktur, Konteks Penutur, Fungsi, dan Makna. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(2): 108-120

Pidarta, M. (2009). Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Rachmawaty, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Dinding Kata ( Word Wall). Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal, 1, 28–44.

Rahim, F. (2009). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmayanti, D., Rasmitadila, & Prasetyo, T. (2017). PENGGUNAAN METODE KERJA KELOMPOK DALAM INTERAKSI SOSIAL BAGI SISWA AUTISME. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 101-114.

Rasmitadila, R. (2014). IMPLEMENTASI USULAN STRATEGI PEMBELAJARAN EFEKTIF BERDASARKAN SISTEM PEMBELAJARAN ALAMIAH OTAK (BRAIN BASED TEACHING) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS SD PADA PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013. Jurnal Sosial Humaniora, 5(1).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Siregar, Syofian. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2015.

Sudaryono, Gaguk M, dan Wardani R. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta, 2013.

Tarigan, H. G. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Widyastuti, A. (2018). Implementasi Program Parenting Tentang Stimulasi Membaca, Menulis, Berhitung Bagi Orang Tua dan Guru PAUD Limo Depok. Jurnal Terapan Abdimas, 3, 66–71.

Hendrayani, A. (2017). Peningkatan Minat Baca dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Rendah Melalui Penggunaan Reading Corner. Jurnal Penelitian Pendidikan,1412-565X.

Hidayah, M., & Irawati, R. P., & Elmubarok, Z. (2013). Pengoptimalan Keterampilan Membaca Bahasa Arab dengan Model Pembelajaran Tutor Sebaya di Kelas VII H MTs Negeri Kendal Tahun 2012/2013. Journal of Arabic Learning and Teaching, vol (1), 2252-6994.

Humaira, M. A. (2015). Legenda Batu Hiu: Analisis Struktur, Konteks Penutur, Fungsi, dan Makna. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2 (2): 108-120.

Iskandarwassid., & Sunendar, D. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Madasari, K. A., & Mulyani, M. (2016). Kefektifan Metode Eja dan Metode SAS Berdasarkan Minat Belajar Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. SELOKA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5 (2), 2301-6744.

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana.

Mukayah, R. R. (2017). Keefektifan Media Compact Disc Interaktif Lexipal Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Slow Learner Di Sekolah Dasar Negeri Inklusi Kulon Progo. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Mulyani. (2014). Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosi Pada Anak Usia Dini di Desa Tanimulya Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Empowerment, 4(2), 2252-4738.

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Pradana, A.B.A., (2018). ENGLISH LEARNING BASED ON MULTIPLE INTELLIGENCE IN TYPE OF LINGUISTIC INTELLIGENCE. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol.5 (1), 41-52.

Pidarta, Made. (2009). Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta.

Susilowati, E. (2012). Pola Asuh Orang Tua dan Perkembangan Anak Usia Prasekolah. Majalah Ilmiah Sultan Agung, Vol L, 0852-1035.

Tridhonanto, Al., & Agency, Beranda. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis, Jakarta: PT.Elex Komputindo.

Trisngati, U., & Meifiani, N. I. (2014). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Pola Asuh Orang Tua Pada Mata Kuliah Teori Bilangan Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Derivat , 1(2), 2407 – 3792.

Wulansari, N. (2010). Hubungan Antara Dukungan Orang Tua Dalam Belajar Membaca Dengan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 SDN Bakti Jaya 3 Depok. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

Flag Counter