PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEADTOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 1 LEMBURSAWAH

Main Article Content

Rini Febriani

Abstract

Tujuann penelitin ini dalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Metode pembelajaran numbered head together terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode yang digunakan dlm penelitian ini dalah Eksperimen, penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Lembursawahh sampel yang digunakn adalah 25 siswa kelas IV A sebagai kels Eksperiimen dan 25 siswa klas IV B sebgai kelas kontrol. Instrument penlitian yng digunakan sebagaii tes hsil belajr matematika dalah 20 butir soal berbntuk pilihan ganda. Kelompok eksperimen adlah kelompok yang kegiatan pembelajarnnya menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) sedangkann kelas kontrol adalah kelompok yang kegiatan pembelajarnnya dilkukan dengn pendekatan ceramah, instrument yang digunakn dengan instrumentt soal tes pilihn ganda. Hasl penelitian menunjukn bahwa terdapt Pengaruh Penerapn Metode Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Hsil Belajar Siswa Pada Mata Pelajarn Matematika SD Negeri 1 Lembursawah. Hal ini dibuktiikan dengn hsil perhitungn uji t dri hasil posttest klas eksperiimen dan kels kontrol dengan hasil nilai thitung sebesar 3.542lebih besar dari nilai ttabel 2.035. serta nilai signifikansi yaitu 0.851 yang lebih besar dari 0.05 maka Ho dan Ha diterima. Dengn demikian dapt disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Metode Pembelajarn Numbered Head Together Terhapa Hasil Belajar Siswa Pda Mata Pelajaran Matematika SD Negeri 1 Lembursawah dikelas IV A SD Negerii 1 Lembursawah

Article Details

How to Cite
Febriani, R. (2018). PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEADTOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 1 LEMBURSAWAH. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(1). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/skripsiunida/article/view/1287
Section
Articles

References

Abdulrahhman., Maman dan Muhidin Sambas ali., 2011. Panduan Memahami Penelitian. Bandung : Cv.Pustaka Setia.

Aqib Zaenal,, 2013. Metode-Metode Media dan Strategi Pembelajaran Konstektual. Bandung : YramaWidya.

Hamdayama Jumanta,2014. Metode dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta :Ghalia Indonesia.

Hamzah Ali dan Muhlisrarini, 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta : PT. Raj Grafido Persada.

Heruman, 2007. Metode Pembelajaran Matematika. Bandung : Rosda.

Hidayat Ujang S, Metode-metode Pembelajaran Berbasis Paikem. Cv. Siliwangi dan CO.

Komalasari Kokom, 2010. Pembelajaran Konstektual. Bandung : PT. Refika Aditama.

Lastrijanah, Prasetyo, T., & Mawardini, A. (2017). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GEOBOARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 87-100.

Rusman, 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sesrita, A. (2017). PENGGUNAAN TEKNIK THINK-PAIR-SHARE UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI FISIKA, DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 140-158.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan . Bandung : Alfabeta.

Supratiknya A, 2015. Metodologi Pnelitian Kuantittif dan Kualittif dalam Psikologi. Yogyakarta : Universitas Sanata Darma.

Sugiyono, 1999. Statistika Untuk Penelitian, Bandung : Cv. Alfabeta.

Susanto Ahmad, 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Renada Media Group.