PELANGGARAN DAN KEBIJAKAN PERLINDUNGAN HAK CIPTA DI YOUTUBE
Keywords:
Pelanggaran, Hak Cipta, YoutubeAbstract
Adanya YouTube sebagai media untuk mendapatkan uang, dengan melakukan upload konten ke media tersebut. Menjadi terbuka peluang Youtuber untuk melakukan pelanggaran Hak Cipta, sebab banyak Youtuber yang belum mengetahui apa saja bentuk pelanggaran Hak Cipta di YouTube serta bagaimana kebijakan perlindungan terhadap Hak Cipta di YouTube. Permasalahan tersebutlah yang akan dibahas dalam tulisan ini. Untuk meneliti permasalahan tersebut digunakan metode pendekatan yuridis normatif, untuk menganalisis data sekunder dengan menggunakan regulasi terkait Hak Cipta. Berdasarkan hasil penelitian diketahui ada empat bentuk pelanggaran yang dilakukan melalui YouTube yaitu cover lagu dengan tujuan komersial dan tanpa persetujuan pemilik, live streaming di YouTube tanpa persetujuan pemilik pertunjukan, speech composing yang dikomersialkan melalui YouTube dan pembajakan film yang dikomersialisasikan melalui YouTube. Kebijakan perlindungan Hak Cipta di YouTube bisa ditemukan dalam UUHC dan Kebijakan YouTube mengenai perlindungan Hak Cipta.Downloads
Download data is not yet available.
References
Buku
Adi, R. (2004). Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum. Jakarta: Graniat.
Soemitro, R.H. (1982). Metodologi Penelitian Hukum dan Jurimetri, Jakarta: Ghalia Indonesia.
Harjowidigdo, R. (1998), Mengenal Hak Cipta Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Jurnal
Dewi, Anak Agung Mirah Satria. (2017). Perlindungan Hukum Hak Cipta Terhadap Cover Version lagu Di Youtube, Jurnal Magister Hukum Udayana. 6(2), 508-520. https://doi.org/10.24843/JMHU.2017.v06.i04.p09
Fadhila,Ghaesany, U. Sudjana.(2018). Perlindungan Karya Cipta Lagu dan/Atau Musik Yang Dinyanyikan Ulang (Cover Song)Di Jejaring Media Sosial Dikaitkan dengan Hak Ekonomi Berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta, ACTA DIURNAL (Jurnal Hukum Kenotariatan dan Ke-PPAT- an) 1(2). 222-235. http://jurnal.fh.unpad.ac.id/index.php/acta/article/view/ACTA-V1N2A16/102
Faiqah, Fatty. Muh. Nadjib, Andi Subhan Ami. (2016). Youtube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassarvidgram, Jurnal Komunikasi KAREBA. 5(2), 259-272. http://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/view/1905/1063
Koloay, Renny N.S. (2016). Perkembangan Hukum Indonesia Berkenaan Dengan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jurnal Hukum Unsrat. 22(5),16-27. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnalhukumunsrat/article/view/10754/10342
Kusno, Habi. (2016). Perlindungan Hukum Hak Cipta Terhadap Pencipta Lagu Yang Diunduh Melalui Internet. Jurnal Fiat Justisia, 10(3), 489-502. https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v10no3.789
Lopes, Fransin Miranda. (2013). Penegakan Hukum Terhadap Pelanggaran Hak Cipta Di Bidang Musik dan Lagu. Lex Privatum, 1(2), 44-57. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/lexprivatum/article/view/1703/1345
Mahartha, Ari. (2018). Pengalihwujudan Karya Sinematografi Menjadi Video Parodi Dengan Tujuan Komersial Perspektif Perlindungan Hak Cipta, Jurnal Kertha Patrika, 40(1), 13-23. https://doi.org/10.24843/KP.2018.v40.i01.p02
Marzuki, Al Araf Assadallah. (2014). Kajian Yuridis Terhadap Karya Seni Musik Yang Dinyanyikan Ulang (Cover Lagu) Di Jejaring Media Sosial Terkait Dengan Prinsip Fair Use, Jurnal Hukum Brawijaya, 3(1), 1-21. http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/635/623
Ningsih, Ayup Suran, Balqis Hediyati Maharani. (2019). Penegakan Hukum Hak Cipta Terhadap Pembajakan Film Secara Daring. Jurnal Meta-Yuridis 2(1), 13-33. http://dx.doi.org/10.26877/m-y.v2i1.3440
Noor, Nur Khaliq Khussamad, Winner Sitorus, Hasbir Paserangi. (2019). Perlindungan Hukum Hak Cipta Atas Film Layar Lebar Yang Dipublikasi Melalui Media Sosial Tanpa Izin. Riau Law Journal. 3(1). 124-148. http://dx.doi.org/10.30652/rlj.v3i1.7328
Putra, Jessica Djaja, Mariska Budialim , Djunita , Michelle Yaputri Budiman. (2019). Speech Composing Menurut Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta, Jurnal Cendekia Hukum, 5(1), 49-64. http://doi.org/10.33760/jch.v5i1.174
Rahma,Hasrina, Yati Nurhayati. (2020). Legalitas Cover Song Yang Diunggah Ke Akun Youtube. Al’Adl. 12(1), 77-88. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/aldli/article/view/2606/1943
Surniandari, Artika. (2016). UUITE Dalam Melindungi Hak Cipta Sebagai Hak Atas Kekayaan Intelektual (HKI) Dari Cybercrime, Cakrawala-Jurnal Humaniora, 16(1),1-11. 10.31294/jc.v16i1.1276
Utami, Setyaningsih Sri. (2010). Pengaruh Teknologi Informasi dalam Perkembangan Bisnis. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, 8(1), 61-67. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/155/123
Warassih, Esmi. (2018). Peran Politik Hukum dalam Pembangunan Nasional, Gema Keadilan. 5(1), 1-15. https://doi.org/10.14710/gk.5.1.1-15
Online/World Wide Web:
Kompasiana, Media Sosial Youtube, 9 Desember 2016, diakses melalui (https://www.kompasiana.com/sesarrrrr/584a24c506b0bd7a0732fdf7/media-sosial-youtube), pada 25 Februari 2020.
Wawancara dengan Aloysius Cristian Jimy (Yotuber), Pada 23 Februari 2020, di Semarang
Adi, R. (2004). Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum. Jakarta: Graniat.
Soemitro, R.H. (1982). Metodologi Penelitian Hukum dan Jurimetri, Jakarta: Ghalia Indonesia.
Harjowidigdo, R. (1998), Mengenal Hak Cipta Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Jurnal
Dewi, Anak Agung Mirah Satria. (2017). Perlindungan Hukum Hak Cipta Terhadap Cover Version lagu Di Youtube, Jurnal Magister Hukum Udayana. 6(2), 508-520. https://doi.org/10.24843/JMHU.2017.v06.i04.p09
Fadhila,Ghaesany, U. Sudjana.(2018). Perlindungan Karya Cipta Lagu dan/Atau Musik Yang Dinyanyikan Ulang (Cover Song)Di Jejaring Media Sosial Dikaitkan dengan Hak Ekonomi Berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta, ACTA DIURNAL (Jurnal Hukum Kenotariatan dan Ke-PPAT- an) 1(2). 222-235. http://jurnal.fh.unpad.ac.id/index.php/acta/article/view/ACTA-V1N2A16/102
Faiqah, Fatty. Muh. Nadjib, Andi Subhan Ami. (2016). Youtube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassarvidgram, Jurnal Komunikasi KAREBA. 5(2), 259-272. http://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/view/1905/1063
Koloay, Renny N.S. (2016). Perkembangan Hukum Indonesia Berkenaan Dengan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jurnal Hukum Unsrat. 22(5),16-27. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnalhukumunsrat/article/view/10754/10342
Kusno, Habi. (2016). Perlindungan Hukum Hak Cipta Terhadap Pencipta Lagu Yang Diunduh Melalui Internet. Jurnal Fiat Justisia, 10(3), 489-502. https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v10no3.789
Lopes, Fransin Miranda. (2013). Penegakan Hukum Terhadap Pelanggaran Hak Cipta Di Bidang Musik dan Lagu. Lex Privatum, 1(2), 44-57. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/lexprivatum/article/view/1703/1345
Mahartha, Ari. (2018). Pengalihwujudan Karya Sinematografi Menjadi Video Parodi Dengan Tujuan Komersial Perspektif Perlindungan Hak Cipta, Jurnal Kertha Patrika, 40(1), 13-23. https://doi.org/10.24843/KP.2018.v40.i01.p02
Marzuki, Al Araf Assadallah. (2014). Kajian Yuridis Terhadap Karya Seni Musik Yang Dinyanyikan Ulang (Cover Lagu) Di Jejaring Media Sosial Terkait Dengan Prinsip Fair Use, Jurnal Hukum Brawijaya, 3(1), 1-21. http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/635/623
Ningsih, Ayup Suran, Balqis Hediyati Maharani. (2019). Penegakan Hukum Hak Cipta Terhadap Pembajakan Film Secara Daring. Jurnal Meta-Yuridis 2(1), 13-33. http://dx.doi.org/10.26877/m-y.v2i1.3440
Noor, Nur Khaliq Khussamad, Winner Sitorus, Hasbir Paserangi. (2019). Perlindungan Hukum Hak Cipta Atas Film Layar Lebar Yang Dipublikasi Melalui Media Sosial Tanpa Izin. Riau Law Journal. 3(1). 124-148. http://dx.doi.org/10.30652/rlj.v3i1.7328
Putra, Jessica Djaja, Mariska Budialim , Djunita , Michelle Yaputri Budiman. (2019). Speech Composing Menurut Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta, Jurnal Cendekia Hukum, 5(1), 49-64. http://doi.org/10.33760/jch.v5i1.174
Rahma,Hasrina, Yati Nurhayati. (2020). Legalitas Cover Song Yang Diunggah Ke Akun Youtube. Al’Adl. 12(1), 77-88. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/aldli/article/view/2606/1943
Surniandari, Artika. (2016). UUITE Dalam Melindungi Hak Cipta Sebagai Hak Atas Kekayaan Intelektual (HKI) Dari Cybercrime, Cakrawala-Jurnal Humaniora, 16(1),1-11. 10.31294/jc.v16i1.1276
Utami, Setyaningsih Sri. (2010). Pengaruh Teknologi Informasi dalam Perkembangan Bisnis. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, 8(1), 61-67. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/155/123
Warassih, Esmi. (2018). Peran Politik Hukum dalam Pembangunan Nasional, Gema Keadilan. 5(1), 1-15. https://doi.org/10.14710/gk.5.1.1-15
Online/World Wide Web:
Kompasiana, Media Sosial Youtube, 9 Desember 2016, diakses melalui (https://www.kompasiana.com/sesarrrrr/584a24c506b0bd7a0732fdf7/media-sosial-youtube), pada 25 Februari 2020.
Wawancara dengan Aloysius Cristian Jimy (Yotuber), Pada 23 Februari 2020, di Semarang
Downloads
Published
2021-07-31
How to Cite
Geriya, A. A. G. M. (2021). PELANGGARAN DAN KEBIJAKAN PERLINDUNGAN HAK CIPTA DI YOUTUBE. JURNAL ILMIAH LIVING LAW, 13(2), 100–110. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/livinglaw/article/view/4261
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 JURNAL ILMIAH LIVING LAW
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Ilmiah Living Law agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Ilmiah Living Law.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Ilmiah Living Law.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work