Peran Keterlibatan Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Siswa SDN Cikereteg 01

Authors

  • Istikhori Ramdani Universitas Djuanda
  • Rasmitadila Universitas Djuanda
  • Iyon Muhdiyati Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15476

Keywords:

Keterlibatan orang tua, prestasi siswa, pembelajaran, sekolah dasar

Abstract

Pendidikan adalah kebutuhan dasar bagi semua orang untuk meningkatkan kualitas hidup mereka serta memperoleh kehidupan yang baik. Pendidikan juga dapat berfungsi sebagai tolak ukur kemajuan dan perkembangan sebuah negara atau bangsa. Pendidikan ialah upaya yang direncanakan dan dilakukan secara sadar untuk meningkatkan potensi siswa melalui pembelajaran. Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut, orang tua, masyarakat, dan pemerintah harus bekerja sama. Kerja sama orang tua dengan guru sangat penting agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Orang tua dan guru memiliki tujuan yang sama: mendidik anak-anak mereka sehingga mereka dapat mencapai tujuan pendidikan dengan cara yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi peran keterlibatan orang tua di SDN Cikereteg 01. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Simple Research Design (SRD). Hasil penelitian diperoleh melalui wawancara dengan orang tua siswa, guru, dan siswa. Hasil wawancara menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua dalam kegiatan belajar mengajar dapat meningkatkan prestasi siswa di sekolah. Semakin banyak keterlibatan orang tua dalam kegiatan belajar mengajar, semakin baik prestasi siswa di kelas VI SDN Cikereteg 01.

References

Admelia, M., Farhana, N., Nurmalia, L., & Koyimah, K. (2021). Analisis Keterlibatan Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1654. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8555

Aulia, S., Tarwiah, S., & Azky, S. N. (2023). Pentingnya Peran Ayah dan Ibu untuk Mendukung Perkembangan Anak Dalam Pembelajaran Dirumah. 1, 533–540.

Eliyanti, T., Prasetyo, T., & Mawardini, A. (2023). Analisis Keterlibatan Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(1), 11–19. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i1.208

Hidayat, D., Rosidah, Z., Retnasary, M., & Suhadi, M. (2019). Nilai-nilai kearifan lokal pada unsur naratif dan sinematik film Jelita Sejuba. ProTVF, 3(2), 113. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i2.21264

Hidayat, J. (2017). Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Siswa SMK Yayasan Islam Tasikmalaya Dengan Metode TAM. 4(2), 163–173.

Kurniawan, D., & Wustqa, D. (2023). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Smp. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 4(1), 164. https://doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.10133

Mangangantung, J. M., Wentian, S., & Rorimpandey, W. H. F. (2022). Pengaruh Kreativitas Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Wanea. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(1), 15–24. https://doi.org/10.21831/jitp.v9i1.49942

Meo, A., Wau, M. P., & Lawe, Y. U. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sdi Bobawa Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan, 1(2), 277–287. https://doi.org/10.38048/jcp.v1i2.247

Nopiyanti, H., & Husin, A. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak pada Kelompok Bermain. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.15294/pls.v5i1.46635

Penelitian, J., Ilmu, P., & Suluh, M. (2018). LITPAM, Nusa Tenggara Barat, Indonesia Perspektif Pendidikan Nasional. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 1.

Rozalia, M. F. (2017). Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 722. https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.722-731

Sulastri, S., & Ahmad Tarmizi, A. T. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61–80. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1526

Ulfasari, N., & Fauziah, P. Y. (2021). Pendampingan Orang Tua pada Pendidikan Anak di Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Profesi Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 935–944. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1119

Widia Ningsih, P., & Dafit, F. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 508–514. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.41379

Wulandari, W., & Putri, N. E. (2022). Optimalisasi pelaksanaan penggunaan ARKAS 3.3 pada pelaporan penggunaan dana BOS sekolah dasar negeri 18 Bungo di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(7), 5.

Yanti. (2013). Kerja sama Guru dan Orang Tua Guna Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI Di SMA Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(1), 6. https://revistas.ufrj.br/index.php/rce/article/download/1659/1508%0Ahttp://hipatiapress.com/hpjournals/index.php/qre/article/view/1348%5Cnhttp://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09500799708666915%5Cnhttps://mckinseyonsociety.com/downloads/reports/Educa

Zulparis, Z., Mubarok, M., & Iskandar, B. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 188. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33292

Alex Sobur. (2016). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Braun & Clarke. (2006). Using Thematic Analysis in Psychology. Qualitative Research in Psychology, 77-101.

Bungin. (2022). Post-Qualitative Social Research Methods: Kuantitatif-Kualitatif-Mix Methods. Jakarta: Kencana.

Diadha. (2015). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Anak-Anak. Edusentris, 61.

Fung et al. (2018). Student Engagement and Mathematics Achievement: Unraveling Main and Interactive Effects. Psychology in the Schools, 815-831.

Harahap et al. (2019). The Effect of Blended Learning on Student's Learning Achievement and Science Process Skills in Plant Tissue Culture Course. International Journal of Instruction, 521-538.

Maguire & Delahunt. (2017). Doing a Thematic Analysis: A Practical. Step-by-Step Guide, 9.

Noorhapizah et al. (2022). Teori Perkembangan Peserta Didik. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Rofiah & Bungin. (2021). Qualitative Methods: Simple Research With Triangulation Theory Design. Develop, 18.

Salim & Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana.

Schunk. (2010). Motivation in Education: Theory, Research, and Application. New Jersey: Pearson Education Inc.

Setiawan, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Siyoto & Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Karanganyar: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syah, M. (2019). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

You et al. (2016). Effects of Student Perceptions of Teacher's Motivational Behavior on Reading, English, and Mathematics Achievement: The Mediating Role of Domain Specific Self-efficacy and Intrinsic Motivation. Child & Youth Care Forum, 221-240.

Downloads

Published

2024-09-13

How to Cite

Ramdani, I., Rasmitadila, & Muhdiyati, I. (2024). Peran Keterlibatan Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Siswa SDN Cikereteg 01. Karimah Tauhid, 3(9), 10742–10751. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15476

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>