Pengaruh Penggunaan Gadget di Rumah Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VI SDN 1 Tangkil Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi

Authors

  • Rahma Kartika Universitas Djuanda
  • Agus Priyatno Universitas Djuanda
  • Annisa Mawardini Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15452

Keywords:

Gadget, Rumah, Minat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap minat belajar peserta didik. Jenis penelitian yang dipergunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif jenis korelasi. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VI pada SDN 1 Tangkil yang berjumlah 51 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner yaitu angket penggunaan gadget serta minat belajar siswa, untuk uji validitas menggunakan rumus Pearson Product Moment dan uji reliabilitas memakai rumus Cronbach’s Alpha menggunakan bantuan SPSS 29.0 for Windows. Selanjutnya uji signifikansi menggunakan uji t dengan nilai thitung sebesar 3,835 serta ttabel sebesar 2,009, sehingga didapatkan nilai thitung > ttabel serta nilai signifikansi sebesar 0,001 yang nilainya lebih kecil dari 0,05, sebagai akibatnya dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sumbangan dampak yang diperoleh dari uji koefisiensi hubungan ialah 23,1%, sedangkan 76,9% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain atau faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan dengan korelasi sedang antara penggunaan gadget (X) dan  minat belajar siswa (Y).

References

Anggraeni, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kehidupan Sosial Para Siswa SMA. Jurnal PPKN&Hukum,13(1),64-76

Annisa Mawardini, Nurul Suci Daniati, Siti Zahra Nursolihat, I. S. (2024). Bahaya Game Online bagi Akidah Anak dan Kaitannya dengan Penerapan Prinsip Pendidikan Anak dalam Islam, 4, 4062–4082.

Badrumilah, Mas R., & Rigianti, H. A. (2022). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1458–1463.

Bilqish, A., Damayanti, E., Harahap, I. S., Sakinah, N., & Batubara, R. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa (JURRIBAH), 2(2). Retrieved from https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i2.1491

Chusna, Puji Asmaul. (2017). No Title, 315–330.

Hudaya, A. (2018). No Title, 4(2), 86–97.

Nizar, A., & Hajaroh, S. (2019). Pengaruh Intensitas Penggunaan Game Gadget Terhadap Minat Belajar Siswa. El Midad, 11(2), 169–192. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i2.1901

Prabu, I., Bakar, S., & Kaddas, B. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V MIN 1 Kota Makassar, 2(April), 57–66.

Priyatno, A, et al. (n.d.). Implementasi Kurikulum Sekolah Islam Terpadu Dalam Smpit Bina Masyarakat Mandiri Implementation Of Integrated Islamic School Curriculum In The Formation Of Sohihul Ibadah Characters Students At, 1(2), 139–161.

Rohmah, C. O., &, & Mardiyah, S. U. K. (n.d.). Learning Interest Of Student Grade XI Office Administration Competence, (2).

Setiawan Bakar, ince P. (2020). Pengaruh penggunaan gadget terhadap minat belajar siswa kelas V di SD inpres tamalanrea II makassar, I(1).

Wahyuni, A. (2019). Jurnal Ekonomi Pendidikan Volume 7 : Nomor 1 Maret 2019 Pengaruh Penggunaan Smartphone Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Jurnal Ekonomi Pendidikan Volume 7 : Nomor 1 Maret 2019 Pendahuluan Pendidikan Merup, 7, 31–44.

Wasa, M. E. (n.d.). Pengaruh Penggunaan Gadget Dan Lingkungan Pada Mata Pelajaran Ips, 1–7.

Downloads

Published

2024-09-13

How to Cite

Kartika, R., Priyatno, A., & Mawardini, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Gadget di Rumah Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VI SDN 1 Tangkil Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi. Karimah Tauhid, 3(9), 10712–10724. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15452

Most read articles by the same author(s)