Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Tema Gaya Hidup Berkelanjutan di Kelas IV SDN Ciranjang
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15413Keywords:
Strategi, Tahapan, Tantangan, DampakAbstract
Implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) di kelas IV SDN Ciranjang Pada Tema Gaya Hidup Berkelanjutan dengan topik bercocok tanam memiliki tujuan untuk menanamkan nilai-nilai pancasila sekaligus meningkatkan kesadaran siswa terhadap pentingnya menjaga lingkungan hidup secara berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi, tahapan, tantangan, dan dampak pada kegiatan proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) pada topik bercocok tanam. Metode penelitian yang digunakan yaitu post positivism dengan jenis Simple Research Design (SRD). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada guru wali kelas dan siswa kelas IV. Prosedur analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data tematik dan uji keabsahan data dengan member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Strategi proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) terdiri dari perencanaan meliputi persiapan, menentukan tema, mengatur jadwal dan mengidentifikasi topik. 2) Tahapan proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) terdiri dari langkah-langkah meliputi perencanaan, pelaksanaan, refleksi dan evaluasi. 3) Tantangan proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) terdiri dari hambatan meliputi kesiapan guru, motivasi siswa. 4) Dampak dari proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) menghasilkan perubahan meliputi komunikasi, ekspolari pengetahuan, meningkatkan kesadaran, bekerja sama, peduli lingkungan, bertanggung jawab, mengatasi masalah, ketekunan dan kesabaran dan berpikir kritis.
References
Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61–72. https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78
Bungin. (2022). Post-Qualiitative Social Research Methods : Kuantitatif-Kualitatif-Mix Methods.
Eviota, J. S., & Liangco, M. M. (2020). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan, 14, 1–8.
Farhana, G., & Cholimah, N. (2024). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Peningkatan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 137–148. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i1.5370
Hartutik, H., Astuti, A., Priyanto, A. S., & Jelahu, T. T. (2023). Rancangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bagi Sekolah Dasar Marsudirini Gedangan Semarang. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 420–429. https://doi.org/10.37478/abdika.v3i4.3329
Komala, C., & Nurjannah, N. (2023). Implementasi profil pelajar Pancasila tema “gaya hidup berkelanjutan” kelas X SMAN 2 Sumbawa Besar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 42–49. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/385
Lathif, M. A., & Suprapto, N. (2023). Analisis Persiapan Guru dalam Mempersiapkan Kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) pada Implementasi Kurikulum Merdeka. JUPE2: Jurnal Pendidikan & Pengajaran, 1(2), 271–279. https://stikesbanyuwangi.ac.id/jurnal/index.php/JUPE2/article/view/169
Liya Lisnawati, Wahyudin Wahyudin, & Jennyta Caturiasari. (2023). Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 1(3), 48–78. https://doi.org/10.61132/sadewa.v1i3.36
Nafaridah, T., Ahmad, Maulidia, L., Ratumbuysang, M. F. N. G., & Kesumasari, E. M. (2023). Analisis Kegiatan P5 sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Era Digital di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Seminar Nasional(PROSPEK II) “Transformasi Pendidikan Melalui Digital Learning Guna Mewujudkan Merdeka Belajar,” 12(2), 84–95.
Palayukan, H., Palengka, I., Panglipur, I. R., & Mahendra, I. W. E. (2023). Pendampingan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Penerapan Merdeka Belajar Pada Tingkat Sma. Communnity Development Journal, 1(4), 8403–8408.
Priyanti, N., Apriansyah, C., Kartini, R. D., Padilah, N., Budiarti, T. R., Kurniawati, R., Naruvita, S. R., Indrawati, Y., Wahyuningsih, S. E., Rubiah, S. A., Rohmah, S., Setyorini, W., Jufry, L. Al, & Rahayu, T. (2023). PKM Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Melalui Workshop Membuat Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Di Igtki Kecamatan Duren Sawit Dki Jakarta. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 5815–5823. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/17577
Putri Dwi Damayanti,Wulan Sutriyani, E. Z. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Kelas Iv Sdn 10 Karanggondang. Sports Culture, 15(1), 72–86. https://doi.org/10.25130/sc.24.1.6
Rasmitadila, W. & T. P. (2021). Persepsi Guru Pembimbing Khusus terhadap Manfaat Model Strategi Pembelajaran Berbasis Sistem Pembelajaran Alamiah Otak (SiPAO) bagi Siswa Berkebutuhan Khusus (ABK) di Kelas Inklusif. DIDAKTIKA TAUHIDI, Volume 8 N, 5.
Wahyuni, W. R., Rohmanurmeta, F. M., & Rahmantika, F. (2023). Penggunaan Modul P5 Tema Gaya Hidup Berkelanjutan untuk Siswa Kelas IV SDN Ngariboyo 3 Magetan. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 964–967.
Zainab Nurazizah, Dedih Surana, & Sobar. (2024). Analisis Edukatif terhadap Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Gaya Hidup Berkelanjutan. Bandung Conference Series: Islamic Education, 4(1), 138–146. https://doi.org/10.29313/bcsied.v4i1.11264
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hanna Febriyanti Effendi, Rasmitadila, Hanrezi Dhania Hasnin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.