Pemilihan Gaya Berpakaian sebagai Pesan Nonverbal

Authors

  • Fadhilah Akbar Yasim Universitas Djuanda
  • Ali Alamsyah Kusumadinata Universitas Djuanda
  • Agustina Multi Purnomo Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15408

Keywords:

Komunikasi Nonverbal, Pengunjung, Trend Fashion

Abstract

Penelitian ini membahas tren fashion sebagai bentuk komunikasi non-verbal dalam masyarakat modern. Tren fashion tidak hanya berfungsi untuk memenuhi kebutuhan dasar pakaian, tetapi juga sebagai ekspresi gaya hidup, identitas, dan status sosial individu atau komunitas. Dengan perkembangan media sosial seperti Instagram, tren fashion lebih mudah diakses dan diikuti oleh masyarakat, meskipun tren ini bersifat sementara. Melalui survei yang dilakukan terhadap 50 pengunjung kafe, penelitian ini mengeksplorasi persepsi responden mengenai fashion sebagai sarana ekspresi diri, tren yang mengikuti perkembangan zaman, serta desain yang diterima oleh berbagai kalangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya berpakaian dianggap efektif dalam mencerminkan ekspresi diri dan mengikuti tren terkini. Sebagian besar responden setuju bahwa pemilihan pakaian dapat meningkatkan rasa percaya diri, memberikan daya tarik, dan membawa kebahagiaan. Fashion, sebagai bagian dari budaya sosial, berperan penting dalam interaksi manusia melalui simbolisme yang tercermin dalam pilihan busana.

References

Ariyanto, R. (2020). Tren Fashion dan Ekspresi Diri dalam Konteks Sosial. Jakarta: Penerbit Moda.

Arsita, T. (2021). Media Sosial Sebagai Sarana Penyebaran Trend Fashion di Kalangan Masyarakat. . Journal of Fashion and Lifestyle, 10(2), 45-58.

Burgoon, J. K., Guerrero, L. K., & Floyd, K. (2021). Nonverbal Communication. USA: Pearson.

Cahayani, W. A., & Rahayu, I. D. (2021). Batik histologi: ekspresi culturepreneurship kedokteran. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Daniella, M., Handayani, R., & Julia, F. (2020). Peran Fashion Designer Dalam Perkembangan Industri Fashion Dan Tekstil Pada Masa Revolusi 4.0. Dalam Seminar Nasional Envisi 2020: Industri Kreatif .

Hadijah, R. (2014). Peran Fashion dalam Membangun Identitas Sosial Konsumen. . Indonesian Journal of Fashion and Culture, 7(1), 22-35.

Haq, A. (2022). Trend Fashion dan Gaya Hidup Masyarakat Modern. Journal of Social Fashion, 9(3), 13-29.

Munthe, R. (2021). Pengaruh Trend Fashion Terhadap Kebahagiaan Konsumen. Psychology of Fashion, 4(2), 110-119.

Pratamartatama, W. A., Fredline, R. A., & Djunaidi, M. L. (2024). Pengaruh Budaya Asing Terhadap Trend Fashion Mahasiswa Maranatha. MULTIPLE: Jurnal Global dan Multidisiplin, 2(2), 1178-1189.

Rahayu, M. (2020). Pakaian Sebagai Lambang Jiwa dan Ekspresi Diri. . Cultural Studies Journal, 15(2), 58-73.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Yasim, F. A., Kusumadinata, A. A., & Purnomo , A. M. (2024). Pemilihan Gaya Berpakaian sebagai Pesan Nonverbal. Karimah Tauhid, 3(9), 10537–10543. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15408

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>