Pengaruh Media Anagram Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri Sirnagalih 02

Authors

  • Wilda Tannia Universitas Djuanda
  • Megan Asri Humaira Universitas Djuanda
  • Wilis Firmansyah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15403

Keywords:

Keterampilan membaca permulaan, media pembelajaran, Anagram

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi karena rendahnya keterampilan membaca siswa yang disebabkan kurangnya media yang di guanakan dalam pembelajaran nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Anagram Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri Sirnagalih 02. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 di SDN Sirnagalih, untuk pengambilan sempel menggunakan Teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh media anagram terhadap keterampilan membaca permulaan siswa. Hal tersebut dapat di buktikan dengan post-test presentase keterampilan membaca permulaan pada kelas eksperimen 42,11%.  Sedangkan pada kelas control 26,32%.  hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis terlihat bahwa nilai signifikasi kurang dari 0,05 dengan hasil uji hipotesis 0,001 Ha diterima dan h0 ditolak. Maka dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan keterampilan membaca permulaan menggukan media anagram

References

Meo, A., Wau, M. P., & Lawe, Y. U. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sdi Bobawa Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan, 1(2), 277–287. https://doi.org/10.38048/jcp.v1i2.247

Muryanti, D. (2019). Pengaruh Media Flash Card terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I di MIN 8 Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raaden Intan Lampung, July, 1–23.

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 446. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1462–1470. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.907

Prawiyata, Y. D. (2020). the Use of Anagrams To Increase Students’ English Vocabulary Mastery. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 5(1), 22–24. https://doi.org/10.32696/ojs.v5i1.397

Sugiatri, U. (2016). Pentingnya Pembinaan Kegiatan Membaca Sebagai Implikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 282. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/bss.v1i1.201

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&Dbandung. bandung cv alfabet.

Yuliana, R. (2017). PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DALAM TINJAUAN TEORI ARTIKULASI PENYERTA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 346.

Huamira, asri megan, Lilis, balqis fauziah, Rajagukguk, fitrah Z., & Siti, N. aisyah. (2021). Startegi guru dalam pembelajaran daring peningkatan keterampilan membaca siswa sekolah dasar. 71(1), 63–71.

Meo, A., Wau, M. P., & Lawe, Y. U. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sdi Bobawa Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan, 1(2), 277–287. https://doi.org/10.38048/jcp.v1i2.247

Muryanti, D. (2019). Pengaruh Media Flash Card terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I di MIN 8 Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raaden Intan Lampung, July, 1–23.

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 446. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1462–1470. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.907

Prawiyata, Y. D. (2020). the Use of Anagrams To Increase Students’ English Vocabulary Mastery. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 5(1), 22–24. https://doi.org/10.32696/ojs.v5i1.397

Sugiatri, U. (2016). Pentingnya Pembinaan Kegiatan Membaca Sebagai Implikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 282. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/bss.v1i1.201

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&Dbandung. bandung cv alfabet.

Yuliana, R. (2017). PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DALAM TINJAUAN TEORI ARTIKULASI PENYERTA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 346.

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Tannia, W., Humaira, M. A., & Firmansyah, W. (2024). Pengaruh Media Anagram Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri Sirnagalih 02 . Karimah Tauhid, 3(9), 10558–10567. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15403