Pengembangan Poster Berbasis Microlearning sebagai Media Pembelajaran Materi Daur Hidup Makhluk Hidup
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15344Keywords:
Media Poster, Daur Hidup Makhluk Hidup, MicrolearningAbstract
Perubahan kurikulum telah memperkenalkan berbagai istilah baru dalam pendidikan, termasuk Microlearning. Penelitian ini fokus pada penerapan Microlearning dalam materi daur hidup makhluk hidup. Saat ini, pengembangan media poster untuk materi ini masih berbentuk cetak dan belum ada yang berbasis Microlearning. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan media tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menciptakan dan menguji media poster berbasis Microlearning untuk materi daur hidup makhluk hidup di kelas 3 SD. Penelitian ini menggunakan Research And Development (R&D) dengan model ADDIE. Produk media poster diuji oleh seorang ahli materi dan seorang ahli media, penilaian dari ahli materi mendapatkan hasil 91% dan ahli media mendapatkan 87% keduanya termasuk dalam kategori sangat baik. Selain itu, uji kepraktisan dengan 3 guru dan 27 siswa, penilaian dari 3 guru mendapatkan hasil rata-rata 87% dan dari 27 siswa mendapatkan hasil rata-rata 85% keduanya termasuk dalam kategori sangat baik Hasil penelitian menunjukkan bahwa media poster berbasis Microlearning untuk materi daur hidup makhluk hidup yang dikembangkan terbukti valid, mudah digunakan, menarik, dan sangat layak untuk pembelajaran
References
Adilah, G. P., & Rosyida, F. (2024). Pelningkatan Kelmampulan Belrpikir Kritis Gelografi: Modell Pelmbellajaran Belrbasis Masalah Belrbantulan Microlelarning di MAN 1 Malang. Al Qalam: Julrnal Ilmiah Kelagamaan Dan Kelmasyarakatan, 18(1), 466. https://doi.org/10.35931/aq.v18i1.2759
Ayulni, V. S., Mulnandar, H., & Julnita, S. (2020). Pelngelmbangan Meldia Postelr Pellelstarian Makhlulk Hidulp ulntulk Melningkatkan Pelngeltahulan Siswa Kellas IV Selkolah Dasar pada Pelmbellajaran IPA Telma 6 Sulbtelma 3. Julrnal Ilmiah Mahasiswa Pelndidikan, 1(1), 1–14.
Hellmanto, F., & Adri, H. T. (2023). Microlelarning Framelwork in Thelmatic Telaching Baseld on Hy-Flelx Approach at thel Indonelsian Primary School. DIDAKTIKA TAUlHIDI: JUlRNAL PElNDIDIKAN GUlRUl SElKOLAH DASAR, 10(1), 95–107. https://doi.org/10.30997/dt.v10i1.8143
Jamaluldin, J. (2023). Microlelarning ulntulk Pelmbellajaran. Tidar Meldia.
Nulrfadillah, S., Sapultra, T., Farlidya, T., Welllya Pamulngkas, S., Fadhlulrahman Jamirulllah, R., & Mulhammadiyah Tangelrang, Ul. (2021). Pelngelmbangan Meldia Pelmbellajaran Belrbasis Meldia Postelr Pada Matelri “Pelrulbahan Wuljuld Zat Belnda” Kellas V Di Sdn Sarakan Ii Tangelrang. Julrnal Pelndidikan Dan Ilmul Sosial, 3(1), 117–134. https://eljoulrnal.stitpn.ac.id/indelx.php/nulsantara
Pultri, C. F., & Sapultra, El. R. (2022). Pelnggulnaan Meldia Postelr dalam Pelmbellajaran PPKn di Kellas Tinggi. Julrnal Riselt Pelndidikan Dasar (JRPD), 3(2), 127. https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i2.12807
Tultoli, N., Lawielr, M., Helrmawan, S., Elffelndi, R., Dako, R. T., Azmin, G. G., Attas, S. agaomo, Khasanah, V., Rido, M., Kadir, H., Winda Kulsmadanti N. Minti, Divany Nulrcholifah, El. B., Hullopi, N. D., Rasyid, D., Baga, M., Ulsul, N. R., & Mulhamad, F. (2023). Relvitalisasi Pantuln Gorontalo dan Pantuln Nulsantara. INSAN CElNDIKIA MANDIRI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bherta Amelia, Resti Yektyastuti, Anne Effane
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.