Persepsi dan Preferensi Konsumen Terhadap Tanaman Hias Kuping Gajah (Anthurium crystallinum) di Kota Bogor
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15340Keywords:
Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA), Kota Bogor, Kuping Gajah, Tanaman HiasAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen, proses pengambilan keputusan terhadap pembelian tanaman hias Anthurium kuping gajah di Kota Bogor, persepsi dan preferensi konsumen terhadap atribut kualitas tanaman hias Anthurium di Kota Bogor. Lokasi penelitian di tiga toko yaitu Safa floris, Mang Ade Tea Garden dan Bogor Nursery dengan responden 30 orang yang dipilih secara purposif. Proses pengambilan keputusan dan karakter konsumen dianalisis secara deskriptif, preferensi dan persepsi dianalisis menggunakan Importance and Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Karakteristik konsumen mayoritas perempuan (60%), berumur 26 – 35 tahun (46,67%), berpendidikan SMA (46,67%), pekerjaan wiraswasta (36,67%), penghasilan Rp 3.000.000 – 5.000.000/bulan (43,33%), dan Proses pengambilan keputusan menunjukkan alasan pembelian adalah untuk kesan estetetik di rumah (40%), untuk kepuasan pribadi (50%), pembelian di toko terdekat (76,67%), pembelian tidak dipengaruhi siapapun (66,67%) dan bersifat terencana (53,33%), membeli 2 kali dalam setahun (36,67%). Preferensi konsumen terhadap anthurium kuping gajah adalah banyaknya helai yang diinginkan yaitu sedang sampai rimbun (46,67%), berwarna gelap (50,00%), berbentuk hati (53,33%), berukuran sedang (53,33%), pola daun bergaris tulang banyak (66,67%), tekstur daun sedikit kasar (36,67%), tekstur batang lembut (60,00%), keunikan yaitu jenis yang langka (53,33%). Hasil IPA menunjukkan bahwa tidak ada atribut yang perlu untuk ditingkatkan. Atribut yang perlu dipertahankan adalah bentuk, jumlah daun, tekstur batang. Atribut dengan prioritas rendah adalah harga, warna, ukuran tanaman, dan tekstur daun, sementara atribut yang dinilai memiliki kinerja berlebihan yaitu keunikan. Perhitungan CSI menunjukkan Tingkat kepuasan konsumen sebesar 73,65%, atau “puas.”
References
Alwi, I. (2015). Kriteria Empirik dalam Menentukan Ukuran Sampel pada Pengujian Hipotesis Statistika dan Analisis Butir. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2 (2), 140-148.
Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Boyd, et.al. (2000). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Badan Pusat Statistik. (2020). Produksi Tanaman Hias secara Nasional 2020. www.bps.go.id. [3 Maret 2022].
Badan Pusat Statistik. (2018). Produksi Tanaman Tias (Tangkai). bps.go.id. [20 Mei 2022].
Badan Pusat Statistik. (2017). Jumlah Penduduk Kota Bogor. bps.go.id. [20 Mei 2022].
Badan Pusat Statistik Jawa Barat. (2019). Produksi Tanaman Hias Kabupaten/Kota Bogor (tangkai). bps.go.id. [25 Mei 2022].
Badan Pusat Statistik Kota Bogor. 2020. Produksi Tanaman Hias Menurut Jenis. bps.go.id. [25 Mei 2022].
Irawan, H. (2002). Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Irsyad, EP., Yoesdiarti, A dan Miftah, E. (2018). Analisis Persepsi Dan Preferensi Konsumen Terhadap Atribut Kualitas Sayuran Komersial Di Pasar Modern.
Kotler, P dan Gary, A. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi XII.Jakarta : Erlangga.
Novita, I., Megasari, T., Yoesdiarti, A., (2014). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Bauran Pemasaran Bel Mart Bogor. Jurnal Agribisains, 5 (1), 11 – 21.
Purnamasari A, Novita I, dan Yusdiarti A. (2017). Analisis Preferensi Bunga Krisan (Chrysanthemum morifolium r) di Pusat Promosi dan Pemasaran Bunga dan Tanaman Hias. Jurnal AgribiSains 1 (3), 2550 – 1150.
Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Akbar Rafiandi, Arti Yoesdiarti, Ita Novita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.