Analisis Minat Masyarakat Berinvestasi Logam Mulia pada Produk Rahn di Pegadaian Syariah Kota Depok Cabang Margonda

Authors

  • Ikrar Islammi Universitas Djuanda
  • R. Ali Pangestu Universitas Djuanda
  • Wildan Munawar Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15321

Keywords:

Investasi, Logam mulia, Produk rahn, Pegadaian Syariah, Minat masyarakat

Abstract

Dinamika ekonomi yang terus berkembang menuntut masyarakat untuk memiliki visi ke depan dalam mengelola keuangan melalui berbagai strategi investasi. Investasi dalam bentuk logam mulia, khususnya emas, menjadi salah satu pilihan menarik karena stabilitas dan nilai yang cenderung meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat masyarakat dalam berinvestasi logam mulia melalui produk Rahn di Pegadaian Syariah Cabang Margonda Kota Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei terhadap nasabah Pegadaian Syariah Cabang Margonda. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 36 responden dengan menggunakan teknik analisis data Weight Mean Score (WMS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan responden positif terhadap produk Rahn emas sebagai pilihan investasi. Faktor utama yang mempengaruhi keputusan investasi mereka adalah persepsi emas sebagai asset “ Safe Haven” yang menawarkan keamanan finansial dan perlindungan terhadap inflasi serta ketidakstabilan ekonomi. Pengetahuan finansial yang baik dan pendidikan finansial terbukti memainkan peran penting dalam keputusan investasi mereka. Selain itu sebagian responden juga aktif merekomendasikan produk Rahn emas kepada keluarga dan teman dan menunjukan tingkat advokasi yang tinggi dan kepercayaan terhadap nilai investasi emas.

References

Agustina, R. (2020). MINAT MASYARAKAT PADA INVESTASI EMAS DI PENGADAIAN SYARIAH CABANG AHMAD YANI PEKANBARU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH SKRIPSI

Ameliawati, M., & Setiyani, R. (2018). Pengaruh layanan digital terhadap minat investasi tabungan emas di Pegadaian Syariah. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 12(3), 252- 264

Andriani, L. (2017). Pengaruh literasi keuangan syariah terhadap minat investasi mahasiswa. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 8(1), 45-58.

Asmitasari, M. (2020). PENGARUH MINAT NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK GADAI RAHN (STUDI PT PEGADAIAN (PERSERO) CABANG SYARIAH HASANUDDIN GOWA).

Azizah, A. (2018). Analisis sistem dan faktor-faktor yang memengaruhi preferensi nasabah terhadap rahn di pegadaian syariah (kasus PT. Pegadaian Syariah Cabang Cinere). Jurnal Manajemen dan Organisasi, 12(3), 252-264

Creswell, J. W., & Creswell, D. J. (2021). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.

Dr. M. Quraish Shihab. (2017). Tafsir Al-Mishbah : Pesan, kesan dan keserasian. Tanggerang: Lentera Hati.

Elif Pardiansyah. (2017). Prinsip Investasi. Invesment Activities In Islamic Economic Perperstive, 08-09

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education, Inc.

Mulyani, S., et al. (2021). Consumer Behavior in Islamic Perspective. Journal of

Islamic Marketing.

Ningrum, A. S. (2020). Pengaruh lokasi, pelayanan, promosi, aspek syariah, dan biaya transaksi terhadap minat masyarakat dalam bertransaksi di pegadaian syariah (Studi Empiris di Pegadaian Syariah DIY). Jurnal Manajemen dan Organisasi, 12(3), 252-264

Nuryani, N., & Surya, F. (2018). Dasar-Dasar Investasi: Pendekatan Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit Graha Ilmu

Putra, M. D., Ningsih, G. R., & Amelia, F. (2021). Analisis Minat Masyarakat Menabung Emas Pada Unit Pegadaian Syariah Selayo Solok. Islamic Banking and Finance,

Putra, T. W. (2018). Investasi Dalam Ekonomi Islam. Ulumul Syar’i, 7

Rahardyan, A., & Nur Alfi, A. (2021). Transformasi Digital dan Keamanan Investasi di Pegadaian Syariah. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 12(3), 252-264.

Rotinsulu, R. Y., Mangantar, M., & Untu, V. N. (2021). UJI KAUSALITAS BEBERAPA INDEKS SAHAM GLOBAL, HARGA EMAS DAN MINYAK MENTAH DUNIA TERHADAP KINERJA INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) PERIODE 2016-2020. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 1611–1619

Soimah, I. F. A. D. (2023). MASLAHAH MURSALAH ( Studi BMT NU Jawa Timur Cabang Jenggawah Jember ) SKRIPSI MASLAHAH MURSALAH ( Studi BMT NU Jawa Timur Cabang Jenggawah Jember ) SKRIPSI.

Sukmaningati, V. (2021). Analisis Minat Masyarakat Terhadap Investasi Logam Mulia di Pegadaian Syariah UPS Ronggolawe Kota Kudus.

Susanti, N. H., & Lestari, W. A. (2021). Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Minat Investasi Generasi Z di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 12(3), 252-264

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (26th ed.). Alfabeta Bandung.

Surepno (2018). Studi Implementasi Akad Rahn (Gadai Syariah) Pada Lembaga Keuangan Syariah. Tawazun: Journal of Sharia Economic Law, vol. 1, No. 2

Tahalua, I. (2021). Prosedur Pemberian Kredit Mikro (Kreasi) Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Pelita Makassar. Ilmu Manajemen, 5.

https//pegadaiansyariah.co.id dan jabar.bps.go.id ( Akses 10 Juli 2022)

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Islammi, I., Pangestu, R. A., & Munawar, W. (2024). Analisis Minat Masyarakat Berinvestasi Logam Mulia pada Produk Rahn di Pegadaian Syariah Kota Depok Cabang Margonda. Karimah Tauhid, 3(9), 10392–10407. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15321