Implementasi Outing Class sebagai Sarana Pengembangan Kemampuan Interaksi Sosial pada Siswa Autis di Sekolah Dasar

Authors

  • Arini Fauziatul Husna Universitas Djuanda
  • La Ode Amril Universitas Djuanda
  • Novi Maryani Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15302

Keywords:

Interaksi Sosial, Outing Class, Siswa Autis

Abstract

Pendidikan di Indonesia memiliki kebijakan yang berbasis budaya nasional, berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945  Republik    Indonesia, dan   upaya  mencerdaskan kehidupan  rakyat,  dengan  tujuan  membentuk  sistem nasional dan mewujudkan tujuan pendidikan  nasional. Di dalam Undang-undang dasar 1945 Pasal 31 ayat 1 menyatakan bahwa "Setiap warga negara memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan" tak terkecuali pada anak berkebutuhan khusus. Autisme merupakan salah satu macam gangguan yang dialami oleh anak berkebutuhan khusus, Autisme adalah  gangguan perkembangan pada anak yang gejalanya timbul sebelum anak itu mencapai usia tiga tahun yang mempengaruhi fungsi otak sehingga anak tidak mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan dunia luar secara efektif. Maka, dibutuhkan sebuah metode belajar yang dapat menujang peningkatan interaksi sosial siswa Autis. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan hasil evaluasi implementasi Outing Class sebagai sarana pengembangan kemampuan interaksi sosial siswa Autis di SDN Batu Tulis 02 dengan sub focus penelitian terhadap perencanaan, proses dan hasil pelaksanaan serta perbandingan hasil evaluasi sekolah lain sesuai dengan standar pelaksanaan Outing Class untuk siswa Autis.”

References

Amral, S.Pd., M.Pd., & Asmar, S.Pd.,M.Pd. (2020). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Guepedia.

Amril, L. O. (2022). PENGEMBANGAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING BERBASIS CONCRETE-PICTORIAL-ABSTRACT (EL-CPA) UNTUK PENGUASAAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN SIKAP MATEMATIKA SISWA TUNA RUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) . repository.upi.edu, 1.

Ardy, W. N. (2015). Pendidikan Karakter dan Kepramukaan. Yogyakarta: PT. Citra aji Parama.

Arkiyah., N. (2017). Outing Class: kolaborasi guru dan pustkawan dalam menumbuhkan kreatifitas peserta didik. prosiding, Semi Loka Nasional Inovasi Perpustakaan, 145.

Damri. (2018). MENGURANGI PERILAKU STEREOTYPE MENJILAT TANGAN PADA SISWA Autis MELALUI TEKNIK AVERSI. Jurnal Pendidikan kebutuhan Khusus.

Darma, A., Nababan, S. A., & Alkhairi, F. (2022). Penerapan Outing Class Pada Pembelajaran Sejarah Di Madrasah Aliyah Tahfizhil Qur'an. Keguruan: jurnal Penelitian, Pemikiran dan Pengabdian, 1.

Depdikbud. (2005). kamus Besar Bahasa Indonesia . Jakarta: Balai Pustaka.

Erlina, & Adri, H. T. (2022). Perspektif Mahasiwa Pada Matakuliah Pendidikan Kepramukaan pada program studi PGSD Universitas Djuanda. Journal Of Education Research.

Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. (2019). INTERAKSI SOSIAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan.

Faizal, A. a. (2022). Implementasi Metode Outing Class terhadap Pendidikan Konservasi, Perubahan Iklim dan Mitigasi Lingkungan. Procceding Biology Education Conference, 112.

Faizal, A., Wahyurianto, R., Ali, Z., AL, M. f., & Nurcahayani, I. (2022). Implementasi Metode Outing Class terhadap Pendidikan Konservasi, Perubahan Iklim dan Mitigasi Lingkungan. Proceeding Biology education Conference, 112.

Fakhrurrazi. (2018). HAKIKAT PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF. journal.iainlangsa.ac.id.

Farichah, S. (2020). Bentuk-Bentuk interaksi siosial asosiatif anak asuh di Panti Asuhan Nurul Izah Kota malang. Malang: etheses.uin-malang.ac.id.

Gangsar Ali Daroni, G. s. (2018). Manajemen Pendidikan Khusus di SLB untuk anak Autis. Jurnal Manajemen Pendidikan.

Husamah. (2013). Pembelajaran Luar Kelas (Outdor Learning). Jakarta: Pustaka Karya .

Interaksi sosial: Pengertian dan contohnya. (2017, Desember). Retrieved from sosiologis.com: http://sosiologis.com/interaksi-sosial

Jannah, D. R. (2017). TERAPI BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI PADA ANAK Autis DI SD AL-FIRDAUS SURAKARTA.

Kamila, A., & Hidayaturrochman, R. (2022). Peran guru dalam mengembangkan psikomotorik anak usia dini melalui media pembelajaran Outing Class. Psychomedia: Jurnal Psikologi, 4.

Kesuma, S., & Tampilen. (2022). ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN Outing Class PADA MATA PELAJRAN PKN DI SMA PLUS AL-AZHAR MEDAN. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, sejarah dan ilmu-lmu Sosial, 425.

mailani, E. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN MELALUI PERMAINAN MONOPOLI PECAHAN. Jurnal Handayani PGSD FIP Unimed, 1.

Majid, A. (2013). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. PT Remaja Rosdakarya.

Maryani, N. (2019). PELAKSANAAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR . Didaktika Tauhidi, 143.

Mustagfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar”Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 142.

Nainggolan, V., Rononuwu, S. A., & Waleleng, G. J. (2018). PERANAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM INTERAKSI SOSIAL ANTAR MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNSRAT MANADO. ejournal.unsrat.ac.id.

Nasiha, M., Meliza, J., Dwiyani, A., Dewi, R. V., & Sari, S. (n.d.). KONDISI DAN KARAKTERISTIK ANAK Autisme DI DESA PEMATANG JOHAR. semnas.univbinainsan.ac.id.

Novianti, A. (2015). PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG ANAK Autis TERHADAP SIFAT EMPATI MEREKA. Didaktika Tauhidi, 92.

Nugroho, A. S., & Wahyuningsih, A. (2021). Outing Class Menjadikan Pembelajaran Humanis. Seminar Nasional Kependidikan (SNK), (pp. 116-121).

Nurfadhillah, S., Syariah, E. N., M. M., Nurkamilah, S., Anggestin, T., Manjaya, R. A., & Nasrullah. (2021). ANALISIS KARAKTERISTIK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS Autisme DI SEKOLAH INKLUSI SDN CIPONDOH 3 KOTA. BINTANG:Jurnal pendidikan dan Sains.

Rahmatunnisa, S., & Herviana, F. (2021). Hubungan Antara Kegiatan Outing Class Dengan Kemampuan Kognitif materi Mahluk Hidup di Sekolah Ramah Anak. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan dasar, 12.

Rahmawati, R. L. (2020). Strategi pembelajaran Outing Class untuk melatih gerak motorik dan kecerdasan anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini , 9.

Ratnawati, D. (2018). IMPLEMENTASI KEGIATAN Outing Class SEBAGAI SARANA INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA INKLUSI DI SD AL-FIRDAUS SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. eprints.ums, 5.

sosiologis.com. (2017, Desember). Retrieved from http://sosiologis.com/interaksi-sosial

Suarga. (2019). Hakikat, Tujuan dan Fungsi Evaluasi dalam Pengembangan Pembelajaran .

Sugiyono. (2019). Metode penelitian Kualitatif, kuantitatif, RnD. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, RnD. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Ulva, M. &. (2021). Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) di Sekolah Inklusi. Journal On Teacher Education.

Widiasworo, E. (2017). Strategi dan Metode mengajar siswa di Luar Kelas Outdoor Learning. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Zaiful Rosyid, d. (2019). Outdoor Learning belajar di Luar kelas . Malang: Literasi Nusantara.

Downloads

Published

2024-09-13

How to Cite

Husna, A. F., Amril, L. O., & Maryani, N. (2024). Implementasi Outing Class sebagai Sarana Pengembangan Kemampuan Interaksi Sosial pada Siswa Autis di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(9), 10657–10675. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15302