Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Media Canva Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V di SDN Cibedug 01

Authors

  • Novi Nurkomala Universitas Djuanda
  • Teguh Prasetyo Universitas Djuanda
  • Irman Suherman Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15297

Keywords:

Project Based Learning, Media Pembelajaran, Aplikasi Canva, Hasil Belajar, IPAS

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai dampak penggunaan model pembelajaran berbasis proyek dengan menggunakan media Canva terhadap hasil belajar siswa dalam mapel IPAS kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah quasi experimen (eksperimen semu). Seluruh peserta didik kelas V di SDN Cibedug 01 menjadi populasi yang diteliti. Penentuan sampel dilakukan berdasarkan tujuan tertentu atau dengan menggunakan purposive sampling berdasarkan pertimbangan khusus dalam penentuannya. Kelas 5A dan kelas 5B dijadikan sampel yang diteliti, terbagi menjadi dua kelompok belajar, masing-masing kelompok belajar ialah kelas 5A sebagai kelompok dengan perlakuan biasa dan kelas 5B sebagai kelompok dengan perlakuan khusus. Penelitian ini menemukan adanya peningkatan hasil belajar IPAS yang signifikan. Pada kelas eksperimen pencapaian nilai rata-rata posttest mencapai 85 dengan peningkatan sebesar 25,62 dari nilai pretest yang sebesar 59,38, dan pada kelas kontrol rata-rata nilai pencapaian posttest sebesar 55,53 hanya meningkat sebesar 9,18 dari nilai rata-rata pretest yang sebesar 55,53. Berdasarkan hasil uji t menunjukan nilai sig sebesar 0,000. Nilai ini lebih rendah dari α = 0,05 yang artinya antara hasil belajar pada kelompok dengan perlakuan biasa (kontrol) dan kelompok dengan perlakuan khusus (eksperimen) terdapat perbedaan yang signifikan. Kesimpulan penelitian ini adalah ditemukan adanya dampak penerapan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dengan Canva sebagai media dalam upaya meningkatkan prestasi belajar IPAS siswa kelas V di SDN Cibedug 01.

References

Rohmawati, L. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Edukasi, 8(1), 9–14.

Wahyuni, P., Amaliyah, N., & Irdalisa. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Pjbl Berbantuan “ Canva ” Terhadap Motivasi Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Materi Ipa (Pelestarian Tumbuhan Dan Hewan). DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 4(3), 167–178.

Rizanta, G. A., & Arsanti, M. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Masa Kini. Prosiding Seminar Nasional Daring, 2, 560–568. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1381

Wulandari, Suprayekti, & Retno Widyaningrum. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhdap Hasil Belajar Tematik Kelas Iv. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 3(1), 45–52. https://doi.org/10.21009/jpi.031.06

Pratama, Rifqi, Mashudi Alamsyah, Martua Ferry Siburian, Giry Marhento, and Jupriadi Jupriadi. 2023. “Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran IPA Di Madrasah Aliyah.” EduBiologia: Biological Science and Education Journal 3(1):40. doi: 10.30998/edubiologia.v3i1.16070.

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Nurkomala, N., Prasetyo, T., & Suherman, I. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Media Canva Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V di SDN Cibedug 01. Karimah Tauhid, 3(9), 10386–10391. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15297