Implementasi Etika Administrasi di SMK Amaliah Bogor (Teori Edward III)
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15252Keywords:
Administrasi, Etika, ImplementasiAbstract
Implementasi etika administrasi di sekolah merupakan aspek krusial dalam memastikan pengelolaan pendidikan yang efektif dan bermoral. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana implementasi etika administrasi yang dilakukan di SMK Amaliah Bogor. Melalui survei yang melibatkan sebanyak 6 informan yang terdiri dari 2 informan kunci (Waka Kurikulum), 2 informan utama (Guru) dan 2 informan tambahan (Peserta Didik). Penelitian ini di lakukan di SMK Amaliah Ciawi. Dengan menggunakan pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dengan informan serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi etika administrasi di SMK Amaliah bogor sudah berjalan dengan baik. Staff tenaga kependidikan dapat memberikan pelayanan yang baik dengan memberikan informasi secara jelas dan transparan kepada peserta didik maupun orang tua. Adapun penerapan etika secara sikap diterapkan kepada peserta didik salah satunya dengan membiasakan 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun). Budaya tersebut bukan hanya dilakukan oleh peserta didik namun dilaksanakan namun dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah seperti Tenaga Pendidik dan Kependidikan. Pihak sekolah pun mampu melayani keluhan dan keinginan konsumen mengenai pelayanan akademik, ditambah dengan fasilitas yang disediakan menjadikan pelayanan administrasi lebih maksimal.
References
Nuraini, S. (2020). Penerapan etika administrasi publik sebagai upaya dalam mewujudkan good governance. Jurnal ilmiah magister ilmu administrasi, 14(1).
Azhar, A. (2024). Implementasi Etika Administrasi Publik: Langkah Utama dalam Menciptakan Good Governance di Indonesia. Jurnal Pemerintahan dan Politik, 9(3), 189-197.
Rokhman, B., Kurniasih, D., & Tobirin, T. (2023). Implementasi Etika Administrasi Publik Dalam Pencapaian Good Goverence di Indonesia. Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi dan kewirausahaan, 14(7), 915-924.
Dahlani, A., & Widianto, E. (2024). PERAN ETIKA ADMINISTRASI DALAM MEMBANGUN TATA KELOLA ORGANISASI YANG BERKUALITAS. Birokrasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 1(01), 13-16.
Prabandari, A. S. (2020). Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 68-71.
Irawan, B., & Berlian, Z. (2020). Implementasi Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah di Palembang. Studia Manageria, 2(2), 149-164.
Situmeang, M., Sos, S., & Tampubolon, K. (2020, November). Pengaruh Etika Administrasi Terhadap Pelayanan Aparat Desa Pada Kantor Desa Sei Rotan Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian (Vol. 3, No. 1, pp. 99-107).
Nuraini, S. (2020). Penerapan etika administrasi publik sebagai upaya dalam mewujudkan good governance. Jurnal ilmiah magister ilmu administrasi, 14(1).
Areros, W. A. (2015). Pengaruh Etika Administrasi Terhadap Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia Pegawai Negeri Sipil (Pada Kantor Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondouw Selatan). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(3).
Situmeang, M. (2020). Pengaruh Etika Administrasi Terhadap Pelayanan Aparat Desa Pada Kantor Desa Sei Rotan Kecamatan Percut Sei Tuan. Publikauma: Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 8(2), 131-136.
Syahrudin, D., Rahmawati, R., & Luthfie, M. (2022). POTENSI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA SAAT PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA. ADMINISTRATIE Jurnal Administrasi Publik, 5(1), 1-10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Nabilah, Siti Murti Dewi, Muhammad Husein Maruapey, Dede Syahrudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.