Implementasi Etika Administrasi di SMK Amaliah Bogor (Teori Edward III)

Authors

  • Siti Nabilah Universitas Djuanda
  • Siti Murti Dewi Universitas Djuanda
  • Muhammad Husein Maruapey Universitas Djuanda
  • Dede Syahrudin Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15252

Keywords:

Administrasi, Etika, Implementasi

Abstract

Implementasi etika administrasi di sekolah merupakan aspek krusial dalam memastikan pengelolaan pendidikan yang efektif dan bermoral. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana implementasi etika administrasi yang dilakukan di SMK Amaliah Bogor. Melalui survei yang melibatkan sebanyak 6 informan yang terdiri dari 2 informan kunci (Waka Kurikulum), 2 informan utama (Guru) dan 2 informan tambahan (Peserta Didik). Penelitian ini di lakukan di SMK Amaliah Ciawi. Dengan menggunakan pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dengan informan serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi etika administrasi di SMK Amaliah bogor sudah berjalan dengan baik. Staff tenaga kependidikan dapat memberikan pelayanan yang baik dengan memberikan informasi secara jelas dan transparan kepada peserta didik maupun orang tua. Adapun penerapan etika secara sikap diterapkan kepada peserta didik salah satunya dengan membiasakan 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun). Budaya tersebut bukan hanya dilakukan oleh peserta didik namun dilaksanakan namun dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah seperti Tenaga Pendidik dan Kependidikan. Pihak sekolah pun mampu melayani keluhan dan keinginan konsumen mengenai pelayanan akademik, ditambah dengan fasilitas yang disediakan  menjadikan pelayanan administrasi lebih maksimal.

References

Nuraini, S. (2020). Penerapan etika administrasi publik sebagai upaya dalam mewujudkan good governance. Jurnal ilmiah magister ilmu administrasi, 14(1).

Azhar, A. (2024). Implementasi Etika Administrasi Publik: Langkah Utama dalam Menciptakan Good Governance di Indonesia. Jurnal Pemerintahan dan Politik, 9(3), 189-197.

Rokhman, B., Kurniasih, D., & Tobirin, T. (2023). Implementasi Etika Administrasi Publik Dalam Pencapaian Good Goverence di Indonesia. Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi dan kewirausahaan, 14(7), 915-924.

Dahlani, A., & Widianto, E. (2024). PERAN ETIKA ADMINISTRASI DALAM MEMBANGUN TATA KELOLA ORGANISASI YANG BERKUALITAS. Birokrasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 1(01), 13-16.

Prabandari, A. S. (2020). Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 68-71.

Irawan, B., & Berlian, Z. (2020). Implementasi Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah di Palembang. Studia Manageria, 2(2), 149-164.

Situmeang, M., Sos, S., & Tampubolon, K. (2020, November). Pengaruh Etika Administrasi Terhadap Pelayanan Aparat Desa Pada Kantor Desa Sei Rotan Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian (Vol. 3, No. 1, pp. 99-107).

Nuraini, S. (2020). Penerapan etika administrasi publik sebagai upaya dalam mewujudkan good governance. Jurnal ilmiah magister ilmu administrasi, 14(1).

Areros, W. A. (2015). Pengaruh Etika Administrasi Terhadap Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia Pegawai Negeri Sipil (Pada Kantor Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondouw Selatan). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(3).

Situmeang, M. (2020). Pengaruh Etika Administrasi Terhadap Pelayanan Aparat Desa Pada Kantor Desa Sei Rotan Kecamatan Percut Sei Tuan. Publikauma: Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 8(2), 131-136.

Syahrudin, D., Rahmawati, R., & Luthfie, M. (2022). POTENSI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA SAAT PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA. ADMINISTRATIE Jurnal Administrasi Publik, 5(1), 1-10.

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Nabilah, S., Dewi, S. M., Maruapey, M. H., & Syahrudin, D. (2024). Implementasi Etika Administrasi di SMK Amaliah Bogor (Teori Edward III). Karimah Tauhid, 3(9), 10464–10470. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15252

Most read articles by the same author(s)