Pengaruh Model Cooperative Learning Type Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Authors

  • Sri Damayanti Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15241

Keywords:

Model Pembelajaran Cooperative Learning, Team Games Tournament, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Pembelajaran bahasa indonesia merupakan pembelajaran yang umum dan dipelajari oleh anak bangsa pada setiap tingkat sekolah umum. Namun dengan adanya perkembangan teknologi semakin berkembang berpengaruh terhadap kemampuan berkominikasi anak terutama pada anak usia dini sekolah dasar. Karena hal tersebut peneliti mencoba melakukan sebuah penelitian penerapan model model cooperative learning type team games tournament (TGT) yang berbantu media wordwall apakah berpengaruh terhadap hasi belajar Bahasa Indonesia siswa. Penelitian ini diuji cobakan kepada kelas V MI Mathlaul Anwar Cibitung Tengah. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, dan pemberian soal pretest serta posttest. Sampel penelitian ini berjumlah 61 siswa terbagi dalam kelas 5B adalah kelas kontrol dan kelas 5A adalah kelas eksperimen. Peneliti menganalisis data menggunakan uji validasi dengan rumus product moment dan uji relialibilitas dengan alpha Cronbach. Hasil uji t hipotesis yang dilakukan mendapatkan hasil sebesar 4.286 lebih besar dari 1.671, yang berarti adanya pengaruh dari model cooperative learning type team games tournament (TGT) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas V MI Mathlaul Anwar Cibitung Tengah Bogor.

References

Azka Hanifa, M., & Adi Budiman, I. (2023). EFEKTIVITAS MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

MATEMATIS. Buletin Ilmiah Pendidikan, 2(1), 117–120. https://doi.org/10.56916/bip.v2i1.444

Muslim, M. (2019). Pengaruh Metode Mind Mapping Bersetting Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(1), 318. https://doi.org/10.58258/jime.v5i1.697

Rahmi, D., & Nurdiana, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Modifikasi Metode Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2).

Shofiya Launin, Wahyu Nugroho, & Angga Setiawan. (2022). Pengaruh Media Game Online Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 216–223. https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.176

Utami, N. P., & Yanti, P. G. (2022). Pengaruh Program Literasi terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8388–8394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3825

Yasinta Asya Sya’bani, Sukidin, & Tiara. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT)Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa. Education Journal, 8(2), 63–74.

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Damayanti, S. (2024). Pengaruh Model Cooperative Learning Type Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Karimah Tauhid, 3(9), 9950–9954. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15241