Komunikasi Guru dan Anak Didik di Yayasan Rumah Belajar Ceria Kota Bogor

Authors

  • Panji Ivna Saepullah Universitas Djuanda
  • Ali Alamsyah Kusumadinata Universitas Djuanda
  • Sukarelawati Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15225

Keywords:

Interpersonal, Kemandirian anak, Komunikasi, Pendidiakn

Abstract

Perbedaan karakter anak mempengaruhi pola asuh dan pendidikan, serta tantangan dalam komunikasi interpersonal untuk membangun kemandirian anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana komunikasi interpersonal antara guru dan anak didik di Yayasan Rumah Belajar Ceria memengaruhi kemandirian anak dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan analitis, melibatkan studi kasus, observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Teknik triangulasi diterapkan untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi terbuka, empati, dukungan, sikap positif, dan kesetaraan antara guru dan anak didik berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan kepercayaan diri, keaktifan, kedisiplinan, dan tanggung jawab anak. Meskipun demikian, terdapat kebutuhan untuk memperbaiki kejelasan penyampaian informasi oleh beberapa guru. Kesimpulannya, komunikasi non-formal yang dilakukan secara pribadi dan terbuka terbukti mendukung perkembangan kemandirian anak dengan baik. Disarankan agar evaluasi komunikasi dan peraturan dilakukan secara berkala, melibatkan anak dalam pembuatan peraturan, dan mengadakan kegiatan yang dapat meningkatkan kemandirian serta kreativitas anak. Perbaikan dalam cara komunikasi guru dan penekanan pada kreativitas mengajar diharapkan dapat lebih meningkatkan semangat belajar anak didik.

References

Amelia. (2022). Pola komunikasi interpersonal jarak jauh antara orang tua dan anak dalam menjaga hubungan yang harmonis. . Jurnal Pendidikan, 2(1), 183-202. Tersedia pada https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jcs/.

Arliman, S. L., Arif, E., & Sarmiati, S. (2022). Pendidikan Karakter Untuk Mengatasi Degradasi Moral Komunikasi Keluarga. . Ensiklopedia of Journal, 4(2), 143–149. https://doi.org/10.33559/eoj.v4i2.1056.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and Development, 8(2).

Debby, S. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung : Pradina Pustaka.

DeVito, J. A. (2013). The interpersonal communication book. UK: Pearson Higher Ed.

Hamandia, M. R. (2020). Kemampuan Komunikasi Interpersonal Dosen Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Publisitas, 6(2), 113–123.

Mawardani, S. (2021). Praktis penelitian kualitatif teori dasar dan analisis data dalam perspektif kualitatif. Yogyakarta: Budi Utama.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.

Mulyadi, M., & Syahid, A. (2020). Faktor Pembentuk dari Kemandirian Belajar Siswa. . Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 197–214. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.246.

Rianto, P. (2020). Metode penelitian kualitatif. Yogyakarta: Komunikasi UII.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Thobroni, M. (2016). Belajar & Pembelajaran : Teori Dan Praktik. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Tubbs, S. L., & Moss, S. (2022). Human communication: Principles and context. US: McGraw-Hill Education.

Umrati, H. W. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. . Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Utami, S. D., & Habiby, W. N. (2024). Implementasi Pembelajaran Life Skill Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta. Journal of Elementary Education, 8(1), 1–15.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.

Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(2), , 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641.

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Saepullah, P. I., Kusumadinata, A. A., & Sukarelawati. (2024). Komunikasi Guru dan Anak Didik di Yayasan Rumah Belajar Ceria Kota Bogor. Karimah Tauhid, 3(9), 10205–10216. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15225

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>