Pengaruh Pengetahuan dan Kemampuan Wirausaha Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Menenngah (UMKM) pada Sentra Oleh-Oleh Puncak Cisarua Bogor

Authors

  • Mulyadi Universitas Djuanda
  • Sri Harini Universitas Djuanda
  • Erni Yuningsih Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15219

Keywords:

Pengetahuan, Kemampuan Wirausaha, Kinerja UMKM

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan mempengaruhi kinerja UMKM di Pusat Oleh-Oleh Puncak Cisarua Bogor. Objek pemeriksaan ini adalah pelaku usaha UMKM. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 44 pelaku usaha. Metode sensus, sampling jenuh atau keseluruhan populasi dijadikan sampel penelitian sebanyak 44 pelaku usaha. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier berganda, analisis korelasi berganda, dan verifikasi deskriptif koefisien determinasi (R2). Koefisien determinasi (R2) kemudian dievaluasi dengan menggunakan uji F dan uji t. Mengembangkan metode analisis data menggunakan SPSS 16.0 for Windows. Seluruh pernyataan dinyatakan valid dan reliabel berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas. Koefisien determinasi (R2) menunjukkan nilai sebesar 67,9 persen yang menunjukkan bahwa keterampilan dan pengetahuan kewirausahaan mempunyai pengaruh terhadap kinerja UMKM, sedangkan variabel lain mempunyai pengaruh sebesar 32,1%. Pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM secara simultan. Selain itu, kinerja UMKM dipengaruhi sebagian dan signifikan oleh keterampilan dan pengetahuan kewirausahaan.

References

Apriliani, O. D., & AJ, R. EP, Suparwono., dan M. Trihudiyatmanto.(2016a).“. Pengaruh Kompetensi Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha”. Journal of Economic, Management, Accounting, and Technology. Vol, 11, 1-23.

Ardiana, I. D. K. ., Brahmayanti, I. ., & Subaedi. (2010). Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 12(1), pp.42-55. https://doi.org/10.9744/jmk.12.1.pp. 42-55

Irawan, A., & Mulyadi, H. (2016). Pengaruh Keterampilan Wirausaha Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus pada Distro Anggota Kreative Independent Clothing Kommunity USAHA di Kota Bandung). Journal of Business Management Education (JBME), 1(1), 216–226. https://doi.org/10.17509/jbme.v1i1.2290

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suata Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Asmie, P. (2008). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pendapatan pedagang pasar tradisional di Kota Yogyakarta. Jurnal NeO-Bis, 2(2), 197-210.

Dharmawati, M. (2017) Kewirausahaan. 1st edn. Depok: Rajawali Pers.

Farlen, F. (2011). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kemampuan Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada karyawan PT. United Tractors, Tbk Samarinda) (Doctoral dissertation, UPN" VETERAN" YOGYAKARTA).

Gemina, D., & Harini, S. (2021). Keberhasilan Usaha Industri Mikro Kecil Menengah Makanan Ringan di Priangan Barat Pendekatan Lingkungan Usaha, Manajemen Usaha, Kreativitas, dan Inovasi. Jurnal Operations Excellence: Journal of Applied Industrial Engineering, 13(1), 99–110. https://doi.org/10.22441/oe.2021.v13.i1.008

Harini, S. (2012). Pengaruh Pelatihan Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Manajemen Produ si dan Kewirausahaan Terhadap Kinerja UKM. In Proceeding Seminar Nasional Forum Bisnis dan Keuangan.

Harini, S. (2014). Pengaruh Pelatihan Entrepreneurship dan manajemen usaha terhadap pendapatan Usaha Mikro makanan dan minuman. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship, 3(1, 2), 73-80.

Harini, S., Silaningsih, E., & Putri, M. E. (2022). Pengaruh orientasi pasar, kreativitas dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran UMKM. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 6(1), 67-82.

Harini, S., Sudarijati, S., & Ashari, I. M. (2016). Pengaruh Keterlibatan Stakeholders Terhadap Kinerja Umkm. Jurnal Sosial Humaniora, 7(1).

Nurbaya, S., & Moerdiyanto, D. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan berwirausaha siswa kelas XII SMKN Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan. Universitas Negeri Yogyakarta: Tesis Magister Tidak Diterbitkan.

Ramadoni, Q. A., & Silaningsih, E. (2017). Strategi Keberhasilan Usaha Dengan Pendekatan Motivasi Usaha Serta Kemampuanusaha Pada Industri Mikro, Kecil Dan Menengah (Imkm) Makanan Ringan Di Kota Serang. Jurnal Visionida, 3(1), 20-33.

Riyanti (2003) Kewirausahaan dari sudut pandang psikologi kepribadian. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono (2016) Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharyadi et al. (2007) Kewirausahaan: Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Salemba Empat. Jakarta.

Supriyadi and Hidayatulloh, A. (2019) ‘Determinan Kinerja Usaha Kecil Dan Menengah Ikan Asin Di Desa’, Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 4(September). Available at: https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i3.290.

Suryana, Y. and Bayu, K. (2012) Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana. Available at: https://books.google.co.id/books?id=zKRPDwAAQBAJ.

Ulya, Zikriatul. 2019. “Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam 4 (2): 114–25. https://doi.org/10.32505/v4i2.1254.

Utami, E.N. and Mulyaningsih, D.H. (2017) ‘PENGARUH KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA UMKM (Studi pada UMKM peserta program PUSPA 2016 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia)’, e-Proceeding of Management, 4(1), pp. 642–651.

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Mulyadi, Harini, S., & Yuningsih, E. (2024). Pengaruh Pengetahuan dan Kemampuan Wirausaha Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Menenngah (UMKM) pada Sentra Oleh-Oleh Puncak Cisarua Bogor. Karimah Tauhid, 3(9), 9592–9606. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15219

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>