Pemilihan Infografis pada Desain Layout Cover Koran Harian Metropolitan

Authors

  • Ahmad Jiddan Universitas Djuanda
  • Agustini Universitas Djuanda
  • Undang Suryatna Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15206

Keywords:

Infografis, layout, cover koran

Abstract

Desain koran menunjukan karakter, kesan dan khasnya masing – masing bagi Perusahaan media cetak, juga dijadikan alat untuk berkomunikasi. Koran sangat membutuhkan perancangan untuk pengutaraan tampilan yang tujuannya adalah menjadi perhatian, dan menciptakan pesan, sehingga jika seseorang melihat sekejap akan mempunyai ketertarikan membaca. Persis dengan Koran Harian Metropolitan yang ada di Kota Bogor yang memiliki personalitas baik itu dalam konten berita maupun tampilan di halaman cover (depan).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemilihan infografis yang digunakan cover koran Harian Metropolitan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang berdasarkanpada filsafat postpositivisme, dengan Teknik pengumpulan data yang dilakukan secara trianggulasi (gabungan).

Hasil penelitian menunjukan bahwa pemilihan infografis merupakan pesan komunikasi visual pada cover koran Harian Metropolitan bisa mempengaruhi daya tarik

 

untuk pembaca. Infografis pada cover koran Harian Metropolitan terdapat pada proses pembuatan layout cover koran yang memiliki elemen-elemen komunikasi visual.

Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa infografis desain Layout Koran Harian Metropolitan masih menimbulkan daya tarik bagi masyarakat. Pada era serba digital saat ini, banyak media yang memanfaatkan kemajuan teknologi dengan melakukan proses pemberitaan, yang tidak lagi menggunakan media cetak. Terdapatnya cara pandang seperti itu dilandasi atas teknologi yang semakin berkembang pesat.

References

Buku:

Liliweri, A. (2018). Prasangka, konflik, dan komunikasi antarbudaya. Prenada Media. Martha, E., & Kresno, S. (2016). Metodologi penelitian kualitatif.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. literasi media publishing. WAHYUNINGSIH, S., & Sos, S. (2022). KOMUNIKASI VISUAL.

Jurnal:

Febi, P. (2021). Peran komunikasi visual pada sosial media bisnis pangan dan kuliner di tengah pandemi covid 19. Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain, 24(2), 123-128.

Hartanto, D. D. (2001). Penggunaan Ilustrasi sebagai daya tarik pada iklan media cetak. Nirmana, 3(1).

Jumroni, D. (2011). KEBIJAKAN REDAKSIONAL SURAT KABAR MEDIA INDONESIA DALAM PENULISAN EDITORIAL.

Listya, A. (2019). Konsep dan pengunaan warna dalam infografis. Jurnal Desain, 6(01), 10-19.

Morissan, M. (2017). The influence of politicians on television content in post-authoritarian indonesia. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 20(3), 204-220.

Nurhadi, Z. F., & Kurniawan, A. W. (2018). Kajian tentang efektivitas pesan dalam komunikasi. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 3(1), 90- 95.

Purwati, E. D., Utami, T., & Arifianto, P. F. (2023). ANALISIS VISUAL DESAIN POSTER FILM SQUID GAME 2021.

Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode penelitian komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel pada jurnal internasional).

Sukirno, Z. L. (2020). Etika komunikasi visual influencer pariwisata. Journal of Tourism and Creativity, 4(2), 127-138.

Skripsi:

Muslim, M. (2018). Varian-Varian Paradigma, Pendekatan, Metode, Dan Jenis Penelitian Dalam Ilmu Komunikasi. Media Bahasa, Sastra, Dan Budaya Wahana, 1(10).

Rahmatika, D. (2021). Makna Cover Majalah Tempo “Untung-Buntung Pandemi” Edisi 7-13 September 2020. Skripsi: Universitas Semarang.

Ratnawati, M. (2020). ANALISIS LAYOUT DESAIN POSTER SOLO INTERNATIONAL

PERFORMING ARTS (SIPA) TAHUN 2009-2018 (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta).

TAURAT, N. (2007). DAYA TARIK UNSUR VISUAL KEMASAN PERDANA ESIA DENGAN

MINAT BELI KONSUMEN (Survey Warga RW 05 Kompleks Taman Alfa Indah 31 Mei 2007 sampai dengan 4 Juni 2007) (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta).

Zahar, I. (2020). Penerapan Model Desain Lima Langkah dalam Tugas Akhir Desain Komunikasi Visual: Evaluasi Kritis. Jurnal VISUAL, 15(2).

Downloads

Published

2024-09-13

How to Cite

Jiddan, A., Agustini, & Suryatna, U. (2024). Pemilihan Infografis pada Desain Layout Cover Koran Harian Metropolitan. Karimah Tauhid, 3(9), 10777–10784. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15206

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>