Metode Penyembuhan Perundungan Bagi Peserta Didik di SMP IT Cahaya Islam Tangerang Selatan

Authors

  • Annas Almudzakir Universitas Djuanda
  • Novi Maryani Universitas Djuanda
  • Agus Priyatno Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15166

Keywords:

Metode Penyembuhan, Perundungan, Peserta Didik SMP IT Cahaya Islam, Pendekatan Empati

Abstract

Perundungan di sekolah, atau bullying, merupakan masalah serius yang memengaruhi kesejahteraan psikologis dan akademis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor-faktor penyebab perundungan, dampaknya, serta metode penyembuhan yang diterapkan di SMP IT Cahaya Islam Tangerang Selatan. Berdasarkan wawancara dengan pihak sekolah, ditemukan bahwa perundungan di sekolah ini umumnya bersifat verbal, meliputi ejekan, nama panggilan merendahkan, dan penghinaan terhadap kekurangan fisik dan pribadi siswa. Faktor utama penyebab perundungan mencakup kekurangan pada korban, keinginan untuk mendapatkan perhatian, dan latar belakang keluarga yang kurang harmonis.

Dampak psikologis dari perundungan pada siswa meliputi perasaan takut, khawatir, dan kehilangan semangat untuk bersekolah. Meskipun demikian, keberanian siswa untuk melaporkan perundungan menunjukkan bahwa upaya sekolah dalam menciptakan lingkungan yang mendukung telah efektif. SMP IT Cahaya Islam Tangerang Selatan menerapkan pendekatan komprehensif dalam menangani perundungan, termasuk mediasi tanpa melibatkan orang tua dan pendekatan berbasis empati yang melibatkan dukungan emosional serta kegiatan luar sekolah oleh guru. Pendekatan ini bertujuan untuk mempercepat penyembuhan, membangun hubungan yang kuat antara guru dan siswa, serta menciptakan lingkungan yang aman dan ramah. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam mengenai praktek penyembuhan perundungan dan kontribusinya terhadap peningkatan kesejahteraan peserta didik di lingkungan pendidikan.

References

Aini, K., & Yati, M. (2019). UPAYA PENCEGAHAN BULLYING MELALUI PELATIHAN KOMUNIKASI ASERTIF PADA KELOMPOK SISWA DI SMP MUHHAMDIYAH 8 SEMARANG. Jurnal Implementasi Pengabdian Masyarakat Kesehatan (JIPMK), 1(1).

Andriyani, H., Idrus, I. I., & Suhaeb, F. W. (2024). Fenomena Perilaku Bullying di Lingkungan Pendidikan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1298-1303.

Aryuni, M. (2017). STRATEGI PENCEGAHAN BULLYING MELALUI PROGRAM SEKOLAH CARE BAGI FASILITATOR SEBAYA (BULLYING PREVENTION STRATEGIES THROUGH THE CARE SCHOOL PROGRAM FOR PEER FACILITATOR). Asian Journal of Environment, History and Heritage, 1(1), 212-222

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1-9.

Choiriyah, S., Masruroh, S., Imamah, N., Laili, A., & Kunaifi, H. (2024). PERAN GURU DALAM PENCEGAHAN BULLYING DI SEKOLAH. Journal Educatione, 1(2).

Fatimah, U., Rachma, A., Balaqis, T. L., Gaol, R. S. L., Taufik, T. A., & Bara, A. B. (2024). Pentingnya Edukasi Tentang Bullying Untuk Mencegah Kejahatan Di Sekolah SMP Negeri 29 Medan. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 3(3), 238-243.

Maemunah, M., Sakban, A., & Kuniati, Z. (2023). Peran Guru PPKn Melalui Pembimbingan Intensif Sebagai Upaya Pencegahan Bullying di Sekolah. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 11(1), 43-50.

Misfala, M. Y., Umar, Z., Hamdan, M. Z., Maskurii, A. H., & Nizam, M. F. N. (2023). Faktor-Faktor Penyebab Bullying Peserta Didik di Era Milenial. Tamilis Synex: Multidimensional Collaboration, 1(02), 39-53.

Murtiningsih, I., Harsan, T., Pujiyana, P., & Fatimah, S. (2021). Penyuluhan Anti Bullying Peserta Didik. IJECS, 2(1), 17-23

Naibaho, D., & Nainggolan, E. Y. Y. (2023). Pentingnya Peranan Guru Mengatasi Bullying di Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Ramah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 3(3), 84-91.

Pratiwi, F., Aunurrahman, A., & Halida, H. (2023). Study Kasus Bullying Terhadap Dampak Psikologis Anak Usia SMP Pondok Pesantren Kubu Raya. Journal on Education, 6(1), 9513-9520.

Septihani, A., SH, D. P. T., Pramita, E. A., & Sari, Y. (2024). Peran Komunikasi Antarpribadi dalam mengatasi Perundungan pada Anak. Journal of Dialogos, 1(2), 41-47.

Supriyatno, S., Tafiati, H., Syaifuddin, M. A., Sukesi, D. A., Sumarsono, S., Bachtiar, G., Widiastuti, E., Widjianingsih, R., Rahma, A.N., & Arlym, R. U. (2021). STOP perundungan/bullying yuk!.

Yamada, S., & Setyowati, R. N. (2022). Peran guru dalam mengatasi tindakan school bullying sebagai upaya mewujudkan sekolah ramah anak di smp negeri 2 wates kab. Kediri. Journal of Civics and Moral Studies, 7(1), 30-43.

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of scientific communication (jsc), 1(1). 3-13.

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Almudzakir, A. ., Maryani, N., & Priyatno, A. (2024). Metode Penyembuhan Perundungan Bagi Peserta Didik di SMP IT Cahaya Islam Tangerang Selatan. Karimah Tauhid, 3(9), 9785–9794. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15166