Pengaruh Konten Instagram @damarlangitresort Terhadap Minat Pengunjung di Damar Langit Resort Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15122Keywords:
Teknologi Informasi, Informasi, Minat Pengunjung, Strategi Pemasaran DigitalAbstract
Perkembangan teknologi informasi membuat Instagram menjadi alat promosi efektif di industri pariwisata. Damar Langit Resort di Bogor menggunakan Instagram untuk menarik Minat Pengunjung wisatawan. Namun, ada beberapa kendala dalam pemanfaatannya, seperti jaringan yang tidak stabil, perangkat lunak yang belum memadai, dan miskomunikasi dalam tim. Penelitian bertujuan agar dapat mengetahui pengaruh Konten Instagram
@damarlangitresort terhadap Minat Pengunjung wisatawan di Damar Langit Resort
Kabupaten Bogor. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif asosiatif dengan lokasi penelitian di Damar Langit Resort Kabupaten Bogor. Pengumpulan data melalui kuesioner melibatkan 100 sampel responden dari total 86,5 Ribu populasi pengikut instagram @damarlangitresort, yang dipilih melalui teknik purposive sampling dan rumus slovin atau yamane. Data dikumpulkan melalui penelitian kepustakaan, observasi, wawancara, dan kuesioner. Dalam analisis data, diterapkan metode korelasi Rank Spearman. Temuan penelitian memperoleh hasil bahwa konten Instagram @damarlangitresort memiliki pengaruh signifikan terhadap Minat Pengunjung ke Damar Langit Resort, dengan koefisien korelasi Rank Spearman sebesar 0,659 dan signifikansi di bawah 0,001. Skor rata-rata konten Instagram adalah 4,18, menandakan bahwa konten tersebut sangat baik dan menarik. Sementara Minat Pengunjung memiliki skor 3,93, menunjukkan bahwa meskipun Konten Instagram efektif, masih ada ruang untuk meningkatkan Minat Pengunjung melalui strategi tambahan seperti promosi dan diskon. Penelitian ini menegaskan pentingnya kualitas Konten Instagram dalam menarik Minat pengunjung dan menyarankan fokus pada strategi pemasaran digital yang berkelanjutan.
References
Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook. Jakarta: Mediakita.
Cantika, T. (2021). Pengaruh media sosial Instagram “Pesona Sriwijaya” terhadap Minat berkunjung wisatawan di Kota Palembang. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, Indonesia).
Litta, A. A. (2018). Pengaruh akun instagram @explorebanten terhadap Minat berkunjung (traveling) ke tempat wisata di Banten (Survey pada followers
@explorebanten) [Skripsi]. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas
Sultan Ageng Tirtayasa.
Mardhatilla, J. (2019). Pengaruh konten Instagram @senemu.coffee terhadap Minat beli followers-nya di Kafe Senemu 2.1. Bandung: Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Komputer Indonesia.
Mardhatilla, J. (2024). Pengaruh konten Instagram @senemu.coffee terhadap Minat beli followers-nya di Kafe Senemu 2.1. Ilmu Komunikasi, FISIP, UNIKOM Putri Azzara, V., &
Prasetyo, T. (2024). Analisis konten Instagram terhadap Minat pengunjung (Studi
kasus: Museum Seni Rupa dan Keramik). Management & Accounting Expose, 7(1), 85-93.
Sirojuddin, A. (2019). Pengaruh media sosial terhadap Minat wisatawan (Studi atas
akun Instagram @lahatpedia sebagai media informasi objek wisata di Kabupaten Lahat) [Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang]. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Edisi 2, cetakan ke 29. Bandung: ALVABETA CV
Weni Mardawati. (2022). Pengaruh Konten Instagram @afgankoffie Terhadap Minat
Pembeli Coffee Di Afgan Koffie Pekanbaru (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Zelgia, J. (2023). Efektivitas penggunaan Instagram @samaracoffee.id sebagai media promosi Samara Coffee di Pekanbaru (Skripsi). Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Badri, Sukarelawati, Undang Suryatna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.