Pengaruh Konten Instagram @damarlangitresort Terhadap Minat Pengunjung di Damar Langit Resort Kabupaten Bogor

Authors

  • Muhammad Badri Universitas Djuanda
  • Sukarelawati Universitas Djuanda
  • Undang Suryatna Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15122

Keywords:

Teknologi Informasi, Informasi, Minat Pengunjung, Strategi Pemasaran Digital

Abstract

Perkembangan teknologi informasi membuat Instagram menjadi alat promosi efektif di industri pariwisata. Damar Langit Resort di Bogor menggunakan Instagram untuk menarik Minat Pengunjung wisatawan. Namun, ada beberapa kendala dalam pemanfaatannya, seperti jaringan yang tidak stabil, perangkat lunak yang belum memadai, dan miskomunikasi dalam  tim.  Penelitian  bertujuan  agar  dapat  mengetahui  pengaruh  Konten  Instagram

@damarlangitresort  terhadap  Minat  Pengunjung  wisatawan  di  Damar  Langit  Resort

Kabupaten Bogor. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif asosiatif dengan lokasi penelitian di Damar Langit Resort Kabupaten Bogor. Pengumpulan data melalui kuesioner melibatkan 100 sampel responden dari total 86,5 Ribu populasi pengikut instagram @damarlangitresort, yang dipilih melalui teknik purposive sampling dan rumus slovin atau yamane. Data dikumpulkan melalui penelitian kepustakaan, observasi, wawancara, dan kuesioner. Dalam analisis data, diterapkan metode korelasi Rank Spearman. Temuan penelitian memperoleh hasil bahwa konten   Instagram   @damarlangitresort   memiliki   pengaruh   signifikan   terhadap   Minat Pengunjung ke Damar Langit Resort, dengan koefisien korelasi Rank Spearman sebesar 0,659 dan signifikansi di bawah 0,001. Skor rata-rata konten Instagram adalah 4,18, menandakan bahwa konten tersebut sangat baik dan menarik. Sementara Minat Pengunjung memiliki skor 3,93,  menunjukkan  bahwa  meskipun  Konten  Instagram efektif,  masih  ada  ruang untuk meningkatkan Minat Pengunjung melalui strategi tambahan seperti promosi dan diskon. Penelitian ini menegaskan  pentingnya  kualitas Konten  Instagram dalam menarik  Minat pengunjung dan menyarankan fokus pada strategi pemasaran digital yang berkelanjutan.

References

Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook. Jakarta: Mediakita.

Cantika, T. (2021). Pengaruh media sosial Instagram “Pesona Sriwijaya” terhadap Minat berkunjung wisatawan di Kota Palembang. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, Indonesia).

Litta, A. A. (2018). Pengaruh akun instagram @explorebanten terhadap Minat berkunjung (traveling) ke tempat wisata di Banten (Survey pada followers

@explorebanten) [Skripsi]. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas

Sultan Ageng Tirtayasa.

Mardhatilla, J. (2019). Pengaruh konten Instagram @senemu.coffee terhadap Minat beli followers-nya di Kafe Senemu 2.1. Bandung: Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Komputer Indonesia.

Mardhatilla, J. (2024). Pengaruh konten Instagram @senemu.coffee terhadap Minat beli followers-nya di Kafe Senemu 2.1. Ilmu Komunikasi, FISIP, UNIKOM Putri Azzara, V., &

Prasetyo, T. (2024). Analisis konten Instagram terhadap Minat pengunjung (Studi

kasus: Museum Seni Rupa dan Keramik). Management & Accounting Expose, 7(1), 85-93.

Sirojuddin, A. (2019). Pengaruh media sosial terhadap Minat wisatawan (Studi atas

akun Instagram @lahatpedia sebagai media informasi objek wisata di Kabupaten Lahat) [Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang]. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Edisi 2, cetakan ke 29. Bandung: ALVABETA CV

Weni Mardawati. (2022). Pengaruh Konten Instagram @afgankoffie Terhadap Minat

Pembeli Coffee Di Afgan Koffie Pekanbaru (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Zelgia, J. (2023). Efektivitas penggunaan Instagram @samaracoffee.id sebagai media promosi Samara Coffee di Pekanbaru (Skripsi). Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Badri, M. ., Sukarelawati, & Suryatna, U. (2024). Pengaruh Konten Instagram @damarlangitresort Terhadap Minat Pengunjung di Damar Langit Resort Kabupaten Bogor. Karimah Tauhid, 3(9), 9741–9753. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15122

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>