Upaya Pencegahan Perilaku Bullying di MI Nurul Falah Gunung Putri Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.15103Keywords:
Perilaku Bullying, PencegahanAbstract
Fenomena bullying ini sering kita temukan pada kehidupan setiap hari dalam lingkungan masyarakat dan khususnya pada lingkungan sekolah. Kasus Bullying ini cukup meresahkan para orang tua terutama bagi anak yang sedang dalam masa usia sekolah. Pentingnya mengetahui terjadinya kasus bullying pada anak sendiri maupun anak-anak lain disekitar kita dapat menjadi salah satu bantuan bagi korban bullying. Penelitian ini membahas mengenai Analisis Fenomena Bullying pada kelas VI MI Nurul Falah Gunung Putri Kabupaten Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi Fenomena Bullying pada kelas VI di MI Nurul Falah, termasuk bagaimana faktor-faktor meminimalisir fenomena bullying; Upaya pencegahan bullying di MI Nurul Falah. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu studi kasus. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi (pengamatan), wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data Miles dan Huberman yaitu teknik analisis data yang digunakan. Serta, menguji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian Analisis Fenomena Bullying pada kelas VI di MI Nurul Falah Gunung Putri Kabupaten Bogor yaitu: Upaya pencegahan bullying diterapkan di MI Nurul Falah yaitu, intervensi, pengawasan, pendekatan, kerja sama yang dilakukan oleh sekolah dengan wali siswa, dan beberapa pihak, guru menjadi contoh yang baik, dan penanaman pendidikan karakter (Pelaksanaan sholat dhuha berjamaah setiap hari, muroja’ah juz’amma (juz 30), menghafal hadits nabi, menghafal Asmaul husna, membaca dan menghafal doa-do’a harian, pelaksanaan sholat Dzuhur bersama untuk kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6, Tausiyah agama yang dilakukan setiap hari Jum’at).
References
Adiyono, A. Irvan, I. & Rustanti, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah,6(3), 649. https://doi.org/10.35931/am.v613.
Ayuni, D. (2021). Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 2(3), 93-100.
Dewi Mustikasari, R. (2015). Penanganan BUllying di SDN 3 Manggung Kec. Ngemplak Kab. Boyolali. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta.
KBBI, 2018. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online, diakses pada tanggal 23 Februari 2024].
Ken Rigby. 2003. Consequences of Bullying in Schools. The Canadian Journal of Psychiatry. Vol.48.585-590.2003/10
LESTARI, T. P. (2019). Peran Guru dalam Meminimalisir Perilaku Bullying di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar.
Mahriza, R. Rahmah, M. & Santi, N.E. (2020). Stop Bullying: Analisis Kesadaran dan Tindakan Preventif Guru pada anak Pra Sekolah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 891-899. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.739.
Meleong,L.J. (2017). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurida, N. (2018). Analisis Perilaku Pelaku Bullying Dan Upaya Penanganannya (Studi Kasus Pada Siswa MAN 1 Barru). Indonesian journal of educational of science (IJES), 1(1), 25-31. https://doi.org?10.31605/ijes.v1i1.128.
Prastowo, A. (2017). Manajemen Kelas Untuk Mencegah Perundungan Verbal. Quality, 5, 329.
Sugiyono. 2018. Metodelogi penelitian kuantitatif kualittatif dan R&D. Penerbit Alfabeta, CV Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wildatun Mukholadun, Gugun Gunadi, Didin Syamsudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.