Efektivitas Penggunaan Media Flashcard Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Mata Pelajaran IPA Kelas VB di SDN Nagrak 01 Kabupaten Bogor

Authors

  • Khansa Aqil Salsabila Universitas Djuanda
  • Helmia Tasti Adri Universitas Djuanda
  • Fauziyatul Hamamy Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14953

Keywords:

Media Pembelajaran, Sistem Pernapasan dan flashcard

Abstract

Pendidikan merupakan pilar yang sangat pentik dalam membentuk tingkat pengetahuan dan karakter pada seseorang, pun dengan kehidupan manusia juga sering ada kaitannya dengan pendidikan. Demi mencapai tujuan yang baik, dalam proses pembelajaran juga terdapat banyak hal yang harus di perhatikan oleh guru terhadap peserta didik terutama ketika akan menyampaikan materi yang akan di berikan. Tujuan adanya penelitian ini ialah untuk mengetahui tingkat ke efektivitasan pembelajaran menggunakan media flashcard di kelas VB materi sistem pernapasan manusia. Dalam penelitian ini penulis menggumakan pendekatan studi kasus kualitatif yang fokus pada metode, observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai media untuk mengumpulkan data. Hasil dari penelitian ini pembelajaran menggunakan media flashcard materi sistem pernapasan manusia pada kelas VB berjalan dengan sangat baik antusias dari siswa dan siswi menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan media ini dapat merubah situasi kelas dari yang sebelumnya pembelajaran monoton dan membosankan, menjadi lebih menyenangkan  siswa dan siswi bisa lebih aktif dalam pembelajaran suasana kelas yang lebih ramai dari sebelumnya mengartikan bahwa penggunaan media ini sangat efektif.

Perbedaan hasil belajar siswa sangat terlihat dari proses pembelajaran, penggunaan media ini membawa pengaruh yang baik pada suasana belajar, siswa lebih aktif dan mudah menghafal bagian organ pernapasan manusia peda pembelajaran IPA kelas Vb SDN Nagrak 01 

References

Astari, Fajar Ayu, Dkk. Jurnal Pendidikan. Efektifitas Penggunaan Model Discoveri Learning Dan Model Besed Learning Terhadap HasilBelajar Ipa. Vol.11, No. 01

Hotimah, Empit. 2010. Jurnal Pendidikan. Penggunaan Media Flash Card Dalam Meningkakan Kemampuan B.Inggris, Vol. Iv No. 1.

Mahnun, Nunuk. 2012. Jurnal Pemikiran. Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasi Dalam Pembelajaran Islam. Vol. Xxxvi. No.01

Sugiyono. 2017, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Lailusmi, H. (2022). Pengembangan Media Flascard dalam Pembelajaran IPA di Kelas V MIN 5 Kota Banda Aceh. Skripsi Univerasitas Islam Negeri Ar-Raniry

Mashuri dan Dewi, Maya. 2017. Jurnal Pendidikan. Media Falsh Card Untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah.

Cahyaningrum, U. dan I. P. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas II Sd N 1 Ngronggah Blora,

Downloads

Published

2024-09-23

How to Cite

Salsabila, K. A., Helmia Tasti Adri, & Fauziyatul Hamamy. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Flashcard Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Mata Pelajaran IPA Kelas VB di SDN Nagrak 01 Kabupaten Bogor . Karimah Tauhid, 3(9), 10821–10827. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14953