Kualitas Pelayanan Pajak Bumi Bangunan di BAPENDA Kota Bogor
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14776Keywords:
Kualitas Pelayanan, Pajak Bumi Bangunan, Pelayanan AdministrasiAbstract
Di Indonesia, kepemilikan atau penggunaan tanah dan bangunan seringkali dikenakan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). UU Pajak PBB mengatur siapa yang memiliki dan memanfaatkan bangunan dan real estate. Namun menurut penelitian Siahan tahun 2013, pajak PBB diberlakukan pada pemakaman, rumah sakit, panti asuhan, situs cagar budaya, dan tempat ibadah; Oleh karena itu pelayanan perpajakan perlu lebih ditingkatkan lagi agar dapat memuaskan wajib pajak. Sesuai dengan Pasal 25 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, penyelenggara pelayanan publik wajib memelihara dan mengganti prasarana dan sarana pelayanan publik agar dapat menyelenggarakan prasarana, sarana, dan pelayanan yang efektif, efisien, transparan, terkini, dan berkelanjutan. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui tingkat pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang diberikan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bogor dari segi kualitas. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif berdasarkan metodologi studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa PBB Bapenda Kota Bogor biasanya memberikan pelayanan prima. Hal ini ditegaskan oleh ciri-ciri layanan berkualitas tinggi: berwujud, responsif, terjamin, empati, dan dapat diandalkan. Namun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, seperti ketatnya proses penerbitan SPPT, ketersediaan informasi yang menyeluruh, dan pemeliharaan fasilitas ruang layanan.
References
Alapján-, V. (2016). efektivitas pelayanan. 1–23.
Kedasi Silayar, Ika Sartika, D. M. (2021). Tata Kelola Pemerintahan Kolaboratif Dalam Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Kepulauan Sula. Jurnal Renaissance, 6(02), 859–874.
Kumala, R. (2019). Analisis Efektifitas Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Daerah Di Kota Bekasi. Jurnal Reformasi Administrasi : Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani, 6(1), 38–41.
Muttaqin, M. N., Indah, B., Citrawati, D., Pebiana, A., Harits Ahmad, N., Maulana, H., Rahmayanti, D., Nuryatman, D., Purnama Sari Sandroto, S., Putri Fisabillilah, M., & Goris Seran, G. (2020). Service Quality and its Determinants of Population Administration Service in Bogor Regency. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 54(5), 109–118. http://gssrr.org/index.php?journal=JournalOfBasicAndApplied
Pandawangi.S. (2021). Metodologi Penelitian. 4, 1–5.
Rolamdo, J., Eka Widiastuti, N. P., & Ajengtiyas Saputri Mashuri, A. (2021). Efektivitas Pengendalian Internal Pemungutan Pajak Reklame Pada Unit Pelayanan Pemungutan Pajak Daerah Kelapa Gading. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(7), 1133–1154. https://doi.org/10.36418/jiss.v2i7.364
Rosadi, R., Akhmad Munjin, R., Goris Seran, G., & Studi Administrasi Publik, P. (N.D.). Kualitas Pelayanan Metrologi Legal Alat Timbang Pada Sektor Publik Service Quality Of Legal Metrology Of Weight Equipment In Public Sector.
Sanusi, I. K., Goris Seran, G., Wahyudin, C., & Apriliyani, N. V. (2024). Peran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat akan Pentingnya Pencatatan Sipil (Vol. 3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Rafi Diaz Zidane, Rayhan Cahya Nugraha, Prayoga Septiana, Kevin Ginaldo, Adrianus Samsi, Gabriella Rosayati Abin, Heri Wansyah Laia, Gotfridus Goris Seran, Neng Virly Apriliyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.