Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa melalui Pembelajaran Sejarah yang Inovatif

Authors

  • Nur Amalia Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14759

Keywords:

Keterampilan Berpikir Siswa, Pembelajaran Sejarah

Abstract

Pendidikan sejarah memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan keterampilan berpikir kritis siswa. Pembelajaran sejarah yang inovatif tidak hanya berfokus pada penguasaan fakta dan tanggal, tetapi juga mendorong siswa untuk berpikir analitis, evaluatif, dan reflektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji metode pembelajaran sejarah yang inovatif dan dampaknya terhadap keterampilan berpikir siswa. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, penelitian ini melibatkan observasi kelas, wawancara dengan guru, serta kuesioner yang diisi oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang melibatkan penggunaan teknologi, proyek kolaboratif, dan pendekatan berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan reflektif siswa secara signifikan. Selain itu, pembelajaran sejarah yang kontekstual dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa mampu meningkatkan minat dan motivasi mereka dalam belajar sejarah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa inovasi dalam pembelajaran sejarah merupakan kunci untuk mengembangkan keterampilan berpikir yang lebih tinggi dan mendalam pada siswa, serta merekomendasikan implementasi strategi pembelajaran yang lebih kreatif dan interaktif di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang lebih memfokuskan pada kebaruan penelitian agar pembelajaran sejarah  di kelas menjadi inovatif.

References

Absor, N. F., Kurniawati, & Umasih. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Indonesia di SMKN 57 Jakarta. Jurnal Pendidikan Sejarah,

Absor, N. F., Umasih, U., & Kurniawati, K. (2019). Pembelajaran Sejarah di SMK Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan dan Peluang. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 4(2), 59–65. https://doi.org/

Agus Susilo, A. S. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran . Komunikasi Pendidikan, 80.

Agus Susilo, S. (2019). Peran Guru Sejarah Abad 21 Dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia, 43

Alit, D. M. (2020). Inquiry Discovery Learning dan Sejarah Lokal: Pembelajaran Sejarah Menghadapi Tantangan Abad 21. Jurnal Ilmu Sosial, 57-79.

Ariffullah, M. N. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Di Era Digital. osf.io, 2.

Aini, A. N., Mukhlis, M., Annizar, A. M., Jakaria, M. H. D., & Septiadi, D. D. (2020). Creative thinking level of visual-spatial students on geometry HOTS problems. Journal of Physics: Conference Series, 1465(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1465/1/012054

Bambang Subali dkk. 2006. Prinsip-Prinsip Monitoring dan Evaluasi Program Lesson Stady, Makalah Pelatihan Lesson Stady Bagi Guru-Guru Berprestasi dan Peng

Dehghayedi, M., & Bagheri, M. S. (2018). EFL teachers’ learning and teaching beliefs: Does critical thinking make a difference? International Journal of Instruction, 11(4), 223–240. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11415a

Demirhan, E., & Köklükaya, A. N. (2014). The Critical Thinking Dispositions of Prospective Science Teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 1551–1555. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2014.01.433urus MGMP Se-Indonesia.

F. Fadlina, W. Artika*, K. Khairil, C. Nurmaliah, and A. Abdullah, “Penerapan Model Discovery Learning Berbasis STEM pada Materi Sistem Gerak Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis,” J. Pendidik. Sains Indones., vol. 9, no. 1, pp. 99–107, 2021, doi: 10.24815/jpsi.v9i1.18591.

M. S. Zohro, E. W. Winarni, and I. Koto, “Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Pubertas Kelas VI SD,” J. Kapedas Kaji. Pendidik. Dasar, vol. 3, no. 1, pp. 58–64, 2024.

I. Sakti, A. Defianti, and N. Nirwana, “Implementasi Modul Ipa Berbasis Etnosains Masyarakat Bengkulu Materi Pengukuran Melalui Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa,” J. Kumparan Fis., vol. 3, no. 3, pp. 232–238, 2020, doi: 10.33369/jkf.3.3.232-238.

Suryani. (2023). Penerapan Metode Sosio Drama Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Pada Materi Peristiwa Sekitar Kemerdekaan Kelas XI IIS SMA Negeri 9 Malinau. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 173-181.

Susilo, A. & Sofiarini, A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 79-93, http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik.

Ilham Pramoyagi, R. P. (2019). Inovasi Dalam Pembelajaran Sejarah. SINDANG: Jurnal pendidikan Sejarah dan kajian Sejarah, 20

.Inayah, A. N. (2022). Strategi PembelajaranSejarah Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Indonesia Di Abad 21. Estoria, 349

Sholikhan, T. N. Amul, and N. Ain, “Memberdayakan Motivasi Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery pada Materi Getaran dan Gelombang,” J. Ris. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 2, no. 2, pp. 259–274, 2023.

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Amalia, N. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa melalui Pembelajaran Sejarah yang Inovatif. Karimah Tauhid, 3(9), 10077–10085. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14759