Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika dengan Media Gambar
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14754Keywords:
Motivasi, Belajar Matematika, Gambar MatematikaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan peningkatan motivasi belajar matematika melalui penggunaan media visual. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan tinjauan literatur, penelitian ini mengungkap pentingnya motivasi dalam pendidikan matematika. Memotivasi siswa untuk belajar matematika sangat penting untuk meningkatkan prestasi akademik mereka. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana berbagai media pembelajaran inovatif dapat meningkatkan motivasi belajar matematika. Temuan menunjukkan bahwa media seperti gambar, buku, dan media digital dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep matematika dan meningkatkan antusiasme mereka untuk belajar. Karena matematika merupakan bagian integral dari kehidupan sehari-hari dan disiplin ilmu, menumbuhkan motivasi untuk mempelajarinya sejak usia dini sangatlah penting. Dengan menggunakan media pembelajaran yang beragam dan inovatif, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang menarik yang secara efektif mendorong siswa untuk berprestasi dalam matematika.
References
Ar-raniry, U. I. N. (2015). TEORI-TEORI MOTIVASI. 1(83), 1–11.
Arifin, A. Z., & Ismaya, E. A. (2024). Keefektifan Belajar dalam Pembelajaran IPS Melalui Strategi Role Playing pada Siswa Kelas VI SDN Purwosari 01. Jurnal Pendidikan Tambusai , 8(1), 336-340.
Harahap, M. S., Hardiyanto, S., & Hidayat, F. P. (2021). Pengenalan Media Belajar Online di Masa Pandemi Covid 19 Pada Anak Usia Sekolah Kampung Sejahtera Kota Medan. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 144–149. https://doi.org/10.30596/ihsan.v3i2.7145
Hasmawati, H., Usman, U., & Ahsan. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENJUMLAH BILANGAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR LUAS DAERAH DI KELAS VII MTs.N 1 ENREKANG. Journal of Mathematics Learning Innovation (Jmli), 1(1), 17–32. https://doi.org/10.35905/jmlipare.v1i1.3259
Herawati. (2018). Memahami Proses Belajar Anak. Jurnal UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 4(1), 27–48. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/4515
Hudoyo, H. (2003). Herman Hudoyo,. Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika, 123.
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Kunci, K. (2022). Zuyyina Isnaina, Muhamad Reizal Muhaimin, Wulan Sutriyani. 09(1), 38–50.
Netriwati, M.Pd & Mai Sri Lena, M. P. (2017). Media Pembelajaran Matematika Manipulatif. Media Pembelajaran Matematika Manipulatif, 1(May), 156.
Rahmaini, N., & Ogylva Chandra, S. (2024). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.420
Ratiwi, R. (2017). the Development of Physics Module Based on Learning Cycle (Learning Cycle) To Improve Motivation and Physics’S Learning Outcomes of Senior High School Student. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(3), 273–284. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/view/5948
Solichin, M. M. (2006). Belajar Dan Mengajar Dalam Pandangan Al-Ghazâlî. Tadris, 1(2), 139.
Sunilawati, N. M., Dantes, N., & Candiasa, I. M. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad kemampuan numerik siswa kelas IV SD. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).
Wahyudi, W., Suyitno, H., & Waluya, S. B. (2018). Dampak Perubahan Paradigma Baru Matematika Terhadap Kurikulum dan Pembelajaran Matematika di Indonesia. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 38–47. https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2315
Waritsman, A. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 1(2), 124–129.
寺嶋, 浩介; 林朋美. (2006). No Titleルーブリックの構築により自己評価を促す問題解決学習 の開発.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yusuf Safari, Aulia Rahmniatul Milah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.