Aktivitas Menarik untuk Meningkatkan Keterampilan Matematika di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14723Keywords:
Aktivitas, menarik, meningkatkan, Keterampilan, matematikaAbstract
Salah satu mata pelajaran utama yang diajarkan di sekolah dasar adalah matematika. Matematika membantu anak-anak mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah. Namun, pelajaran matematika di sekolah dasar sering dianggap membosankan dan tidak menarik, sehingga dapat menurunkan motivasi anak untuk belajar.. Oleh karena itu, mencari cara untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan membuat pelajaran matematika lebih menyenangkan adalah penting.Aktivitas yang menarik dan inovatif dapat membantu mengatasi masalah ini.Metode yang menarik seperti Permainan "Ular Tangga" dan Mathmagic adalah cara baru untuk melihat matematika. Ini mengajarkan konsep kemampuan siswa dengan mengajarkan mereka teknik aljabar, penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, akar, pangkat, dan pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan metodologi yang digunakan agar kegiatan pembelajaran menjadi menarik guna meningkatkan pengetahuan matematika di sekolah dasar dan membuat siswa tidak jenuh atau bosan ketika mempelajari matematika.
References
Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika Sd Dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Paedagogik, VI(1), 78.
Astindari, T., Yuliana, D., Noervadila, I., & Masruro, A. A. (2023). Pembelajaran Matematika yang Seru dan Menyenangkan dengan Metode Ice Breaking dan Mathmagic. Pengabdian Pendidikan Indonesia, 1(02), 94–100. https://doi.org/10.47709/ppi.v1i02.3289
Baiquni, I. (2016). Penggunaan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jkpm, 01(02), 193–203.
Dahlia, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Matematika Topik Bilangan Cacah. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 59–64. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i2.6611
Devi Sulistiawati. (2024). STUDI DESKRIPTIF VIDEO PEMBELAJARAN MATH MAGIC SeMUT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN SISWA SEKOLAH DASAR. 1–8.
Giman. (2013). PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH DI KELAS III. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Herman, T. (2010). Aktivitas dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Diakses Tanggal, 4(2), 1–9.
Indah Suciati. (2021). Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 10–21. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.5
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Jurnal Inovasi Penelitian. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 266–267.
Wahyu Wijayanti, N. (2021). Implementasi Permainan Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Cendekiawan, 3(1), 59–64. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i1.218
Wijayanti, N. W. (2021). Implementasi Permainan Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Implementation of Games in Mathematics Learning in Elementary School. Cendekiawan, 3(1), 59–64. https://cendekiawan.unmuhbabel.ac.id/index.php/CENDEKIAWAN
Zainuddin Iba, A. W. (2023). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 43. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Akviani Fauziah Hasanah, Yusuf Safari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.