Analisis Persepsi Mahasiswa terhadap Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik

Authors

  • Asyafina Nurul Aulia Universitas Djuanda
  • Evi Wulandari Universitas Djuanda
  • Abdul Kholik Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14721

Keywords:

Sistem, Informasi, Manajemen, Akademik

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat cepat telah membuka era baru di mana institusi dan perusahaan berusaha keras untuk meningkatkan layanan mereka dengan memanfaatkan teknologi informasi. Salah satu pemanfaatan teknologi ini adalah untuk layanan di institusi pendidikan tinggi, baik negeri maupun swasta. Dalam konteks ini, Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) telah diterapkan di Universitas Djuanda. Namun, karena sistem ini diterapkan oleh  universitas sejak 2016, beberapa dosen dan mahasiswa tidak menggunakan kembali SIAKAD. Berdasarkan uraian tersebut, peneliti merasa tertarik untuk menganalisis tingkat kepuasan mahasiswa dalam menggunakan SIAKAD. Tujuan utama adalah untuk meningkatkan layanan akademik kepada mahasiswa, kemudian dapat merencanakan bimbingan mahasiswa kepada dosen di sistem SIAKAD, dan terakhir dapat melihat jadwal kuliah serta merencanakan kuliah E-Learning di sistem SIAKAD secara akurat dalam segi digital serta penggunaan fitur lainnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan data Kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah penyebaran kuesioner secara virtual melalui grup WhatsApp yang kuesioner telah dibuat menggunakan google form. Selanjutnya, kuesioner yang telah diisi dianalisis untuk mendapatkan tingkat kepuasan dalam penggunaan SIAKAD. Berdasarkan pernyataan tersebut, hasil dari penelitian ini diharapkan sistem SIAKAD dapat digunakan secara optimal oleh Universitas Djuanda.

References

Ardeanto, R., Putra, P. B. A. A., & Christian, E. (2023). Rancang Bangun Sistem informasi Akademik Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Tambun Bungai Berbasis Web. Journal Of Information Technology And Computer Science, 3(1), 9-19

Aswati, S., Mulyani, N., Siagian, Y., & Syah, A. Z. (2015). Peranan Sistem Informasi Dalam Perguruan Tinggi. Jurteksi Royal Edisi 2.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19:(Studi Kasus Di Smpit Nurul Fajri–Cikarang Barat–Bekasi). Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208-218.

Fauzi, G. R., Maryani, n., Kholik, A., Suwilah, Haris, R., & Priyanto, A. (2023). Sistem Informasi Manajemen di Universitas Djuanda. Al-Kaff: Jurnal Sosial Humaniora, 1 (1). Diakses dari ojs.unida.ac.id pada tanggal 8 juli 2024.

Maimunah, M. (2023). Manajemen Sistem Informasi Dalam Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan Pondok Pesantren Di Propinsi Riau (Doctoral Dissertation, Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)

Manuhutu, M., & Wattimena, J. (2019). Perancangan Sistem Informasi Konsultasi Akademik Berbasis Website. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 9(2), 149.

Ramdhani, R. A., Rojabi, M. N., Mubarok, M. C., Fuadi, D. A. R., & Rofiqi, A. (2024). Implementasi Sistem Manajerial Tata Kelola Terdistribusi Pada Laboratorium Kewarganegaraan Digital Universitas Pgri Wiranegara Pasuruan. Jurnal Riset Informatika Dan Multimedia, 1(1), 20-27.

Rostini, D., Aryani, W. D., Konidin, T., Sopandi, U., Ubaydillah, M., & Lau, H. (2023). Manejemen Pengembangan Sumber Daya Sistem Informasi Di Smp Plus Al-Aitam Kabupaten Bandung. Journal On Education, 5(2), 3864-3873.

Sari, W. U. (2019). Analisis Usability Pada Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau Menggunakan Metode System Usability Scale (Sus). Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Sudipa, I. G. I., Rahman, R., Fauzi, M., Pongpalilu, F., Setiawan, Z., Huda, M., ... & Sahusilawane, W. (2023). Penerapan Sistem Informasi Di Berbagai Bidang. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia.

Septiadi, A. (2015). Dari Institut Ke Universitas: Dinamika Sosial Konversi Ikip Jakarta Menjadi Universitas Negeri Jakarta (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Jakarta)

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Aulia, A. N. ., Wulandari, E. ., & Kholik, A. . (2024). Analisis Persepsi Mahasiswa terhadap Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik. Karimah Tauhid, 3(9), 9807–9815. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14721

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.