Konsep Antibuih atau Antifoaming Agent Serta Signifikansinya dalam Industri Makanan dan Industri Terkait

Authors

  • Erlin Julia Syafir Universitas Djuanda
  • Andri Yatman Universitas Djuanda
  • Raden Siti Nurlaela Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14717

Keywords:

Antibuih, Antarmuka gas-cair, Berbusa, Makanan

Abstract

Busa adalah unit operasi penting di beberapa industri pengolahan makanan. Meskipun pembusaan bermanfaat bagi beberapa industri, hal ini menyebabkan kerugian besar bagi industri lain. Pembentukan busa serta stabilisasinya merupakan fenomena yang kompleks, dan pengendalian yang efisien merupakan operasi wajib dalam industri makanan. Tegangan permukaan, viskositas, dan kekuatan ionik merupakan faktor yang mempengaruhi perilaku berbusa. Elastisitas film dan produksi lapisan permukaan agar-agar terkait dengan stabilitas busa yang persisten. Beberapa bahan kimia, minyak alami, ester, dan asam lemak ditemukan menjadi komponen untuk mengurangi busa selama pengolahan makanan. Dalam tinjauan kali ini, ilmu di balik pembusaan telah dibahas secara rinci beserta stabilisasi, destabilisasi, serta berbagai metode untuk mengendalikan pembusaan selama pemrosesan. Di sini, kelebihan dan kekurangan berbusa juga diuraikan dengan contoh-contoh yang sesuai. Tinjauan kali ini juga memberikan wawasan baru mengenai penerapan zat pembusa dan penghilang busa di industri vegan dan pengaruhnya terhadap stabilisasi dan destabilisasi busa pada antarmuka udara-air.

References

Denkov, N. D., & Marinova, K. G. (2006). Antifoam effects of solid particles, oil drops and oil-solid compounds in aqueous foams. Colloidal particles at liquid interfaces, 383-444.

Feenstra, G. (2002). Creating space for sustainable food systems: Lessons from the field. Agriculture and human values, 19, 99-106.

Garrett, P. R. (2017). The mode of action of antifoams. In Defoaming (pp. 1-118). CRC Press.

McClements, D. J., Bai, L., & Chung, C. (2017). Recent advances in the utilization of natural emulsifiers to form and stabilize emulsions. Annual review of food science and technology, 8, 205-236.

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Syafir, E. J. ., Yatman, A. ., & Nurlaela, R. S. . (2024). Konsep Antibuih atau Antifoaming Agent Serta Signifikansinya dalam Industri Makanan dan Industri Terkait. Karimah Tauhid, 3(9), 10156–10165. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14717

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>