Peningkatan Kepuasan Pelanggan Melalui Strategi Store Atmosphere Alfamart Wangun Sindangsari 2 Menggunakan Metode Importance Performance Analyis (IPA)
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14709Keywords:
Alfamart, Store Atmosphere, Keputusan pembelian, Importance Performance Analysis (IPA)Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan menganalisis pengaruh store atmosfer terhadap keputusan pembelian pelanggan Alfamart Wangun Sindangsari 2. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 55 konsumen yang membeli Alfamart Wangun Sindangsari 2. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data yang dievaluasi menurut skala Porposive dengan menggunakan teknik sampling dalam penelitian ini. Hasil yang diperoleh berdasarkan analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS 25, variabel store atmosfer mempunyai pengaruh yang besar yaitu sebesar 62,1%. Artinya suasana toko mempunyai pengaruh yang besar dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dan meningkatkan kesadaran merek. Menurut hasil IPA, 9 komponen yang paling signifikan mempengaruhi keputusan pembelian Alfamart Wangun Sindangsari 2. Adalah bagian dari (P13) suar/musik yang ada di dalam toko terdengar tenang (tidak berisik), (P16) kursi yang ada di ruang sudah cukup untuk menampung seluruh konsumen yang datang, (P17) lajur di setiap ruangan terasa lebar dan cukup untuk berlalu lalang, (P18) akses ke toilet yang mudah, (P21) dekorasi dinding toko tidak terasa terlalu panas maupun terlalu dingin, (P22) dekorasi dinding yang ada terlihat indah.
References
Abdul Gofur. 2019. “1. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap.” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 4(1):37–44.
Anggraini, Lulu Dian, Panji Deoranto, and Dhita Morita Ikasari. 2015. “Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Index.” Jurnal Industri 4(2):74–81.
Alfin MR, Nurdin S. Pengaruh Store Atmosphere Pada Kepuasan Pelangan Yang
Berimplikasi Pada Loyalitas Pelanggan. Ecodemica. 2017;1(2):252-261. (12.4WIB)
Ii BAB. 22160420 - NANDA - bab 2. Published online 2018:10-32. (13.00 WIB)
Ilham S, Silaningsih E, Kartini T, Gemina D. Peningkatan Kepuasan Pelanggan.
;13(01):186-200.(13.00 WIB)
Khasanah AF. Pengaruh Exterior, General Interior, Store Layout Dan Interior Display Terhadap Keputusan Pembelian Di Trio Wonosobo. J Econ Bus Eng. 2020;1(2):300-310. doi:10.32500/jebe.v1i2.1225 (14.00 WIB)
Luthman AY. Pengaruh Exterior, General Interior, Store Layout Dan Interior Display Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Agung Jaya Elektronik Di Tenggarong. J Ekon Manaj Indones. 2020;15(1):76-89. doi:10.53640/jemi.v15i1.39 (14.30 WIB)
Novianti, Endri, and Darlius. 2018. “Manajemen, Jurnal Ilmiah Viii, Volume.” Mix : Jurnal Ilmiah Manajemen VIII(1):136–50.
Ong, Johan Oscar, and Jati Pambudi. 2014. “Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan
Importance Performance Analysis Di Sbu Laboratory Cibitung Pt Sucofindo (Persero).” J@Ti Undip : Jurnal Teknik Industri 9(1):1–10. doi: 10.12777/jati.9.1.1-10.
Yola, Melfa, and Duwi Budianto. 2016. “Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Harga Produk Pada Supermarket Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA).” Jurnal Optimasi Sistem Industri 12(1):301. doi: 10.25077/josi.v12.n1.p301-309.2013.
Yulianti, Eva, and Tengku Umbara. 2020. “Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Dengan Metode Importance Performance Analysis.” Jurnal Teknoif 8(2):78. doi: 10.21063/jtif.2020.v8.2.72-82.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alicia Nurfitriani, Cindy Amelia , Gita Indah Cahyani, Muhamad Rizki Ramdhani, Siti Fadila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.