Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika

Authors

  • Diska Damayanti Universitas Djuanda
  • Yusuf Safari Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14682

Keywords:

kesulitan belajar, pembelajaran, Matematika, SD

Abstract

Dalam proses pembelajaran di sekolah baik guru maupun siswa, pasti mengharapkan agar mencapai hasil yang sebaik-baiknya. Fakta bahwa harapan tidak terwujud selalu adalah bahwa banyak siswa gagal mencapai hasil yang mereka harapkan . Jika seorang siswa mengalami kesulitan atau gangguan saat belajar, itu disebut kesulitan belajar. Penyebab kesulitan belajar dapat berasal dari faktor internal siswa atau faktor eksternal siswa, dan ada berbagai jenis kesulitan belajar itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa dalam pelajaran matematika di tingkat sekolah dasar.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan melakukan penelitian literatur. Hasilnya menunjukkan bahwa sejumlah faktor berkontribusi pada kesulitan siswa dalam belajar matematika. Faktor-faktor tersebut antara lain siswa yang tidak memahami konsep dasar matematika, metode pengajaran yang tidak variatif, kurangnya keinginan siswa untuk belajar, dan kurangnya dukungan dari lingkungan mereka. Selain itu, komponen psikologis seperti kecemasan dan ketakutan matematika juga berpengaruh besar pada kemampuan belajar siswa. Menurut penelitian ini, strategi pembelajaran yang lebih interaktif dan kontekstual harus dibuat, guru harus diberikan pelatihan yang lebih baik tentang strategi pengajaran yang berguna, dan penanganan psikologis yang tepat untuk mengurangi kecemasan siswa terhadap matematika. Hasilnya, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan prestasi matematika siswa.

References

Abduh, M., & Yuliyanti, F. D. (2020). Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN I Kemusu Boyolali. 1–14. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/87747

La Djalia, S. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(2), 129–135. https://doi.org/10.35326/taksonomi.v2i2.2764

M.Pd, A., Rini, N., & Parida, L. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 295–306. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v3i1.1129

Mardiah, M., & Rifa’i, A. (2020). Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di MI Ummul Qura. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 35–64. https://doi.org/10.37216/badaa.v2i1.288

Mukminah, M., Hirlan, H., & Hasanah, M. (2024). Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika. Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT), 4(1), 6–9. https://doi.org/10.69503/ijert.v4i1.578

Rachman, M. A., Rahmawati, A., Jeni, S. S., & Rahayu, R. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Satuan Panjang Di Sdn Lemahduhur Ii. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 5(1), 32–41. https://doi.org/10.59789/rarepustaka.v5i1.153

Sarosa, S. (n.d.). Penelitian kualitatif dasar-dasar / Samiaji Sarosa, S.E, M.info.Sys, Ph.D ; editor penerbitan, Bambang Sarwiji.

Siregar, M. Y. (2018). Analisis peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pelajaran matematika kelas xi di man 1 Medan tahun pelajaran 2017-2018. http://repository.uinsu.ac.id/4267/1/skripsi mia yolanda siregar.pdf

Ulfa, M. (2019). Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (Pq4R) Pada Pemahaman Konsep Matematika. Mathema Journal, 1(1), 51–55.

Unique, A. (2016). 済無No Title No Title No Title. 0, 1–23.

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Damayanti, D., & Safari, Y. (2024). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika. Karimah Tauhid, 3(9), 10299–10305. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14682

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>