Faktor Kesulitan Membaca dan Solusi untuk Membantu Masalah pada Siswa Kelas 2 di SDN Ciawi
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14676Keywords:
Membaca, Faktor, MediaAbstract
Salah satu masalah dengan sistem pendidikan di Indonesia adalah tingkat pemahaman siswa tentang membaca yang sangat rendah dibandingkan dengan negara lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi masalah membaca yang dialami siswa kelas 2 di SDN 1 Ciawi yaitu untuk mengetahui faktor-faktor utama yang menyebabkan kesulitan belajar membaca siswa dan metode yang digunakan guru di SDN 1 Ciawi untuk menyelesaikan masalah membaca siswa. Jenis metode penelitian yang dipakai ialah metode deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini, peneliti memaparkan sumber-sumber yang telah diperoleh peneliti dari wawancara dan dokumentasi yang kemudian menemukan jawaban atas hambatan-hambatan dengan lengkap dan signifikan. Kesimpulan dari penelitian di SD Negeri 01 Ciawi, menunjukkan bahwa keluarga, pertemanan, dan masyarakat adalah beberapa faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca siswa.
References
Andriana, E., Rokmanah, S., & Aprilia, L. (2023). Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Di Sd Negeri Tembong 2. Jurnal Holistika, 7(1), 1. https://doi.org/10.24853/holistika.7.1.1-5
Andriana, E., Rokmanah, S., & Meisaroh, S. (2023). ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS II PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN SERANG 11. 9(5), 583–594.
Ane Permatasari. (2015). Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi. Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB, 146–156.
Azkiya, N., & Ridhuan, S. (2023). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas Iii Sdn Duri Kepa 03 Jakarta Barat. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12(1), 125. https://doi.org/10.31000/lgrm.v12i1.8266
Bua, M. T. (2022). Efektivitas Media Animasi pada Keterampilan Membaca Permulaan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3594–3601. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2689
Dewi, A. S., Sutama, I. M., & Sudiana. (2024). EFEKTIVITAS PBL BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 13(1), 69–80.
Fahrianur, Monica, R., Wawan, K., Misnawati, Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. Y. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research (JSR), 1(1), 102–113.
Halimah, H. (2019). Penggunaan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Peradaban Islam, 1(1), 171–191. https://doi.org/https://doi.org/10.22373/tadabbur.v1i1.55
Hidayat, M. H., Basuki, I. A., & Akbar, S. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1359.
Khairani, F., Agusta, L., & Astuti, N. (2023). PENGARUH MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS I SEKOLAH DASAR. 08(September).
Kriyantono, R. (2020). Teknik praktis riset komunikasi kuantitatif dan kualitatif disertai contoh praktis Skripsi, Tesis, dan Disertai Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Prenadamedia Group.
Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triyadi, Y. (2020). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 48. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107562
Maharani, N. P. L. (2023). Pemanfaatan Media Big Book dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 56–63.
Oktadiana, B. (2019). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUNAWARIYAH PALEMBANG. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Purnama sari, D., Hadi Saputra, H., & Hamdian Affandi, L. (2022). Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sdn 23 Ampenan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 421–426. https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2678
Rafiqa. (2020). Metode Membaca Permulaan Di Kelas 1 Sekolah Dasar. SHEs: Conference Series , 3(3), 2366–2372.
Rahim, F. (2005). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Bumi Aksara.
Rahmaddanti, A. S. (2023). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar Dedy Irawan Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal Penelitian Mahasiswa, 2(3), 42–51. https://doi.org/10.58192/populer.v2i3.1180
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.
Suliyansyah. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. 07, 1–23.
Udhiyanasari, K. Y. (2019). UPAYA PENANGANAN KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK BERKESULITAN MEMBACA KELAS II DI SDN MANAHAN SURAKARTA. 3(1), 39–50.
Wahid, F. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SD Negeri Pabuaran 01 Kabupaten Brebes. Era Literasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 47–58.
Windrawati, W., Solehun, S., & Gafur, H. (2020). Analisis Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD Inpres 141 Matalamagi Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 10–16. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.405
Witri, D., Saputra, H. H., & Rahmatih, A. N. (2022). Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas II di SD Negeri 1 Wanasaba Daya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2181–2189. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.929
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Akviani Fauziah Hasanah, Nasywa Nur Kamila Sari, Greeceka Sekar Andiar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.