Kajian Literatur Tentang Metode Pengajaran Konsep Dasar Matematika

Authors

  • Neng Diva Sabila Universitas Djuanda
  • Yusuf Safari Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14672

Keywords:

Pendidikan, Matematika, Metode Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki berbagai metode pengajaran yang digunakan dalam literatur ilmiah untuk mengajarkan konsep matematika dasar. Pendekatan Problem Based learning telah terbukti berhasil dalam membantu siswa memahami dan menerapkan ide-ide matematika. Penggunaan alat bantu visual dan manipulatif juga berperan penting dalam meningkatkan pemahaman siswa, pendekatan pembelajaran berbasis masalah membantu siswa meningkatkan kapasitas mereka dalam memecahkan masalah dan mendorong mereka untuk mengadopsi pola pikir yang kritis dan kreatif. Model pembelajaran yang berbeda yang menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan, minat, dan kemampuan individu siswa juga terbukti berhasil. Dengan menggabungkan berbagai metode pengajaran yang berbeda ini, Guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang kolaboratif dan membantu Siswa mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang konsep matematika dasar. Studi ini memberikan wawasan yang rinci tentang pendekatan yang efektif untuk mengajarkan konsep-konsep matematika dasar dan dampaknya terhadap praktik pengajaran di sekolah dasar.

References

Antari, L., Rizta, A., Na’imah, U., & Inda Kusumawati, N. (2022). Pemahaman Konsep Matematika Dasar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Nabla Dewantara : J.Pendidik.Matematika, 7(2), 56–63. https://doi.org/10.51517/nabla.v7i2.158

Arisanti, M. P., Yufrinalis, M., & Bera, L. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Manik-Manik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 620–626. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.621

Datreni, N. L. (2022). Model pembelajaran problem based learning meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III sekolah dasar. Journal of Education Action Research, 6(3), 369–375.

Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 121–129. www.jurnal.uniga.ac.id

JUNIANTARI, N. W. E. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Make a Match Pada Siswa Kelas Ii Sd Negeri 2 Padangkerta Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(3), 91–97. https://doi.org/10.51878/elementary.v1i3.357

Marzali, A.-. (2017). Menulis Kajian Literatur. ETNOSIA : Jurnal Etnografi Indonesia, 1(2), 27. https://doi.org/10.31947/etnosia.v1i2.1613

Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K. (2019). Problem-based learning dalam pembelajaran matematika: Upaya guru untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 112–125. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.25034

Nabila, N. (2021). Konsep pembelajaran matematika SD berdasarkan teori kognitif Jean Piaget. JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(1), 69–79. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/3574

Nabila, R., Rijal, A., & Samsinar. (2023). Perbedaan Hasil Belajar pada Siswa dengan Menggunakan Metode Problem Solving dan Metode Diskusi di Sekolah Menengah Atas. PINISI Journal of Education, 3(2), 100–108.

Nainggolan, E. (2023). Penggunaan Sumber Belajar Dalam Pengajaran Matematika. Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengelatuan Alam, 1(4), 46–56. https://doi.org/10.59581/konstanta-widyakarya.v1i4.1465

Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 34. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.80

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Rahmasari, D. (2023). Strategi Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1075–1079. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1831

Riza, M., Rif’at, M., & Yani, A. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Matematika Oleh Guru di SMP. Jurnal UNTAN, Vol. 3 No., 1–10. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5548

Sulthon, S. (2020). Membangun Pemahaman Konsep Dasar Matematika Pada Anak Berkesulitan Belajar Matematika Di Mi. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(1), 27. https://doi.org/10.32678/primary.v12i01.2457

Widyadari. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Diferensiasi Progresif Berbantuan LKS Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X MIPA 3 SMA Taman Rama Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Bali, Vol. 20 No(9), 244–253. https://doi.org/10.5281/zenodo.3517974

Wiryana, R., & Alim, J. A. (2023). Permasalahan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(3), 271–277. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i3.187

Downloads

Published

2024-08-21

How to Cite

Sabila, N. D. ., & Safari, Y. (2024). Kajian Literatur Tentang Metode Pengajaran Konsep Dasar Matematika. Karimah Tauhid, 3(9), 10117–10123. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14672

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>