Pentingnya Konsep Dasar Matematika di Sekolah Dasar

Authors

  • Siti Maulida Rahmalia Universitas Djuanda
  • Yusuf Safari Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14671

Keywords:

Pemahaman Konsep, Matematika, Pendidikan

Abstract

Pendidikan memiliki peranan krusial dalam memperbaiki kualitas sumber daya manusia (SDM), dengan fokus pada pembelajaran matematika. Penguasaan konsep-konsep dasar matematika adalah kunci untuk memahami konsep-konsep yang lebih kompleks dan membangun keterampilan berpikir kritis serta pemecahan masalah. Pemahaman konsep matematika harus dimulai sejak tingkat sekolah dasar karena fase perkembangan kognitif yang krusial. Faktor internal seperti kematangan, kecerdasan, dan motivasi serta faktor eksternal seperti kualitas pengajaran dan lingkungan belajar mempengaruhi pemahaman konsep. Indikator pemahaman konsep termasuk kemampuan menjelaskan, mengelompokkan, dan menerapkan konsep. Metode penelitian adalah studi literatur untuk memberikan pemahaman menyeluruh tentang topik. Pemahaman konsep matematika mendalam mendukung penguasaan materi dan keterampilan aplikatif di masa depan, dengan guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran.

References

Agustina, A. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Vii Dalam Penerapan Model Penemuan Terbimbing. Jurnal LEMMA, 5(1), 52–60. https://doi.org/10.22202/jl.2018.v5i1.3006

Aledya, V. (2019). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA. Research Gate, 2(May), 0–7.

Astini Ni, W., & Rini Purwati, N. . (2020). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Emasains, IX(1), 1–8.

Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 121–129. www.jurnal.uniga.ac.id

Martiasari, A., & Kelana, J. B. (2022). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Manipulatif Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i1.10356

Masitoh, I., & Sufyani Prabawanto. (2022). Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri. 4, 1–11.

Mukrimatin, N. A., Murtono, M., & Wanabuliandari, S. (2018). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Rau Kedung Jepara Pada Materi Perkalian Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 67–71. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2277

Nabila, N. (2021). Konsep pembelajaran matematika SD berdasarkan teori kognitif Jean Piaget. JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(1), 69–79. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/3574

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Rizki Nurhana Friantini, Rahmat Winata, Pradipta Annurwanda, Siti Suprihatiningsih, Muhammad Firman Annur, Bernadeta Ritawati, & Iren. (2020). Penguatan Konsep Matematika Dasar Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(2), 276–285. https://doi.org/10.46306/jabb.v1i2.55

Wari, C. P. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MAHASISWA PGMI MATA KULIAH KONSEP DASAR MATEMATIKA.

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Rahmalia, S. M., & Safari, Y. (2024). Pentingnya Konsep Dasar Matematika di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(9), 9847–9855. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14671

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.