Sistem Informasi Manajemen Kelembagaan Pendidikan dalam Peningkatan Citra dan Reputasi SD Pertiwi Kota Bogor

Authors

  • Muhammad Renggana Universitas Djuanda
  • Jeni Pianti Universitas Djuanda
  • Abdul Kholik Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14664

Keywords:

Kompetensi, Operator, Efektivitas, Reputasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan sistem informasi manajemen pendidikan di SD Pertiwi sebagai upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi manajemen sekolah serta memperkuat hubungan antara sekolah dan masyarakatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data melalui studi pustaka dan observasi langsung di SD Pertiwi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi manajemen berbasis kompetensi di SD Pertiwi telah memberikan manfaat yang signifikan. Melalui eksplorasi nama sekolah dan penggunaan media sosial, SD Pertiwi berhasil memperluas pemahaman masyarakat tentang perkembangannya. Hal ini telah meningkatkan keterlibatan masyarakat, memelihara reputasi dan citra sekolah, serta meningkatkan efisiensi operasional. Namun, penelitian ini juga mengungkapkan beberapa kendala yang dihadapi, seperti keterbatasan operator, masalah keamanan dan privasi, serta ketergantungan yang berlebihan pada media sosial. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan pentingnya memperhatikan keseimbangan antara penggunaan teknologi informasi dan sumber daya manusia dalam penerapan sistem informasi manajemen pendidikan. Dengan demikian, SD Pertiwi dapat mencapai tujuan yang diinginkan dalam meningkatkan efektivitas manajemen sekolah dan memperkuat hubungan dengan masyarakatnya.

References

Abdurahmat. 2006. Metodologi Penelitian dan Teknik Pengumpulan Data. Jakarta. Rineka Cipta. 2018

Anwar darwis dan Hilal Mahmud. (2017). Sistem Informasi Manajemen Pada Lembaga Pendidikan Islam. Journal of Islamic Education Management. Vol 2 (1), 64-77.

Darwis, A., & Mahmud, H. (2017).Sistem Informasi Manajemen Pada Lembaga Pendidikan Islam. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 2(1), 64–77.

Dr. H. A. Rusdiana, M.M.; , Moch. Irfan, S. T., M.Kom., Sistem Informasi Manajemen, Bandung: Pustaka Setia, 2014.

Helmawati. 2015. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Kotler dan Keller, 2009, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi ke 13, Erlangga, Jakarta

Powell, Marcus . Rethinking Education Management Information Systems: Lessons from and Options for Less Developed Countries. Cambridge: infoDev, 2006.

Ramdhani, M. R., & Kholik, A. . (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Berdasarkan Layanan Akademik Pada masa Covid-19 di Perguruan Tinggi Swasta Bogor. TADBIR MUWAHHID, 6(1), 1–15. https://doi.org/10.30997/jtm.v6i1.4790

Wahyudi & Subando. 2012. Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Yakub, A. (2017). The Role of Management Information Systems (MIS) in Enhancing Performance: The Case of Indonesian Schools. Journal of Educational Technology Systems, 46(2), 216-234. doi:10.1177/0047239516680995

Downloads

Published

2024-08-21

How to Cite

Renggana, M. ., Pianti, J., & Kholik, A. . (2024). Sistem Informasi Manajemen Kelembagaan Pendidikan dalam Peningkatan Citra dan Reputasi SD Pertiwi Kota Bogor . Karimah Tauhid, 3(9), 9979–9989. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14664