Implementasi Manajemen Kelas pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Authors

  • Hanaida Fakhitah Qorzhah Universitas Djuanda
  • A'isyah Nadiva Shaffa Fadzillah Universitas Djuanda
  • Rusi Rusmiati Aliyyah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14636

Keywords:

Manajemen Kelas, Guru, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi implementasi manajemen kelas dalam konteks Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar (SD). Fokus utama penelitian adalah untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen kelas diterapkan dalam kurikulum ini dengan menggunakan pendekatan manajemen kelas dan mengukur dimensi-dimensi terkait. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui penggunaan Google Form dan dianalisis menggunakan model Milles dan Huberman, yang melibatkan langkah-langkah pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan dari data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah dasar yang menjadi fokus penelitian telah berhasil menerapkan strategi manajemen kelas yang sesuai dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka. Temuan ini menunjukkan bahwa guru-guru di sekolah tersebut telah menggunakan pendekatan dan dimensi manajemen kelas yang relevan untuk mendukung pelaksanaan kurikulum ini secara efektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa implementasi manajemen kelas dalam Kurikulum Merdeka di sekolah dasar telah berhasil terwujud. Penelitian ini menyediakan kontribusi penting dalam konteks pengembangan profesionalisme guru dalam mengelola kelas, sehingga dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam mendukung pendidikan yang lebih efektif dan berkualitas bagi siswa.

References

Aliyah, R. R. (2020). How school culture and teacher's work stress impact on teacher's job statisfaction. 409-423.

Braun, V. &. (2019). Reflecting on Reflexive Thematic Analysis. 589-597.

Bungin, B. (2021). Metode Penelitian pasca-kualitatif: Metode campuran kuantitatif-kualitatif. 31-37.

Corpley, A. (2019). Metode penelitian kualitatif: Pengantar Praktis Bagi Mahasiswa Psikologi dan Pendidikan. 34-57.

Miles, M. H. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook. USA: Sage Publication.

Pruckun, H. (2019). Komponen pokok yang dipakai dalam analisis anncaman. In Counterintelligence theory and practice (p. 20).

Russi Rusmiati Aliyah, I. ,. (2024). Persepsi Mahasiswa: Kuliah Kerja Nyata. Karimah Tauhid, 2022-2062.

Russi Rusmiati Aliyah, R. P. (2020). Perbandingan Ruang Kelaspada Kenyamanan siswa di kabupaten Tasikmakaya dan Kabupaten Sukabumi.

Susanto, P. (2019). Dosen program Manajemen Pendidikan Islam Institut de Islama Religio (IAIN). Islama Eduka Administrado, 892-907.

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Qorzhah, H. F. ., Fadzillah, A. N. S. ., & Aliyyah, R. R. . (2024). Implementasi Manajemen Kelas pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(9), 10324–10335. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14636

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>