Peran Organisasi Profesi Keguruan pada Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Meliani Putri Universitas Djuanda
  • Muhamad Ziddan Maulana Universitas Djuanda
  • Rusi Rusmiati Aliyyah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14635

Keywords:

Guru Sekolah Dasar, Organisasi Profesi Keguruan, Kualitas Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian sederhana (Simple Research Design - SRD) untuk mendeskripsikan peran Organisasi Profesi Keguruan pada guru sekolah dasar. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan delapan guru di Sekolah Dasar Negeri Harjasari 01 menggunakan panduan yang telah divalidasi oleh pakar pendidikan. Penelitian ini memberikan gambaran komprehensif mengenai kontribusi organisasi seperti PGRI dan Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam mendukung pengembangan profesional, perluasan jaringan, dan peningkatan kualitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keanggotaan dalam organisasi profesi sangat dianjurkan meskipun tidak diwajibkan, karena manfaatnya yang signifikan dalam pengembangan kompetensi dan kualitas pengajaran. Namun, tantangan seperti bentrok jadwal dan adaptasi terhadap perubahan kebijakan pendidikan perlu diatasi. Selain itu, penelitian ini juga mengungkapkan bahwa tidak bergabung dengan organisasi profesi dapat menghambat perkembangan profesional guru. Organisasi profesi memberikan banyak manfaat, termasuk menambah pengetahuan, keterampilan, dan kesempatan untuk kolaborasi serta dukungan dalam menghadapi tantangan di bidang pendidikan.

References

A. Gafar Hidayat & Tati Haryati. (2019). Peran Guru Profesional dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Nilai Kearifan Lokal (Maja Labo Dahu) Sekolah Dasar Negeri Sila Di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. JURNAL PENDIDIKAN IPS, 9(1), 15–28. https://doi.org/10.37630/jpi.v9i1.169

Adelia Fitri, A. F. (2022). Profesi Keguruan Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7240828

Aliyyah, R. R. (2019). Profesionalisme Guru Sebagai Aset Pengembangan Mutu Pendidikan di Jawa Barat. https://www.researchgate.net/publication/349101713

Alwi, M. (n.d.). Peran Kelompok Kerja Guru (Kkg) dalam Meningkatkan Profesional Guru Sains Sekolah Dasar Kecamatan Suralaga.

Annisa, N. (2022). Konsep Dasar Profesi Keguruan. https://doi.org/10.31237/osf.io/ejsh6

Ansyah, E. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Mata Kuliah Etika Profesi Keguruan untuk Peningkatan Kompetensi Pendagogik dalam Karakter Kemadirian dan Ketekunan Mahasiswa Pgmi Iain Bengkulu. 15(1).

Anwar, C. (2022). Karakteristik Guru Profesional dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits Rasulullah Saw. Jurnal EDUKASI NONFORMAL, 3, 31–41.

Harfianto, N. G., & Solekah, M. (2021). Peran Organisasi Profesi Kependidikan dalam Sistem Pendidikan. https://www.researchgate.net/publication/357078367

Huda, S., Syahril, S., & Imamah, Y. H. (n.d.). Peran Profesionalitas Guru PAI Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Di Sekolah Dasar.

Indriawati, P., Ramadhani, A. N., Aryani, D., & Ananda, R. (2023). Peran Kelompok Kerja Guru (Kkg) dalam Pengembangan Keprofesionalan Guru di Madrasah. 4(1).

Lase, F. (2023). Peran Organisasi Profesi Kependidikan dalam Sistem Pendidikan di Smk Negeri 1 Gunungsitoli Tahun Ajaran 2022/2023. Warta Dharmawangsa, 17(2), 807–818. https://doi.org/10.46576/wdw.v17i2.3191

Lubis, S. (2017). Peningkatan Profesionalisme Guru PAI Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG). Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(2), 189–205. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(2).1045

Prananosa, A. G., Putra, M. R. E., Yuneti, A., & Aliyyah, R. R. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Keterampilan Berkomunikasi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 1(2), 63–74. https://doi.org/10.31539/alignment.v1i2.405

Priazhanto, R. (2021). Profesi Guru Dan Peran Profesionalisme Guru. Seri Publikasi Pembelajaran Profesi Keguruan, 1(2).

Rasyid, H. A. (2015). Fungsi Kelompok Kerja Guru (Kkg) Bagi Pengembangan Keprofesionalan Guru Sekolah Dasar. 123–150.

Samat, B. L. P. (2022). Peran Profesi Keguruan. https://doi.org/10.31237/osf.io/63z98

Sri Budi Herawati, E., Suryadi, S., Warlizasusi, J., & Aliyyah, R. R. (2020). Kinerja Dewan Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 4(1), 87. https://doi.org/10.29240/jsmp.v4i1.1435

Yati, R. (2021). Konsep Profesi Keguruan Dan Perannya Terhadap Pendidikan. 1(2).

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Putri, M. ., Maulana, M. Z., & Aliyyah, R. R. . (2024). Peran Organisasi Profesi Keguruan pada Guru Sekolah Dasar . Karimah Tauhid, 3(9), 10249–10266. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14635

Most read articles by the same author(s)

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>