Peran Guru dalam Mengembangkan Bahan Ajar di Sekolah Ajar

Authors

  • Hanifah Nur Aini Universitas Djuanda
  • Paulina Agustin Universitas Djuanda
  • Rusi Rusmiati Aliyyah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14634

Keywords:

guru, bahan ajar, mengembangkan, sekolah dasar, strategi

Abstract

Guru memiliki peran penting dalam mengembangkan bahan ajar di sekolah dasar. Peran guru dalam pengembangan bahan ajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kompetensi guru, dukungan sekolah, dan ketersediaan sumber daya. Guru dapat menggunakan berbagai strategi untuk mengembangkan bahan ajar yang efektif dan efisien. Penting untuk meningkatkan peran guru dalam mengembangkan bahan ajar melalui berbagai upaya, seperti pelatihan, workshop, dan dukungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bagaimana peran guru dalam mengembangkan bahan ajar di sekolah dasar sehingga pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode Komprehensif dengan malukan analisis  data berupa wawancara terhadap beberapa guru di sekolah dasar dalam mengembangkan bahan ajar. Penelitian ini menggunakan tema Peran Guru Dalam Mengembangkan Bahan Ajar Di Sekolah Dasar. Berdasarkan tema maka hasil penelitian pada artikel ini berisi pengalaman, Strategi, Tantangan, Layanan, dan kolaborasi.

References

Aliyyah, R., & Lutfah, S. (2017). PENGELOLAAN TENAGA PENDIDIK PADA SEKOLAH DASAR THE MANAGEMENT OF TEACHERS AT ELEMENTARY SCHOOLS. 4.

Aliyyah, R. R., Saraswati, S., Ulfah, S. W., & Ikhwan, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Menggunakan Media Video Pembelajaran. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 317. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.317-326.2021

Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Mulyadi, D., Ulfah, S. W., & Rahmah, S. (2019). Guru Berprestasi Sumber Daya Manusia Pengembang Mutu Pendidikan Indonesia. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 2(2), 157–165. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.957

Annisa Alfath, Fara Nur Azizah, & Dede Indra Setiabudi. (2022). PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYONGSONG KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 1(2), 42–50. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73

Darmawan, B. (2017). PENGARUH LAYANAN PEMBELAJARAN, SARANA-PRASARANA, KERJASAMA INSTITUSI, DAN PEMASARAN LULUSAN TERHADAP KEPUASAAN SISWA. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(1). https://doi.org/10.17509/jap.v23i1.5582

Firmansah, M. L. H. (2022). Desain Pembelajaran Kooperatif dalam E-Learning pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 749–758. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2052

Magdalena, I., & Sundari, T. (2020). ANALISIS BAHAN AJAR.

Musianto, L. S. (2002). Perbedaan Pendekatan Kuantitatif dengan Pendekatan Kualitatif dalam Metode Penelitian. Jurnal Manajemen, 4(2).

Nindiati, D. S. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh Yang Memandirikan Siswa dan Implikasinya pada Pelayanan Pendidikan. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(1), 14–20. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1243

Rahmi, A. S., Rosyidah, S. F., Mukhoyyaroh, F. R. D., Damayanti, I., Salsabila, S., & Istiningsih, I. (2022). Pengembangan Profesionalitas Guru dalam Memahami Karakter Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 113–126. https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.400

Sarjono Owon, R. A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berbagai Jenis Teks Bertema Kearifan Lokal Sikka Bagi Siswa SMP. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 528. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.4318

Sukardjo, Moch., Khasanah, U., Solehatin, E., & Sudrajat, Y. (2020). Pelatihan Penyusunan RPP dan Bahan Ajar Bagi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Masa Pandemi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 3(1), 15. https://doi.org/10.36722/jpm.v3i1.489

Tambunan, D. (2016). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RPP MELALUI DISKUSI KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DI SD NEGERI 166324 TEBING TINGGI. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 6(1), 62–78. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v6i1.5906

Yuliani, S., Aliyyah, R. R., & Muhdiyati, I. (2022). PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR PEMBELAJARAN DARING PADA PANDEMI COVID-19. Khazanah Pendidikan, 16(1), 117. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i1.12760

Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). IbM GURU DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KREATIF INOVATIF BERBASIS POTENSI LOKAL. 13.

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Aini, H. N., Agustin, P., & Aliyyah, R. R. . (2024). Peran Guru dalam Mengembangkan Bahan Ajar di Sekolah Ajar. Karimah Tauhid, 3(9), 9701–7913. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14634

Most read articles by the same author(s)

<< < 4 5 6 7 8 9