Peran Guru dalam Mengembangkan Bahan Ajar di Sekolah Ajar
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14634Keywords:
guru, bahan ajar, mengembangkan, sekolah dasar, strategiAbstract
Guru memiliki peran penting dalam mengembangkan bahan ajar di sekolah dasar. Peran guru dalam pengembangan bahan ajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kompetensi guru, dukungan sekolah, dan ketersediaan sumber daya. Guru dapat menggunakan berbagai strategi untuk mengembangkan bahan ajar yang efektif dan efisien. Penting untuk meningkatkan peran guru dalam mengembangkan bahan ajar melalui berbagai upaya, seperti pelatihan, workshop, dan dukungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bagaimana peran guru dalam mengembangkan bahan ajar di sekolah dasar sehingga pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode Komprehensif dengan malukan analisis data berupa wawancara terhadap beberapa guru di sekolah dasar dalam mengembangkan bahan ajar. Penelitian ini menggunakan tema Peran Guru Dalam Mengembangkan Bahan Ajar Di Sekolah Dasar. Berdasarkan tema maka hasil penelitian pada artikel ini berisi pengalaman, Strategi, Tantangan, Layanan, dan kolaborasi.
References
Aliyyah, R., & Lutfah, S. (2017). PENGELOLAAN TENAGA PENDIDIK PADA SEKOLAH DASAR THE MANAGEMENT OF TEACHERS AT ELEMENTARY SCHOOLS. 4.
Aliyyah, R. R., Saraswati, S., Ulfah, S. W., & Ikhwan, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Menggunakan Media Video Pembelajaran. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 317. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.317-326.2021
Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Mulyadi, D., Ulfah, S. W., & Rahmah, S. (2019). Guru Berprestasi Sumber Daya Manusia Pengembang Mutu Pendidikan Indonesia. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 2(2), 157–165. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.957
Annisa Alfath, Fara Nur Azizah, & Dede Indra Setiabudi. (2022). PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYONGSONG KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 1(2), 42–50. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73
Darmawan, B. (2017). PENGARUH LAYANAN PEMBELAJARAN, SARANA-PRASARANA, KERJASAMA INSTITUSI, DAN PEMASARAN LULUSAN TERHADAP KEPUASAAN SISWA. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(1). https://doi.org/10.17509/jap.v23i1.5582
Firmansah, M. L. H. (2022). Desain Pembelajaran Kooperatif dalam E-Learning pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 749–758. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2052
Magdalena, I., & Sundari, T. (2020). ANALISIS BAHAN AJAR.
Musianto, L. S. (2002). Perbedaan Pendekatan Kuantitatif dengan Pendekatan Kualitatif dalam Metode Penelitian. Jurnal Manajemen, 4(2).
Nindiati, D. S. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh Yang Memandirikan Siswa dan Implikasinya pada Pelayanan Pendidikan. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(1), 14–20. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1243
Rahmi, A. S., Rosyidah, S. F., Mukhoyyaroh, F. R. D., Damayanti, I., Salsabila, S., & Istiningsih, I. (2022). Pengembangan Profesionalitas Guru dalam Memahami Karakter Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 113–126. https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.400
Sarjono Owon, R. A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berbagai Jenis Teks Bertema Kearifan Lokal Sikka Bagi Siswa SMP. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 528. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.4318
Sukardjo, Moch., Khasanah, U., Solehatin, E., & Sudrajat, Y. (2020). Pelatihan Penyusunan RPP dan Bahan Ajar Bagi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Masa Pandemi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 3(1), 15. https://doi.org/10.36722/jpm.v3i1.489
Tambunan, D. (2016). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RPP MELALUI DISKUSI KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DI SD NEGERI 166324 TEBING TINGGI. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 6(1), 62–78. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v6i1.5906
Yuliani, S., Aliyyah, R. R., & Muhdiyati, I. (2022). PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR PEMBELAJARAN DARING PADA PANDEMI COVID-19. Khazanah Pendidikan, 16(1), 117. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i1.12760
Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). IbM GURU DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KREATIF INOVATIF BERBASIS POTENSI LOKAL. 13.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hanifah Nur Aini, Paulina Agustin, Rusi Rusmiati Aliyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.