Analisis Pendidikan Profesi Guru pada Sekolah Dasar

Authors

  • Siti Fauziah Universitas Djuanda
  • Rusi Rusmiati Aliyyah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14633

Keywords:

Analisis Pendidikan Profesi Guru

Abstract

Melaksanakan tanggung jawabnya dan mencapai tujuan pendidikan nasional tergantung pada peran guru yang begitu penting. Peran guru tidak gampang digantikan oleh orang lain kecuali orang tua, karena orang tua adalah guru paling utama bagi anaknya. Oleh karena itu, peningkatan dan pembinaan profesional guru harus menjadi prioritas utama. Penelitian ini menyelidiki kebijakan pendidikan dalam upaya meningkatkan pekerjaan guru. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan penelitian yang langsung turun kelapangan. Penelitian ini menunjukkan bahwa ketika kebijakan pendidikan dilakukan untuk meningkatkan profesi guru, status mereka semakin dilindungi secara hukum. Selain itu, dengan pelatihan guru, guru dapat mempertahankan harkat dan profesionalisme mereka sebagai guru. Hal ini menunjukkan bahwa mereka menikmati hal yang sama dengan lebih banyak. Penelitian ini membantu guru menjadi profesional dalam mengajar dan menghadapi peserta didik. Karena, tidak semua guru bisa menghadapi perserta didik dengan profesional.

References

Aliyyah, R. R., Humaira, M. A., Wahyuni Ulfah, S., & Ichsan, M. I. (2020). GURU BERPRESTASI: PENGUATAN PENDIDIKAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 11(1), 59. https://doi.org/10.30997/jsh.v11i1.2362

Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Mulyadi, D., Ulfah, S. W., & Rahmah, S. (2019). Guru Berprestasi Sumber Daya Manusia Pengembang Mutu Pendidikan Indonesia. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 2(2), 157–165. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.957

Hartati, T. (2019). TECHONOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MAHASISWA PPG SD PRAJABATAN. EDUTECH, 18(2). https://doi.org/10.17509/e.v18i2.15092

Maulana, I., Rahma, N. A., Mahfirah, N. F., Alfarizi, W., & Darlis, A. (2023). Meningkatkan Profesional Guru dengan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Journal on Education, 5(2), 2158–2167. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.867

Prananosa, A. G., Putra, M. R. E., Yuneti, A., & Aliyyah, R. R. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Keterampilan Berkomunikasi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 1(2), 63–74. https://doi.org/10.31539/alignment.v1i2.405

Susiana, S. (2018). Peran Pemerintah Daerah dalam Penyelenggaraan Kesehatan Reproduksi (Studi di Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Kalimantan Barat). Jurnal Aspirasi, 7(1), 1–16. https://doi.org/10.22212/aspirasi.v7i1.1084

Wahyudin, D. (2016). MANAJEMEN KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA). 46.

Zulfitri, H. (2019). Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. 19.

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Fauziah, S., & Aliyyah, R. R. . (2024). Analisis Pendidikan Profesi Guru pada Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(9), 10098–10108. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14633

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>